Adrien Brody saat memerankan karakter Wladyslaw Szpilman di film The Pianist (sumber gambar Canal+)

5 Rekomendasi Film tentang Pianis Keren yang Pas Ditonton pada Hari Piano Sedunia

29 March 2023   |   16:09 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Para pianis saat ini sedang merayakan momen istimewa pada 29 Maret 2023. Pasalnya, pada tanggal tersebut mereka akan merayakan Hari Piano Sedunia atau World Piano Day yang biasanya dihelat dengan konser atau pertunjukan di ruang publik baik oleh kalangan musisi profesional maupun penggemar umum alat musik ini.

Berlangsung sejak 2015, Hari Piano Sedunia bertujuan untuk mengajak masyarakat mendengarkan keindahan nada-nada yang keluar dari piano. Lantunan nada piano memang bisa membuat kagum semua orang jika dimainkan dengan tepat.

Baca juga: Intip 5 Alat Musik Termahal di Dunia, Ada Biola Stradivarius hingga Piano Steinway

Salah satu cara merayakan Hari Piano Dunia adalah dengan menonton film yang mengangkat kisah dengan aktor utama pianis. Ada yang berdasarkan kisah nyata dan juga karya fiksi atau karangan dari sineas beken di dunia. 

Nah, bagi Genhype yang suka film dengan tema musikal dan piano, berikut rekomendasi film untuk turut memaknai Hari Piano Sedunia tahun ini.


1. The Pianist



Film besutan sutradara Roman Polanski dapat menjadi pilihan utama mengenai film dengan tokoh utama pianis. Diangkat dari kisah nyata, film ini akan mengajak Genhype mengarungi sejarah tragedi Holocaust yang dilakukan rezim Nazi terhadap Yahudi pada dekade 1930-1940-an.

The Pianist berpusat seorang pianis bernama Wladyslaw Szpilman yang harus bertahan hidup di tengah reruntuhan kota saat berlangsung perang di Polandia. Dia harus berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk menghindari Holocaust.

Karakter utama dalam film ini diperankan dengan sangat baik oleh Adrien Brody, yang berhasil meraih piala Oscar berkat penampilannya itu. Berdurasi 149 menit film ini diganjar skor 8.5/10 dari 840.000 orang yang menilainya di laman IMDb. Oleh karena itu, film ini dipastikan dapat jadi tontonan yang menarik untuk ngabuburit.


2. The Legend of 1900



Mengambil genre romansa, film The Legend of 1900 menggambarkan kehidupan seorang pria bernama Danny Boodman TD Lemon 1900 yang diperankan oleh Tim Roth. Dia merupakan komponis handal yang tumbuh besar di kapal dan tidak pernah menginjakkan kakinya di daratan.

Kendati terkesan seperti dongeng, tapi film dari Giuseppe Tornatore ini akan mengaduk-aduk imajinasi dan perasaan Genhype saat menontonnya. Terlebih dengan musik scoring yang digarap oleh musisi legendaris Ennio Morricone yang karya-karyanya sudah tidak diragukan lagi.

Berdurasi 2 jam 49 menit, film ini akan mengajak kalian menikmati kisah romansa, komedi, dan tulusnya cinta antar karakter di dalamnya. Salah satunya adalah saat Danny melakukan duel tiga babak dengan orang yang mendeklarasikan dirinya sebagai penemu Jazz, Jelly Roll Morton.


3. La La Land



Disutradarai oleh Damien Chazelle, film ini berkisah tentang percintaan antara Sebastian (Ryan Gosling) dan Mia, (Emma Stone). Sebastian adalah seorang pianis yang punya passion tinggi pada aliran musik jazz, sedangkan Mia punya cita-cita menjadi aktris.

Kisah di film ini dinarasikan dengan apik serta didukung oleh soundtrack memukau garapan Justin Hurwitz. Mengusung genre romansa, hubungan antara Mia dan sebastian dipastikan membuat dada kalian hangat karena ceritanya yang memang unik. 

Baca juga: Belajar Piano Bisa Atasi Sedih hingga Tingkatkan Kemampuan Otak, Dicoba Yuk!

Penampilan yang menawan dari para pemain dan sinematografi yang apik juga menambah daya tarik film berdurasi 128 menit ini. Tak tanggung-tanggung, bahkan film ini berhasil menyabet 6 piala Oscar pada 2017 silam karena kualitasnya yang memukau.
1
2


SEBELUMNYA

Mulai dari Chopin hingga Liberace, Yuk Kenalan dengan Pianis Terkenal di Dunia

BERIKUTNYA

6 Tempat Indah di Dunia yang Jarang Tersorot Matahari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: