Ilustrasi aplikasi ibadah (Sumber gambar: Freepik)

7 Aplikasi yang Bisa Menunjang Ibadah selama Bulan Ramadan

28 March 2023   |   16:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Ramadan telah tiba. Umat Islam tentunya ingin memanfaatkan bulan suci ini untuk memaksimalkan ibadahnya. Bukan hanya sekadar berpuasa satu bulan penuh, ibadah lain seperti salat, mendaras Al-Qur’an, zakat, hingga belajar kembali sejarah Islam juga mesti diperkuat.

Biar ibadah makin maksimal, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan sejumlah aplikasi bertema Islami yang bisa membantu kita beribadah secara lebih rutin lagi. Hypeabis.id telah merangkum beberapa aplikasi yang bisa bermanfaat dan menunjang aktivitas ibadah umat Islam. 

Baca juga: 3 Kiat Jaga Produktivitas pada Bulan Puasa ala Kreator Konten Vina Muliana
 

1. Ustadzkita

(Sumber: Google Play Store)

(Sumber: Google Play Store)

Ustadzkita adalah aplikasi layanan telewicara yang dilengkapi fitur-fitur tuntunan ibadah dan konten harian yang selalu update. Aplikasi ini berguna bagi umat Islam untuk memperoleh pengetahuan mengenai berbagai ajaran Islam. Aplikasi ini diterbitkan oleh Bimas Islam Kementerian Agama Indonesia. 

Beberapa fitur utama yang tersedia adalah jadwal salat lima waktu yang tepat sesuai lokasi user, arah kiblat yang akurat, diskusi dengan ustaz yang telah berpengalaman dibidangnya sesuai dengan keahlian masing-masing. Kemudian,ada juga berbagai lantunan doa. Hal ini akan memberikan kemudahan dalam mengakses doa sesuai kebutuhan sehari-hari.
 

2. Muslim Pro

(Sumber: Google Play Store)

(Sumber: Google Play Store)

Muslim pro adalah aplikasi yang sudah sangat terkenal. Aplikasi ini membantu pengguna mengamalkan ajaran Islam dengan terarah di mana pun dan kapan pun.

Ada beberapa fitur utama yang dikembangkan di Muslim Pro, seperti notifikasi visual dan audio azan, waktu salat yang lebih akurat sesuai dengan lokasi, kompas pencari kiblat, Al-Qur’an dengan bacaan audio, fonetik, dan terjemahannya. Kemudian, ada juga Qalbox yang berisi konten muslim global, termasuk acara original, film, serial, dokumenter, dan sebagainya. Ada juga kalender Hijriah, tasbih, hingga kalkulator zakat.
 

3. NU Online

(Sumber: Google Play Store)

(Sumber: Google Play Store)

NU Online adalah super app yang bisa digunakan sebagai aplikasi untuk ibadah dan belajar Islam secara lengkap. Aplikasi ini menekankan kemudahan, kualitas dan kredibilitas. Ada beberapa fitur menarik seperti memfasilitasi para pecinta Al-Quran untuk bisa membaca dalam format per halaman atau per ayat, dilengkapi dengan terjemah, transliterasi latin, dan tafsir.

Aplikasi juga menyediakan ratusan doa keseharian, tolak bala, perjalanan, kesehatan, juga selawat, ratib, hizib, istigasah, dan wirid-wirid lainnya dari sumber-sumber otoritatif. Selain itu, ada juga fitur jadwal salat, kalender hijriah, arah kiblat, tutorial ibadah, kumpulan khutbah, tasbih digital, NUpedia, kisah maulid, kalkulator zakat, dan artikel yang terkoneksi dengan web NU.
 

4. Belajar Mengaji Bersama Marbel

(Sumber: Google Play Store)

(Sumber: Google Play Store)

Marbel Belajar Mengaji adalah aplikasi pendidikan untuk anak usia 3-8 tahun. Aplikasi ini membantu anak-anak belajar mengenal huruf hijaiyah A Ba Ta, belajar membaca huruf hijaiyah dengan harokatnya, serta belajar membaca huruf hijaiyah dengan harokat tanwin.

Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan narasi pendukung yang sangat bermanfaat bagi anak-anak yang belum lancar membaca. Setiap materi dilengkapi dengan narasi, sehingga anak-anak bisa belajar hanya dengan mendengarkan suaranya saja.

Setelah mereka selesai belajar mengaji, ada berbagai macam permainan seru menanti mereka. Lewat permainan ini, pengetahuan serta hasil belajar mereka bisa diuji.
 

5. Belajar Shalat Lengkap + Audio

(Sumber: Google Play Store)

(Sumber: Google Play Store)

Belajar Shalat Lengkap + Audio merupakan aplikasi pendidikan untuk anak usia 4-8 tahun. aplikasi ini akan membantu anak belajar cara salat lima waktu. Melalui aplikasi ini, anak-anak akan belajar dengan menyenangkan tentang urutan setiap gerakan salat dan doanya.

Aplikasi ini dilengkapi dengan narasi pendukung yang sangat bermanfaat bagi anak-anak yang belum lancar membaca. Setiap materi dilengkapi dengan narasi, sehingga anak-anak bisa belajar hanya dengan mendengarkan suaranya saja.

Marbel menggabungkan konsep belajar dan bermain menjadi satu sehingga melahirkan cara belajar yang lebih menyenangkan. Materi akan disajikan dalam bentuk yang menarik dilengkapi dengan gambar + narasi + animasi untuk menarik minat anak-anak dalam belajar.
 

6. MyQuran AlQuran dan Terjemahan

(Sumber: Google Play Store)

(Sumber: Google Play Store)

Aplikasi yang dibuat the WALi Studio ini berasal dari Cimahi dan telah mendapatkan banyak penghargaan. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menghadirkan Al-Qur’an ke dalam bentuk online sehingga bisa dengan mudah dibaca di mana saja.

Aplikasi Al-Qur'an dan terjemahan digital ini dilengkapi audio mp3 murotal, 30 Juz 114 Surah dibaca offline, berbagai macam tema warna, dan UI/UX menarik. Aplikasi ini juga sudah terpercaya karena telah bersertifikasi TASHIH (diperiksa) oleh Kemenag RI. Tulisan Arab yang ada di dalam aplikasi juga tidak diambil dari internet, sesuai versi cetak di Indonesia dan sudah diperiksa (TASHIH).

Ada beberapa fitur menarik lainnya, seperti terjemahan dari Kemenag RI, terjemahan per kata (beta), tafsir Al Jalalyn, desain indah dan elegan dengan berbagai pilihan tema, fitur menyimpan surah terakhir, pencarian Al Quran dan terjemahannya, kumpulan doa dalam Al-Qur’an offline, audio murotal Qori Al-Qur'an mp3, tajwid berwarna, copy terjemahan, latin dan arab, tugas khatam untuk Ramadan, asmaul Husna 99 nama baik Allah, alarm terintegrasi dengan jadwal salat wajib lima waktu, makhraj disertai audio, dan kalender Hijriah.
 

7. Kompas Arah Kiblat – Find Qibla

Bagi umat Islam, arah kiblat merupakan hal yang krusial. Banyak orang sering merasa kebingungan terhadap arah kiblat, terutama saat berada di tempat yang baru. Oleh karena itu, aplikasi Find Qibla ini bisa membantunya. Aplikasi pencari kiblat adalah kompas GPS yang membantu umat Islam menemukan arah kiblat dari mana saja. 

Aplikasi ini akan menggunakan lokasi Anda dengan bantuan peta GPS untuk mengetahui arah kiblat yang akurat. Selain itu, ada beberapa fitur tambahan lain, seperti 99 nama Allah dalam bahasa Arab dan Mp3 yang indah, kalender islam akurat dan kalender hijriah, lihat peta GPS, latitude, bujur dan alamat masjid terdekat.

Baca juga: Cek 3 Peristiwa Bersejarah saat Bulan Ramadan: Momen Diturunkannya Al-Qur'an hingga Fathu Makkah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Aktris Liv Tyler Kembali Perankan Betty Ross di Captain America: New World Order

BERIKUTNYA

Konsep Rumah Tumbuh, Solusi Tepat Punya Hunian Idaman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: