Vina Muliana (Sumber gambar: Vina Muliana Official Instagram)

3 Kiat Jaga Produktivitas pada Bulan Puasa ala Kreator Konten Vina Muliana

27 March 2023   |   17:17 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ramadan tahun ini boleh dibilang menjadi momentum kembalinya masyarakat muslim menjalani bulan puasa dengan normal seiring semakin meredanya pandemi. Pasalnya, sebagian besar masyarakat sudah menjalankan berbagai aktivitas di luar rumah seperti sediakala seperti sekolah dan bekerja.

Kondisi ini bukan tidak mungkin menjadi cukup menantang bagi sebagian orang. Sebab, mereka harus berusaha fokus beradaptasi kembali untuk menjalani aktivitas di luar rumah, terlebih pada momen Ramadan seperti sekarang ini.

Baca juga: Ini Dia Deretan Kreator Konten Perempuan Inspiratif di TikTok

Untuk menjaga produktivitas, berikut adalah 3 kiat untuk tetap aktif dan produktif dalam bekerja selama menjalani ibadah puasa menurut kreator konten Vina Muliana.


1. Tentukan Skala Prioritas

Bagi para pekerja kantoran, perjalanan (commute) menjadi aktivitas rutin yang sangat menyita waktu. Untuk memaksimalkan waktu bekerja, Vina menyarankan untuk membuat skala prioritas pekerjaan berdasarkan tingkat urgensinya.

Pastikan untuk fokus menyelesaikan urutan pekerjaan tersebut satu per satu agar memperoleh hasil yang lebih maksimal. Selain itu, Vina juga menyarankan kepada para pekerja untuk mengurangi kegiatan yang sifatnya hiburan seperti mengakses media sosial dalam durasi yang lama saat bekerja.

Meskipun berprofesi sebagai kreator konten, Vina sangat membatasi waktunya mengakses media sosial agar waktunya dapat dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaannya yang lain. 

 

Penting untuk menjaga produktivitas saat bulan puasa (Sumber gambar: Andrea Piacquadio/Pexels)

Penting untuk menjaga produktivitas saat bulan puasa (Sumber gambar: Andrea Piacquadio/Pexels)


2. Terapkan Teknik Pomodoro 

Melakukan perjalanan menuju kantor, ditambah lagi dengan upaya menahan lapar dan haus saat sedang berpuasa, secara tidak langsung dapat mempengaruhi kondisi tubuh dan mengurangi konsentrasi dalam bekerja.

Pasalnya, menjaga fokus dalam bekerja kerap menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja, terutama mereka yang mudah teralihkan perhatiannya. Untuk belajar lebih fokus dalam bekerja, Teknik Pomodoro dapat menjadi salah satu solusi yang efektif.

Teknik Pomodoro menerapkan manajemen pengaturan waktu bekerja dan istirahat. Umumnya, seseorang dapat menggunakan waktu selama 25 menit untuk fokus bekerja, dan setelah itu manfaatkan waktu 5 menit untuk melakukan istirahat pendek.

Saat istirahat, kalian dapat mengisi waktu dengan melakukan hal yang menyenangkan seperti berbincang dengan rekan kerja, melakukan olahraga ringan untuk meregangkan otot, atau membaca buku.


3. Manfaatkan Kemudahan Teknologi

Untuk tetap menjaga produktivitasnya dalam bekerja saat bulan Ramadan, Vina juga kerap memanfaatkan kemudahan teknologi dalam kehidupannya sehari-hari, misalnya ketika memesan makanan untuk sahur dan berbuka puasa.

Menurutnya, kehadiran layanan pesan antar makanan dapat menjadi penolong untuk menyediakan menu sahur dan berbuka puasa dengan lebih praktis dan hemat waktu. Sebagai contoh, kalian dapat memesan menunya saat berada di jalan pulang kerja agar bisa segera dinikmati saat sampai di rumah. 

Baca juga: Trik HELO Ala Beruang Rakus Ini Penting Buat Kreator Konten

Begitupun jika ingin membuat suasana buka puasa menjadi tambah seru, kalian juga dapat mengajak rekan kerja melakukan potluck untuk membeli beragam menu berbuka puasa di kantor sambil memanfaatkan berbagai promo di layanan pesan antar makanan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Resep Mille Crepes, Ide Makanan untuk Mengisi Waktu Ngabuburit

BERIKUTNYA

Tiket Konser Agust D Tour in Jakarta Ludes dalam 12 Menit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: