kurma merupakan menu takjil kesukaan Nabi Muhammad SAW. (Sumber gambar: Riki Risnandar/Pexels)

Jadi Favorit Saat Ramadan, Ini 5 Manfaat Buah Kurma

18 March 2022   |   15:59 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kurma menjadi makanan khas saat Ramadan. Buah yang menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun dan merambah ke seluruh dunia, terutama saat bulan puasa ini memiliki rasa yang manis, dengan tekstur yang kenyal. Namun tahukah kamu, ada banyak manfaat yang bisa kita dapat ketika mengkonsumsi kurma. 

Kurma diketahui sebagai sumber sumber energi, gula, dan serat yang baik. Buah ini mengandung mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, potassium, magnesium, sodium, dan zinc. Kurma juga mengandung thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K.

Dengan beragam vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya, berikut beberapa manfaat dari kurma:
 
 

1. Meningkatkan energi

Kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Jika ingin memperoleh energi dengan cepat, makan saja kurma. Wajar saja banyak yang berbuka puasa dengan memakan kurma.
 

2. Kesehatan jantung

Mengutip laman Sumbarprov.go.id, potassium yang kaya di dalam kurma mengurangi risiko terkena stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung. Mengonsumsi kurma juga bisa mengurangi tingkat kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Adapun LDL merupakan faktor utama penyebab serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke. 
 

3. Bantu atasi anemia

Kandungan tinggi zat besi pada kurma sangat membantu pasien anemia. Kurma dapat meningkatkan energi juga tenaga, dan di saat yang bersamaan mengurangi rasa lelah dan lesu.
 

4. Menyembuhkan gejala konstipasi

Saat berpuasa, sering kali kita mengalami sembelit karena kurang mengkonsumsi makanan berserat. Nah, kurma memiliki tingkat serat yang tinggi, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan perut dan memperlancar buang air besar, sehingga dapat menyembuhkan gejala konstipasi alias sembelit.

5. Atasi gangguan pada usus

Kandungan nikotin pada kurma dianggap bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai macam gangguan pencernaan, terutama pada usus. Kurma diketahui mengandung serat yang larut dan tidak larut, serta asam amino yang bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien karena banyak nutrisi akan diserap oleh sistem pencernaan.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Viral ART Aniaya Anak Asuh, KPAI Sebut Perlu Ada UU ART

BERIKUTNYA

Resep Odading Pandan Cocok untuk Sajian Berbuka Puasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: