Ecoutez dengan Delia Septianti sebagai vokalis. (Sumber gambar: Ecoutez)

Selang 12 Tahun, Delia Septianti Kembali Jadi Vokalis Grup Band Ecoutez

27 March 2023   |   19:47 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah hengkang selama 12 tahun, Delia Septianti kini bergabung kembali menjadi vokalis dengan grup musik Ecoutez. Dia menggantikan posisi Sheila Anandara yang menjadi vokalis Ecoutez sejak 2021 lalu, yang sebelumnya diisi oleh Andrea Lee. Hadirnya kembali Delia pun memberikan energi baru dalam tubuh Ecoutez.

Seiring dengan informasi tersebut, Ecoutez pun secara resmi menyatakan bahwa Sheila Anandara tidak lagi memperkuat band asal Jakarta itu. Band bentukan tahun 2005 itu juga menegaskan bahwa tidak ada masalah yang menyekat di antara mereka terkait keputusan bongkar-pasang personel ini.

Baca juga: Solois Idgitaf Lebih Eksplorasi Bermusik dalam Single Baru Berjudul Dermaga

"Dalam sebuah band, walau sangat berat terkadang harus ada kata perpisahan. Namun, berakhirnya kerja sama di musik bukan berarti harus memutuskan persahabatan dan rasa kekeluargaan di antara kami," tulis Ecoutez dalam pernyataan resminya.

Bergabungnya kembali Delia membuat formasi Ecoutez menjadi utuh seperti sedia kala yang digawangi oleh Fajar 'Jay' Fikri sebagai drummer, Leo Christian (bassist), dan Widyo 'Iyas' Prastowo (keyboardist).

Meski sempat terpisah, Delia mengaku dirinya tidak pernah benar-benar merasa berjarak dengan Ecoutez. Sebaliknya, selama 12 tahun itu, dia masih mengikuti perkembangan Ecoutez. Di samping itu, diakui olehnya bahwa namanya sudah  begitu melekat dengan Ecoutez dengan banyaknya penggemar yang masih kerap menyebutnya sebagai 'Delia Ecoutez'.
 

"Dari dulu hubungan kami selalu baik. Ada rasa kangen. Jadi tanpa pikir panjang langsung diterima. Aku merasa kayak balik ke rumah lagi. Seru juga sih [kalau gabung lagi], karena Ecoutez selalu melekat di hati," kata perempuan berusia 37 tahun itu.

Pergantian personel dan bergabungnya kembali Delia ke dalam formasi Ecoutez bukan semata untuk mencari sensasi dan perhatian penikmat musik di Tanah Air. Hal ini diungkapkan oleh sang bassist, Leo Christian. Dia mengatakan bahwa hal ini berjalan secara organik dan tanpa direncanakan sebelumnya. 

Begitupun ketika Delia datang dan ikut bernyanyi dengan Ecoutez di sebuah acara yang berlangsung di Beer Hall, SCBD, pada Februari 2023 lalu. Diakui oleh Leo bahwa hal itu terjadi begitu saja tanpa ada rencana untuk menyatukan mereka kembali seperti formasi awal. “Mungkin sudah pertanda, enggak sengaja Delia ikut nyanyi [di acara itu],” ucapnya.

Dengan bergabungnya kembali Delia, Ecoutez pun seperti mendapatkan energi dan semangat baru. Band pelantun single Are You Really The One ini akan segera menyapa kembali para penggemarnya dengan karya-karya musik terbaru mereka, termasuk manggung di berbagai acara.

Leo mengatakan bahwa saat ini Ecoutez sudah mulai giat menjalani latihan. Kembali menggemanya suara Delia, katanya, membuat suasana latihan mereka terasa sangat nostalgia ketika membawakan lagu-lagu andalan Ecoutez. Leo pun menambahkan bahwa dalam waktu dekat, Ecoutez akan melepas single anyar.

"Rencananya, selama bulan puasa, kami akan memaksimalkan waktu untuk menggarap single dan menargetkan bisa rampung setelah Lebaran," terangnya.

Sejalan dengan rencana itu, Ecoutez juga segera merancang konsep untuk kebutuhan manggung, dimana akan dilakukan beberapa penyesuaian dengan karakter vokal Delia yang berkontur pop. Khususnya di lagu-lagu era Andrea Lee yang cenderung berkarakter rock, dan Sheila Anandara yang lebih kental akan pengaruh R&B.
 

Ecoutez (Sumber gambar: Ecoutez)

Ecoutez (Sumber gambar: Ecoutez)


Baca juga: Grup Musik Reality Club Rilis Single Desire, Sekuel Lagu Dancing in The Breeze Alone

Selain itu, akan ada juga pengembangan di lagu-lagu lama era Delia, yang akan disesuaikan dengan aransemen terkini Ecoutez yang lebih modern. Apalagi, di sisi lain, diakui oleh Leo bahwa vokal Delia sendiri pun kini sudah banyak mengalami pengembangan. 

"Kini vokal Delia lebih pas emosinya. Lebih dewasa,” tambahnya.

Sebagai tambahan informasi, Ecoutez adalah grup musik beraliran pop asal Jakarta. Nama Ecoutez sendiri diambil dari bahasa Prancis yang bermakna dengarkan. Ihwal terbentuknya band ini berawal dari beberapa musisi jebolan kelompok musik bernama A.S.A (Art Soul and Attitude), yang akhirnya memutuskan melanjutkan kariernya dengan identitas baru.

Mereka lalu mengadakan audisi dan merekrut Delia dan Iyas untuk melengkapi formasi. Pada 1 November 2005, Ecoutez  dicetuskan secara resmi dan langsung diproduseri oleh Levi Santoso dari band The Fly.

Malang melintang selama 17 tahun di belantika musik Indonesia, Ecoutez sudah merilis beberapa karya rekaman, yaitu album penuh Ekute (2006), POSITIVe (2008), éVOLUTION (2012) dan Love - Live - Life (2017).

Dari album-album tersebut, sederet single mereka pun melejit dan masih populer hingga kini antara lain Simpan Saja, Percayalah, Tunjuk Satu Bintang, Are You Really the One, Ku Tak Bisa (feat. Paul T-Five) dan Only Love. Saat bersama Sheila Anandara, Ecoutez juga sempat melepas lagu rilisan tunggal berjudul Hai pada Juni 2022 lalu.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Gokil, Belum Sepekan Tayang, John Wick 4 Raup Rp1,1 Triliun

BERIKUTNYA

Jenahara x Mothercare Rilis Koleksi Ramadan untuk Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: