Ilustrasi rekaman musik (Sumber gambar: Los Muertos Crew/Pexels)

Label Musik TuneCore Tawarkan Program Spesial untuk Musisi Independen

01 July 2022   |   10:32 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tren musik yang kian berkembang dari kalangan musisi, membuat para pelaku industri ini kian dinamis. Distributor musik digital independen, TuneCore, menawarkan sebuah paket pendistribusian tanpa batas yang terjangkau untuk para musisi dan label independen.

Sebelumnya, TuneCore dikenal luas sebagai perusahaan yang menawarkan akses distribusi musik untuk para musisi independen di seluruh penjuru dunia. Salah satu bentuk kerja sama yang ditawarkan yakni biaya tetap untuk masing-masing rilisan yang dikenakan pada musisi dalam kurun waktu tertentu.

Menanggapi tren musik yang berubah seiring perjalanan zaman, di mana adanya pergeseran dari musisi yang tadinya membuat beberapa EP atau satu album penuh dalam setahun, menjadi lebih sering merilis single dan teratur mengulang proses tersebut untuk bisa eksis di percaturan musik, TuneCore meresponnya dengan strategi bisnis yang baru dengan meluncurkan program TuneCore’si Unlimited diluncurkan.

Baca juga: Cek Jadwal Tampil Musisi Festival Musik Pestapora September Ini

Program ini akan memfasilitasi kreasi musik yang konstan dan menjadi lebih mudah untuk diakses oleh para musisi, sekaligus memberi kendali untuk merilis sebanyak mungkin single dan album tanpa harus khawatir dengan biaya yang besar.

Ada beberapa paket dalam program ini salah satunya adalah memasukkan musik dari para musisi secara gratis langsung ke perpustakaan musik di berbagai macam platform media sosial seperti TikTok, Facebook, Instagram dan YouTube. 

Dengan begitu, karya musik yang terunggah berpotensi mendapatkan penghasilan langsung secara terbuka. Kemudian, seiring meningkatnya popularitas karya dan reputasi musisi, mereka juga bisa menapaki langkah selanjutnya untuk menyusun rencana agar kian berkembang.
 


Andreea Gleeson, Chief Executive Officer (CEO) TuneCore, menyebut bahwa pihaknya menghabiskan satu tahun berbincang dengan banyak pihak terkait, terutama musisi dan label. Salah satu respons dominan yang muncul yakni keinginan para musisi untuk memiliki kesempatan menjajaki pasar musik dengan gratis bagi karya yang mereka hasilkan secara instan, teratur dan baik untuk tahun pertama.

"Kami meresponnya dengan memperkenalkan program yang memberi kebebasan pada mereka untuk memilih paket mana yang cocok dengan level karir. Dengan program TuneCore Unlimited ini, para musisi membayar lebih sedikit dan mendapat potensi yang lebih banyak," kata Andreea dalam siaran pers yang diterima Hypeabis.id, Jumat (1/7/2022).

Hampir senada, Dahlia Wijaya selaku Country Director Believe Indonesia yang menaungi operasi TuneCore di Indonesia, menambahkan bahwa salah satu misi pihaknya adalah memberikan layanan  terbaik bagi artis dan label di setiap tahap karir mereka. Dengan adanya program TuneCore Unlimited, kata Dahlia, pihaknya berharap para musisi dapat berkarya tanpa batas dan bebas, termasuk terbebas dari biaya distribusi musik. 

"Program ini sifatnya merupakan langganan tahunan. Ini memungkinkan mereka [musisi] mendistribusikan musik tanpa batas, di mana dan kapan saja,” imbuhnya.

Cyrus Chen, Head of TuneCore, South East  Asia menambahkan program ini merupakan komitmen pihaknya dalam menyetarakan akses distribusi musik untuk pelayanan terbaik kepada  para artis dan label independen.

“Selain mendapatkan layanan berkualitas dan pembayaran lebih tinggi, musisi Indonesia akan memiliki rencana distribusi tak terbatas paling terjangkau di pasaran. Kami ingin memberdayakan pembuat konten musik untuk mengeluarkan potensi artistik penuh mereka dengan tak terbatas," tambahnya.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tengok Fenomena Embun Upas yang Muncul di Dataran Tinggi Dieng

BERIKUTNYA

Noice Gaet Deddy Corbuzier Hadirkan Kanal Podcast Deddy Issues

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: