Kurma, buah yang mengandung gula alami. (Sumber gambar : Freepik)

Resep Kurma Latte, Minuman Segar yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan

07 April 2023   |   07:48 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Minuman manis dan segar menjadi pilihan saat berbuka puasa. Selain melepaskan dahaga, jenis minuman ini dapat mengembalikan energi yang hilang dengan cepat. Namun demikian, sebaiknya kamu pilih minuman yang mengandung gula alami ya, Genhype

Gula alami salah satunya bisa kamu dapatkan dari kurma. Buah dari tanah Jazirah Arab ini tinggi glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh sebab itu, kurma dapat menambah energi dengan cepat. Selain menyediakan gula alami untuk energi, kurma juga mengandung mineral seperti potasium, tembaga dan mangan, serta merupakan sumber serat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

American Cancer Society merekomendasikan asupan serat 20 hingga 35 gram per hari, yang dapat terpenuhi dengan mengonsumsi kurma. Oleh karena seratnya yang tinggi, kurma sangat bermanfaat  untuk menyehatkan pencernaan dan memperlancar buang air besar. Cocok buat kamu yang menderita konstipasi atau sembelit. 

Baca juga: 7 Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia, Sudan hingga Mesir

Kandungan mineral yang tinggi dari kurma, merupakan komponen untuk memperkuat tulang dan mencegah kamu dari osteoporosis. Kurma juga mengandung zat besi, bermanfaat untuk para penderita anemia. 

Manfaat lain dari kurma yakni dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem saraf, mengurangi tingkat kolesterol jahat atau LDL yang berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskuler seperti strok, hingga mengurangi risiko kanker abdomen. 

Mengutip Halodoc, kurma merupakan sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan bermanfaat melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak sel dan menyebabkan kanker. Zat-zat fitokimia yang termasuk sebagai antioksidan pada kurma di antaranya adalah polifenol, sterol, tanin, dan karoten.

Setelah tahu banyak manfaat dari kurma, kamu bisa mengolahnya menjadi minuman manis dan menyegarkan lho, Genhype. Salah satu resep yang bisa dicoba yakni Kurma Latte. Simak resepnya yuk!


Kurma Latte

Bahan Utama

  • 10 buah kurma
  • 200 ml air panas
  • Susu cair secukupnya
  • Es batu secukupnya


Cara Membuat:

  1. Belah kurma, buah bijinya. Kemudian taruh di dalam mangkuk atau wadah, rendam dengan air panas hingga tekstur kurma empuk. 
  2. Masukkan kurma yang sudah empuk tadi dengan air rendamannya ke dalam blender. Giling hingga lembut
  3. Siapkan gelas, tuang kurma yang sudah di blender ke dalam gelas.
  4. Tambahkan es batu dan tuang susu cair
  5. Sajikan untuk minuman berenergi saat berbuka puasa.  


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Cara Merawat Sneaker ala Dokter Tirta, Jangan Dijemur di Bawah Sinar Matahari

BERIKUTNYA

5 Ide Bikin Ruang Tamu Estetik & Nyaman untuk Silaturahmi Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: