Bendera Burundi (Sumber gambar: Unsplash/Aboodi Vesakaran)

6 Fakta Seru tentang Burundi, Negara Lawan Timnas Indonesia di FIFA Match Day

24 March 2023   |   17:58 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Like
Tim Nasional Indonesia akan menghadapi Burundi pada laga FIFA Match Day, pada 25 dan 28 Maret 2023 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat. Seperti apa sih negara ini? Tidak seperti negara Afrika lainnya seperti Afrika Selatan, Mesir, atau Libya, yang cukup populer, baik itu karena sepak bola, budaya, dan politik.

Burundi merupakan negara kecil di benua Afrika. Prestasi sepak bola mereka pun tidak mentereng-mentereng amat, dibandingkan negara Afrika lainnya.  Namun, negara ini punya banyak potensi dan keunikan yang nggak boleh dilewatkan begitu saja. Yuk, simak fakta-fakta menarik negara ini, yang dihimpun dari beragam sumber. Apa saja?

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang FIFA The Best Football Awards 2022, Messi Geser Mbappe!


1. Alamnya Keren

Benua Afrika memang dianugerahi keindahan alam yang luar biasa. Burundi adalah satu dari negara-negara di Afrika yang memiliki pesona pada alamnya. Negara ini memiliki  keindahan alam yang memukau, mulai dari danau-danau yang indah, hutan hujan yang lebat, hingga gunung-gunung yang tinggi. Salah satu wisata alam yang memukau adalah Danau Tanganyika, danau terdalam kedua di dunia yang airnya sangat jernih dan biru. 

Selain itu, ada juga Taman Nasional Kibira yang terkenal dengan satwa liar dan pemandangan hutan hujannya yang menakjubkan.


2. Budaya dan Kesenian

Burundi termasuk negara yang kaya budaya dan keseniannya. Kebudayaan Burundi berasal dari tradisi lokal dan terpengaruh oleh negara-negara tetangga mereka. Menurut ensiklopedi Britanica, negara ini kaya akan warisan budaya seperti lagu dan tarian rakyat. Selain itu, negara tersebut memiliki berbagai kerajinan yang unik. Mulai dari topeng, perisai, patung, dan tembikar. 


3. Kuliner Populer

Burundi punya masakan khas yang sangat lezat. Salah satu makanan populer di Burundi adalah Boko-boko. Mengutip catatan Taste Atlas, Boko-Boko adalah hidangan tradisional yang dibuat dengan kombinasi, dada ayam, gandum bulgur, bawang, jeroan itik, jahe, kunyit, kapulaga, gula, ghee (butter murni), dan lada hitam. 

Dagingnya dimasak dengan bumbu dan bawang, lalu ayamnya disuwir dan dipadukan dengan gandum bulgur yang sudah matang. Hidangan ini biasanya disajikan dengan bawang goreng dan saus kunyit, dan sering diberi hiasan ketumbar cincang. 


4. Bahasa di Burundi

Bahasa resmi di Burundi adalah Kirundi. Menurut Britanica, selain itu, masyarakat di sana juga berkomunikasi dengan bahasa Bantu dan Prancis untuk berkomunikasi di seluruh negeri. 

Di samping itu, mereka juga menggunakan bahasa Swahili, untuk berkomunikasi dalam perdagangan. Bahasa ini juga digunakan secara luas di Bujumbura, seperti bahasa Prancis. 


5. Olahraga Populer

Masih menurut Britanica, Burundi menggunakan olahraga untuk mempersatukan faksi-faksi yang terpecah di negara itu. Salah satunya adalah sepak bola. Olahraga ini cukup populer di negara tersebut. Bahkan Burundi pun pernah berpartisipasi dalam Piala Afrika. Selain itu, Burundi juga terkenal di ajang atletik. Mereka memiliki atlet Venuste Niyongabo, yang meraih medali empas pertama bagi Burundi pada Olimpiade Atlanta 1996. 


6. Tidak Aman Traveling

Sayangnya, Burundi dikategorikan sebagai negara tidak aman untuk travelers. Mengutip travelsafe-abroad.com, banyak negara meminta warga mereka untuk tidak berpelesiran ke sana. Sebab, negara tersebut dianggap berisiko tinggi. Ketika traveling ke sana, kalian mesti berhati-hati terhadap situasi sekitar. Banyak kejahatan mengintai di sana. 

Baca juga: Bawa Nuansa Energik, Glorious Jadi Lagu Resmi Piala Dunia U-20 Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Potret Cantik Gaun Pernikahan Valencia Tanoesoedibjo dengan Kevin Sanjaya

BERIKUTNYA

Manfaat Puasa Bagi Tubuh, Dari Detoksifikasi hingga Bikin Awet Muda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: