The Best Football Awards 2022 (Sumber gambar: Instagram.com/leomessi)

Daftar Lengkap Pemenang FIFA The Best Football Awards 2022, Messi Geser Mbappe!

01 March 2023   |   08:07 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Setelah merilis nominasi The Best Football Awards 2022 dua pekan yang lalu, FIFA akhirnya resmi mengumumkan deretan pemenang yang meraih trofi penghargaan penobatan pemain sepak bola terbaik dari ajang bergengsi ini. Pada 28 Februari 2023, FIFA menggelar agenda pemberian penghargaan di Paris, Prancis.

Berlangsung setiap tahun, semarak perayaan The Best Football Awards 2022 pun berjalan seru. Apalagi, penghargaan yang diberikan di awal 2023 ini banyak terengaruh dari gelaran epic sepanjang Piala Dunia Qatar 2022 lalu. Selain menilai performa pemain di turnamen internasional, para pesepakbola juga dinilai berdasarkan kinerjanya bersama klub mereka.

Baca juga: Siapa Marcin Oleksy? Pesepakbola Amputasi Peraih FIFA Puskas Award 2022

Dapat dikatakan, The Best Football Awards ini diberikan untuk menghargai kerja keras insan sepak bola terbaik dari yang terbaik versi FIFA. Mirip dengan Ballon d’Or, FIFA juga menghargai kerja terbaik orang di balik kesuksesan di lapangan, seperti dalam kategori pelatih terbaik dan suporter terbaik.

Sebelum mengumumkan nominasi, FIFA menggunakan sistem vote melalui FIFA+ untuk mengerucutkan tiga nama teratas dalam masing-masing kategori. Akhirnya, terpilihlah 3 partisipan dengan vote tertinggi untuk selanjutnya dikurasi oleh FIFA. Lagi-lagi, sang legenda Lionel Messi menarik perhatian di ajang ini.

Pria yang dijuluki Greatest of All Time (GOAT) itu kembali meraih penghargaan untuk kategori The Best FIFA Men’s Player 2022. Ini merupakan kemenangan kedua Messi setelah pernah meraih penghargaan ini pada 2019. Sementara untuk penghargaan lain seperti Ballon d’Or atau Golden Ball, Messi sudah mengoleksi banyak trofi.


Messi menang atas performa kuatnya membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 2022. Dia juga disorot berkat performa kuatnya bersama klub paris Saint German (PSG). Kemenangan Messi sekaligus menyingkirkan dua pesepakbola yang dinominasikan dalam kategori The Best FIFA Men’s Player 2022 yaitu Karim Benzema yang bermain untuk timnas Prancis dan klub Real Madrid, serta Kylian Mbappe yang bermain untuk timnas Prancis dan klub PSG.

Argentina tampak berjaya setelah jerih payahnya selama Piala Dunia. Itu juga terbukti melalui kemenangan sang kiper, Emiliano Martinez dalam kategori  The Best FIFA Men’s Goalkeeper. Kemahiran Martinez menangkap bola dan pengabdiannya bersama klub Aston Villa sukses menghantarkannya merengkuh trofi kiper pria terbaik.

Begitupun dengan sang pelatih Argentina, Lionel Scaloni yang menggeser dua nama yang ternominasi di kategori The Best FIFA Men’s Coach 2022 yaitu pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti dan Pep Guardiola sebagai pelatih Manchester City. Menjadi kemenangan yang hampir komplit bagi skuad Argentina. Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar pemenang FIFA The Best Football Awards 2022 :
  • The Best FIFA Men’s Player: Lionel Messi
  • The Best FIFA Women’s Player: Alexia Putellas
  • The Best FIFA men’s Goalkeeper: Emiliano Martinez
  • The Best FIFA Women’s Goalkeeper: Mary Earps
  • The Best FIFA Men’s Coach: Lionel Scaloni
  • The Best FIFA Women’s Coach: Sarina Wiegman
  • FIFA Puskas Award 2022: Marcin Oleksy vs Stal Rzeszow
  • FIFA Fair Play Award: Luka Lochoshvili
  • FIFA Fan Award: Suporter Timnas Argentina
Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Selain Menerapkan Gaya Hidup Sehat, Begini Cara Tepat Mencegah Sakit

BERIKUTNYA

Cek Juara 9th Anime Trending Awards 2023, Bocchi The Rock! Mendominasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: