Aktor Ari Wibowo (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Rutin Puasa, Begini Rahasia Ari Wibowo Awet Muda Meski Usianya 52 Tahun

20 March 2023   |   18:16 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Badannya masih tegap dan wajahnya tak banyak menunjukkan kerutan membuat Ari Wibowo tampak terlihat awet muda. Aktor berdarah campuran Indonesia-Jerman itu seperti tidak banyak mengalami tanda-tanda penuaan. Padahal, usianya sudah menginjak kepala lima.

Di balik penampilannya yang selalu prima, ada kerja keras di belakang layar yang harus dilakukannya. Ya, bisa tetap bugar meski usia mulai senja memang tidak mudah. Ari mengatakan seiring dengan pertambahan usianya, dirinya mulai mengatur pola hidupnya dengan lebih disiplin.

Dahulu, kata Ari, dirinya bisa makan apa pun setiap hari tanpa khawatir terhadap kesehatannya. Namun, saat ini hal itu tidak bisa dilakukannya lagi. Sebab, sedikit saja salah perhitungan, maka berat badan dan kesehatannya bisa terganggu.

Baca juga: Kiat Puasa Sehat dan Bugar Ala Marcell Siahaan

Setelah menyadari perubahan kondisinya, Ari mengaku mulai mencoba mengatur pola makannya. Belum sampai ke tahap diet, tetapi cukup dengan mengurangi porsi dari setiap hal yang dikonsumsinya. Awalnya, cara ini berhasil, tetapi lama-kelamaan mulai membuat perutnya buncit.

“Entah kenapa ya, perut kok makin ke depan. Mungkin karena seiring pertumbuhan usia, metabolisme dan pembakaran lemak juga menurun. Akhirnya, saya mulai mencoba intermittent fasting,” kata Ari saat ditemui usai acara  diskusi Usia Bukan Halangan di Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.
 

Aktor Ari Wibowo (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Aktor Ari Wibowo (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)


Intermittent fasting merupakan metode diet yang membatasi waktu makan harian selama beberapa jam, kemudian dilanjutkan dengan berpuasa. Cara ini, menurut Ari, memiliki hasil yang efektif baginya.

Pada awalnya, dirinya menggunakan metode delapan jam untuk makan dan 16 jam berpuasa. Meski cukup kewalahan dengan pola makan barunya tersebut, dirinya akhirnya mulai merasa terbiasa setelah mencobanya beberapa kali. Kini, Ari bahkan menyempitkan lagi waktu jendela makan dengan hanya enam jam saja, kemudian dilanjutkan dengan 18 jam berpuasa.

Dalam intermittent fasting, berpuasa bukan berarti tidak boleh makan dan minum. Ari tetap diperbolehkan untuk minum asal kandungan kalorinya nol persen. Misalnya, dia masih bisa minum air putih, kopi, teh, dan minuman lain yang tanpa gula.

Menurut Ari, metode ini sangat membantu untuk menjaga kesehatannya hingga pada usia kepala lima ini. Namun, bagi yang ingin mencoba diet yang sama, sebaiknya mulai dengan jendela makan yang panjang dibanding waktu puasanya, sehingga tubuh bisa beradaptasi dengan lancar.

Soal makanan, Ari mengaku tidak terlalu membatasi diri. Dia tetap makan dengan makanan yang seperti biasa. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jam makan tidak boleh dipakai sebagai ajang balas dendam setelah sekian lama berpuasa. Kemudian, dirinya juga menambahkan suplemen agar asupan vitamin, kalsium, magnesium, dan gizi lain bisa tetap tercukupi.

Selain makan, rahasia awet muda Ari adalah berolahraga. Segala aktivitas fisik dia coba rutinkan setiap hari. Meski mengaku sering malas-malasan, Ari memiliki trik tersendiri agar mengakali rasa malas tersebut.

“Kita coba bohongin diri sendiri. Coba sempatkan 15 menit saja untuk berolahraga. Menyediakan 15 menit dalam sehari tentu bukan hal yang susah. Nah, biasanya kalau sudah olahraga, kemudian aliran darah lancar, ujung-ujungnya akan berlanjut dengan durasi lebih lama,” imbuhnya.

Salah satu olahraga yang kini sedang rutin dilakukan Ari adalah taekwondo. Olahraga bela diri ini dirasa cocok untuk dilakukan oleh pria seusianya. Alasannya, taekwondo bisa melatih ketahanan, keseimbangan tubuh, sekaligus kelenturan sendi-sendi tulang.

Terlebih, olahraga ini juga bukan hal yang asing bagi Ari. Sebab, dahulu, saat masih duduk di bangku pelajar, dirinya sudah senang menggemari taekwondo. Oleh karena itu, dirinya ingin kembali rutin belajar taekwondo untuk menyehatkan diri sekaligus bernostalgia masa kecil.

Menurut Ari, semua itu dilakukannya agar dirinya tetap percaya diri dan bahagia meski usianya kini sudah 52 tahun. Dengan peduli terhadap tubuhnya, maka kesehatan fisik dan batinnya bisa terus positif.

Baca juga: Puasa Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Kiat-kiat yang Harus Dilakukan!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Sejarah Hidup Usmar Ismail, Bapak Film Nasional Indonesia

BERIKUTNYA

Asyik, Anime Gintama Rilis Trailer Baru Parodikan Jujutsu Kaisen hingga Spy x Family

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: