Penting untuk menjaga asupan makanan selama berpuasa (Sumber gambar: Anastasia Shuraeva/Pexels)

4 Tip Menyiapkan Menu Sahur dan Berbuka Puasa yang Praktis Bernutrisi

11 April 2023   |   17:49 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sahur dan berbuka puasa merupakan rutinitas yang identik dengan bulan Ramadan. Selain menjadi penanda waktu berpuasa, kedua rutinitas ini juga menjadi momentum untuk berkumpul bersama keluarga. Meski sekadar menyiapkan takjil dan memasak menu sederhana untuk disantap bersama, momen ini tentunya terasa berbeda dibandingkan dengan bulan lainnya. 

Agar ibadah puasa bersama keluarga dapat dilaksanakan dengan maksimal dan bisa beraktivitas seperti biasanya, nutrisi dari makanan yang dikonsumsi menjadi salah satu kebutuhan yang harus diperhatikan. Rutin mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur dan berbuka akan membuat tubuh tidak mudah merasa lapar dan lemas sepanjang menjalankan puasa.

Baca juga: Cek 7 Menu Buka Puasa Favorit di Luar Negeri, Ada Shami Kebab hingga Qatayef

Saat menjalankan puasa, tantangan terbesar adalah menahan haus dan lapar, terutama pada jam-jam krusial tertentu. Sayangnya, tak sedikit orang masih sering mengabaikan persiapan menu makanan dan pemenuhan asupan nutrisi yang baik agar dapat menjalankan bulan Ramadan ini dengan maksimal.

Oleh sebab itu, demi menjaga puasa tetap optimal dan semangat dalam beraktivitas seharian, berikut adalah beberapa tips untuk mengkreasikan menu yang lezat dan penuh nutrisi sepanjang bulan puasa.


1. Buat Meal Plan untuk Seminggu

Merencanakan menu yang mau dimasak untuk sahur maupun berbuka tentu tidaklah mudah dan seringkali menguras waktu. Namun, hal ini bisa dihindari dengan merencanakan menu makanan keluarga lebih awal untuk satu minggu ke depan.

Selain mempermudah dalam menentukan ragam menu agar tidak bosan, kalian juga dapat memperhatikan pilihan makanan yang sehat dan bernutrisi, misalnya menu yang tinggi protein seperti daging dan telur hingga buah-buahan yang kaya akan serat.

Membuat rencana menu makanan di awal juga dapat membantu untuk mengetahui dan mempersiapkan bahan-bahan makanan yang akan dipakai, sehingga dapat dibeli dari jauh-jauh hari. Setelah menu makanan terencana dengan baik, selanjutnya kalian bisa menuliskan daftar belanjaan bahan makanan yang harus dibeli.


2. Persiapkan Stok Bahan Makanan

Penting untuk menjaga asupan makanan selama berpuasa (Sumber gambar: Anastasia Shuraeva/Pexels)

Menyiapkan stok bahan makanan penting untuk membuat memasak jadi lebih praktis (Sumber gambar: Angele J/Pexels)

 

Salah satu kegiatan yang menyita waktu saat memasak adalah mempersiapkan bahan makanan. Mencuci dan memotong sayur, hingga mencincang daging biasanya membutuhkan waktu bahkan lebih dari 30 menit. Dengan mempersiapkan bahan makanan di awal secara bersamaan, memasak saat sahur dan berbuka tentu menjadi lebih cepat dan praktis. 

Simpan setiap bahan makanan dalam wadah yang berbeda dan pastikan cara menyimpannya baik dan benar. Jika disimpan dalam wadah kedap udara, sayuran seperti bawang dan paprika dapat bertahan selama dua hingga tiga hari di dalam kulkas.

Baca juga: 3 Kreasi Menu dari Edamame & Tepung Sagu, Yuk Coba Resepnya untuk Sajian Buka Puasa

Sedangkan daging merah, dan ikan atau ayam dapat disimpan dalam freezer. Selain itu, mempersiapkan bumbu dasar seperti bumbu merah, bumbu putih, maupun bumbu kuning juga dapat membuat waktu memasak makin singkat.
 
1
2


SEBELUMNYA

Anak Pertama Tutup Usia, Abdel Achrian Menerima dengan Lapang Dada

BERIKUTNYA

7 Kiat Mudik Aman untuk Penderita Penyakit Jantung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: