Selama berpuasa, tubuh akan membakar sel lemak lebih efektif (Sumber gambar: Freepik)

Puasa Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Kiat-kiat yang Harus Dilakukan!

15 April 2022   |   06:50 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Puasa bukan hanya menjadi kewajiban yang dilakukan bagi setiap Muslim. Lebih dari itu, berpuasa juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh salah satunya adalah menurunkan berat badan. Sebab, selama berpuasa, tubuh akan membakar sel lemak lebih efektif.

Selain itu, ketika berpuasa tubuh juga akan didorong untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi tubuh pengganti gula, termasuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh ikut meningkat. Hal itu juga didukung dengan pola makan yang sehat.

Binaragawan sekaligus Health Enthusiast, Ade Rai, mengatakan pola makan yang penting untuk diperhatikan saat berpuasa adalah ketika sahur. Menurutnya, sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang mengandung protein, lemak dan serat saja tanpa karbohidrat.

“Tujuannya supaya tidak terjadi kenaikan insulin. Artinya secara praktis, badan akan tahu bahwa gula tidak ada dan akan menggunakan lemak sebagai sumber tenaga,” kata Ade dalam diskusi virtual, Rabu (13/4/2022).
 

Beberapa pembicara dalam diskusi virtual Fita, Rabu (13/4/2022)-Sumber gambar: Tangkapan layar

Beberapa pembicara dalam diskusi virtual Fita, Rabu (13/4/2022)-Sumber gambar: Tangkapan layar

Ade pun menyayangkan bahwa masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa karbohidrat adalah sumber energi yang paling utama, sehingga khawatir tidak berenergi tanpa asupan tersebut.

Padahal, lanjutnya, ketika tidak mendapatkan asupan apapun, tubuh akan secara otomatis mencari cadangan atau alokasi sumber energi yang lain salah satunya berasal dari lemak.

(Baca juga: Ayo Gerak! Begini Cara Tepat Berolahraga Saat Puasa)

Selain itu, aktivitas yang juga penting untuk menurunkan berat badan ketika berpuasa adalah berolahraga. Terkait hal ini, Ade menyarankan untuk berolahraga sebelum berpuasa selama 30 menit.

Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan yakni cardio exercise sebagai latihan pengencangan otot jantung atau latihan beban untuk mengencangkan otot rangka. Meski demikian, dia lebih menyarankan untuk berolahraga latihan beban. 

Tidak perlu menggunakan peralatan yang berat, beberapa latihan sederhana seperti plank dan push up juga bisa dilakukan untuk proses pembakaran lemak yang optimal.

Senada, Fanny Ghassani selaku Sport and Healthy Life Enthusiast, mengatakan bahwa selama berpuasa, dia lebih memilih untuk berolahraga latihan beban pada saat 1 sampai 1,5 jam sebelum waktu berbuka puasa.

“Karena kalau olahraga kardio rasanya itu lebih ngos-ngosan dan akhirnya akan lebih cepat capek dan haus. Selain itu, aku juga bisa atur waktu istirahatku,” kata Fanny.

Sebagai tips untuk ideal berolahraga saat berpuasa, Fanny menyarankan untuk mengatur waktu istirahat per set atau gerakan lebih lama dari sebelumnya untuk menghindari rasa lelah yang berlebihan. “Kalau aku lebih memilih berolahraga sebelum berbuka puasa dengan menggunakan cadangan lemak yang ada di tubuh,” imbuhnya.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Yuk Kenalan dengan Tari Legong

BERIKUTNYA

Siap-siap! Film Pengabdi Setan 2: Communion Bakal Tayang 4 Agustus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: