Pertunjukan Ken Dedes di luar ekspektasi (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Arief Hermawan P)

Teater Musikal Ken Dedes, Produser Sebut di Luar Ekspektasi

20 March 2023   |   15:49 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pertunjukan teater musikal Ken Dedes yang terselenggara selama dua hari, yakni dari 18 sampai 19 Maret 2023 di Ciputra Artpreneur, Jakarta, di luar ekspektasi Alim Sudio, produser ajang tersebut. Baik itu ekspektasi dari sisi penampilan maupun penonton. 

Dari pertunjukan Ken Dedes ini, dia merasakan kerinduan banyak orang akan pertunjukan musikal. Selain itu, penonton dapat merespon dengan baik karya musikal ini. Padahal,topik yang disajikan terbilang berat, yakni masalah politik, pembunuhan, dan dendam.

Baca juga: Pertunjukan Musikal Ken Dedes di Mata Aktris Ine Febriyanti

“Merasakan mereka memberikan feedback dengan cara tertawa, bereaksi, dan menurut saya panggung [teater] Indonesia kembali. Suasana interktif yang menjadi ciri khas panggung Indonesia kembali, dan itu di luar ekspektasi,” katanya.

Dari sisi penonoton, Alim terkesan dengan kehadiran generasi muda yang relatif banyak menyaksikan acara tersebut. Bagi dia, hal ini menjadi kabar baik karena aprsesiasi anak muda terhadap seni pertunjukkan meningkat. Dia pun berharap, milenial yang hadir dalam pertunjukan Ken Dedes menjadi punya kebanggaan dengan teater musikal Indoensia.

Di sisi lain, Indonesia juga tidak kekurangan untuk menampilkan cerita-cerita berbasis sejarah ke atas panggung. Hal ini membuktikan kepada masyarakat bahwa Indonesia juga memiliki drama teater musikal dengan kualitas yang bagus, tidak kalah dari pertunjukan yang ada di luar negeri. “Kita harus bangga dengan musikal Indonesia,” katanya.

Dimas, salah seorang penonton, menilai pertunjukan Ken Dedes yang tersaji lebih dari dua jam ini mampu menghibur lantaran setiap pemain mampu memainkan karakter yang diembannya dengan baik dari sisi akting.

"Sangat Keren. Ekspresi pemain menjiwai," katanya kepada Hypeabis.id.

Dia menuturkan, bisa merasakan emosi yang ingin disampaikan oleh para pemain teater di atas panggung. Salah satunya adalah peran Ken Umang yang digambarkan sebagai wanita yang kalem. Selain itu, penampilan seni pertunjukan musikal ini juga membuatnya kagum lantaran menyajikan tata panggung, lampu, dan musik-musik yang menawan.

Sementara itu motivator Merry Riana juga terkesan dengan pertunjukan tersebut. “Kalau saja semua sejarah Indonesia dibuat musikal seperti ini. Ini baru Ken Dedes,” katanya.

Dia menambahkan, Indonesia memiliki sangat banyak cerita rakyat dan sejarah yang luar biasa untuk dibuat seni pertunjukan teater musikal. Dia pun berharap, lebih banyak drama kolosal yang tersaji di dalam negeri pada masa yang akan datang.

Musikal Ken Dedes diperankan oleh bintang-bintang muda Tanah Air, seperti Ara Ajisiwi (Ken Dedes), Taufan Purbo (Ken Arok), Nala Amrytha (Ken Umang), Uli Herdi (Tunggul Ametung), Fatih Unru (Anusapati), Geraldo Tanor (Tohjaya), Nino Prabowo (Kebo Ijo), dan sebagainya.

Tidak hanya itu, dalang Nanang Hape juga ikut bagian dalam seni pertunjukan musikal ini sebagai Pak Larto. Adapun, Bu Laras yang menjadi istrinya diperankan oleh Takako Leen. Aktor senior Yayu Unru juga ikut serta.

Cerita karakter Ken Dedes dan Ken Umang dalam pertunjukan ini menjadi salah satu suguhan menarik lantaran disajikan dengan musik modern, gaya bahasa yang segar, dan dibalut dengan artistik yang menggabungkan seni serta teknologi.

Baca juga: Helmy Yahya & Merry Riana Acungi Jempol Pertunjukan Teater Musikal Ken Dedes
 

SEBELUMNYA

Mau Jadi Gamer? Begini Kriteria HP Gaming Spek Dewa

BERIKUTNYA

6 Puisi Populer Sapardi Djoko Damono, Tokoh yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: