Ilustrasi bermain game di smartphone (Sumber gambar: Freepik)

Mau Jadi Gamer? Begini Kriteria HP Gaming Spek Dewa

20 March 2023   |   14:04 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Popularitas game mobile kini sudah bisa disetarakan dengan game konsol maupun game PC (personal komputer). Citra game mobile kini juga makin membaik. Tidak hanya berisi game yang sederhana, game mobile kini makin kompleks dan menawarkan keseruan yang berbeda.

Semakin banyaknya game mobile yang populer juga mendorong industri smartphone untuk ikut berkembang dengan menciptakan spesifikasi tinggi. Tujuannya, tentu untuk memudahkan para pemain mobile game.

Tech Reviewer Wisnu Kumoro mengatakan istilah HP gaming belakangan menjadi makin populer sebagai sebutan dari gawai-gawai yang khusus diciptakan untuk bermain game. Istilah ini juga sebelumnya dipakai untuk laptop atau PC yang mengkhususkan diri pada game.

Baca juga: Gamers Merapat, Perfect World Games Siap Rilis Persona 5 Mobile

Gawai khusus gim umumnya memiliki nilai kosmetika dan estetika yang berbeda. Ciri paling kentara ialah responsivitas layarnya memiliki spesifikasi tinggi dan mengungguli gawai biasa. Fitur ini membuat pemain lebih leluasa dalam bermanuver pada gim yang dimainkannya.

Terkadang, pabrikan juga memasang gimmick tambahan untuk menambah pengalaman bermain gim yang lebih imersif. Misalnya, ponsel yang bergetar ketika ada tembakan agar nuansa gim yang dimainkan lebih terasa nyata.

Dari segi bentuk, gawai khusus gim juga kerap menambahkan tombol-tombol tambahan di sisi kanan atau kirinya yang bisa membantu pemain untuk bermain gim kesukaannya. Pada gawai biasa, tombol yang ada di sisi kanan terbatas, seperti untuk volume atau on/off saja.

“Kemudian, salah satu yang paling mencolok ialah sistem pendinginannya. Kalau gawai normal, sistem pendinginnya standar. Namun, gawai gim memiliki fitur yang lebih mumpuni, seperti cooling system yang langsung tertanam di gawai,” ujar Wisnu kepada Hypeabis.id.

Pengamat Industri Games dari Zilbest Yabes Elia mengatakan perkembangan gawai gaming berkembang sangat pesat. Hal itu berbanding terbalik dengan teknologi yang ada di game mobile. Bisa dibilang, teknologi game cukup kewalahan menandingi kemajuan ponsel-ponsel gaming yang ada sekarang ini.

Yabes mencontohkan saat ini sudah banyak sekali gawai yang memiliki kualitas layar dengan refresh rate 120 Hertz (Hz). Namun, saat ini hanya ada sedikit gim yang sudah mendukung kualitas layar bernilai Hz tinggi.

Alasan tersebut yang membuat game mobile menjadi sangat populer belakangan ini. Sebab, dengan spesifikasi gawai yang menengah ke bawah, pengguna sudah bisa mencicipi banyak jenis gim yang seru. Hal itu berbeda dengan game konsol atau game PC yang terkadang membutuhkan hardware berperangkat tinggi untuk menjajal gim-gim tertentu.
 

Spesifikasi Gawai Gaming

Smartphone gaming (Sumber gambar: Freepik)

Smartphone gaming (Sumber gambar: Freepik)

Berbicara spesifikasi gawai gaming selalu berhubungan dengan kebutuhan gim apa yang akan dimainkan oleh pengguna. Jika jenis gim tersebut cukup kasual, pengguna hanya butuh spesifikasi standar dan biasanya sudah tercukupi dengan membeli gawai kelas mid-range.

Namun, jika ingin memainkan gim e-sport atau gim berat lainnya, setidaknya pengguna harus memiliki spesifikasi ponsel yang gahar. Minimal, kata Wisnu, spesifikasi gawainya sama dengan yang digunakan untuk kelas flagship tahun ini atau setahun sebelumnya. Sebab, gim perlombaan menuntut kualitas ponsel nomor wahid agar menghindari kesalahan-kesalahan minor.

Dari sisi prosesor, Wisnu menjelaskan Snapdragon 720 G sudah cukup nyaman untuk bermain gim berat. Prosesor seri G pada Snapdragon memang diciptakan khusus untuk mendukung kualitas grafis dan pengalaman bermain gim yang lebih.

Snapdragon 720 G juga terbilang sudah menjadi prosesor yang matang. Banyak jenama ternama menggunakannya untuk menerbitkan gawai khusus gim. Hal itu membuat prosesor ini dapat memberikan performa yang optimal dalam mendukung pemain bermain gim.

Selain Snapdragon 720 G, prosesor dari Mediatek Helio G series juga layak dipertimbangkan. Pengguna bisa memilih Helio G series keluaran terbaru, minimal G 90 ke atas.

Dari sisi RAM, Wisnu menganggap saat ini sudah banyak pabrikan smartphone yang memiliki ukuran memori besar. Untuk mendukung aktivitas bermain gim, RAM dengan ukuran 8GB sebenarnya sudah cukup baik.

Kemudian, perhatikan juga faktor baterai. Ukuran bukan jaminan. Sebab, semua baterai pada gawai gim pasti selalu  boros. Oleh karena itu, lebih baik perhatikan faktor sertifikasi, baik pada baterai maupun charger-nya sehingga keamanan bisa lebih terjaga.

Wisnu mengatakan beberapa gawai juga sudah menerapkan sistem bypass. Jadi, gawai menggunakan daya dari listrik yang langsung, bukan dari tenaga baterai. “Untuk ukuran layar 6 inch-7 inch sudah cukup dengan refresh rate tinggi, minimal 120 Hz,” imbuhnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Pakai Latar Kekinian, Film Jin dan Jun Bakal Lebih Relate dengan Banyak Orang

BERIKUTNYA

Teater Musikal Ken Dedes, Produser Sebut di Luar Ekspektasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: