Pertunjukan musikal Ken Dedes di Theater Ciputra Artpreneur, Jakarta (Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Pertunjukan Musikal Ken Dedes di Mata Aktris Ine Febriyanti

19 March 2023   |   18:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pertunjukan musikal Ken Dedes akhirnya digelar di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta pada 18-19 Maret 2023. Antusiasme masyarakat pun terbilang besar, hal ini terbukti dengan penuhnya bangku penonton selama pementasan berlangsung.

Salah satu penonton yang mengaku senang terhadap musikal Ken Dedes adalah Sha Ine Febriyanti. Pemeran Nyai Ontosoroh dalam film Bumi Manusia (2019) itu mengatakan EKI Dance Company kali ini berhasil menyajikan pertunjukan yang menarik sekaligus menghibur penonton.

"Setiap pertunjukan memang punya tujuan dan taste yang berbeda. Kali ini aku melihat EKI membawa misi agar penonton bisa mencerna lebih mudah naskah yang dipentaskan. Jadi, bukan pertunjukan yang berat, tapi tetap menghibur," kata Ine yang ditemui Hypeabis.id, Sabtu, (18/3/23).

Baca juga: Musikal Ken Dedes, Sajian Istimewa Sejarah Nusantara dari EKI Dance Company

Sebagai orang yang kerap menyaksikan pementasan teater, Ine mengungkap performa aktor di atas panggung juga mumpuni. Menurutnya, hal itu terjadi karena pola latihan yang cukup militan, terutama para penarinya yang bermain dengan apik.

"Tekstur pertunjukan pun cenderung lebih ringan dan mudah dicerna. Ini memang kayak sengaja ditunjukan pada penonton agar mereka dapat membawa pulang cerita yang menghibur. Jadi nggak berat, dan ini sangat berhasil,"imbuhnya.
 

Ine Febriyanti (sumber gambar Instagram)

Ine Febriyanti (sumber gambar Instagram)

Selain itu, menurut Ine, cara pengemasan EKI Dance Company dalam menarasikan sejarah nusantara juga dapat dengan mudah diterima penonton. Pasalnya, interpretasi cerita juga disesuaikan dengan segmen penonton yang kebanyakan didominasi anak-anak muda.

Melihat antusiasme masyarakat terhadap pertunjukan teater musikal, Ine mengaku optimis terhadap industri teater dalam negeri. Terlebih jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, di mana penonton hanya didominasi para pekerja kreatif serta komunitas-komunitas teater yang menonton pertunjukan.

Tak hanya itu, aktris berusia 47 tahun itu mengatakan bahwa EKI Dance telah memiliki penggemarnya sendiri. Hal ini tidak jauh berbeda dengan Teater Koma atau Titimangsa, terbukti dengan salah satunya lewat pertunjukan yang mulai dilirik masyarakat awam.

"Ini kan cerita Ken Dedes juga diangkat dari narasi sejarah. Menariknya, kisah tersebut dikemas dengan artistik, serta lighting yang baik. Secara keseluruhan pertunjukan ini menghibur," papar Ine.

Sementara itu, Almira seorang pekerja kreatif dari Bandung juga mengaku sangat antusias dengan pertunjukan Ken Dedes. Tak tanggung-tanggung, dia  bahkan memboyong dua puluh lima orang, untuk menonton pertunjukan musikal Ken Dedes.

Selain mudah dicerna, Almira menuturkan bahwa EKI Dance Company juga berhasil mengemas cerita rakyat dengan pendekatan yang kekinian. Oleh karena itu kisah Ken Dedes bahkan bisa diterima orang awam, termasuk anak-anak, karena dia pun mengajak beberapa di antaranya. 

"Saya memang sengaja dari Bandung untuk mengajak seniman-seniman untuk menonton Ken Dedes. Karena teater musikal itu kan kebanyakan dari luar negeri, tapi enggak nyangka aja grup dari Indonesia bisa sebagus ini," ucap pemilik Qiddos Studio itu.

Setali tiga uang, Cherry, penonton asal Jakarta Barat mengaku senang dan terhibur dengan pertunjukan Ken Dedes. Pegawai swasta itu memang sengaja menghabiskan akhir pekannya untuk menonton Ken Dedes. Pasalnya, dia memang senang dengan pertunjukan musikal.

"Aku memang suka dengan drama musikal, sebelumnya juga sempat nonton Rent: The Musical, jadi ini memang ingin menikmati hari libur saja untuk menonton pertunjukan Ken Dedes," papar Cherry.

Adapun, pertunjukan Ken Dedes masih akan berlangsung hingga 19 Maret 2023 di Ciputra Artpreneur, Jakarta. Pada hari terakhirnya pertunjukan ini akan dihelat pukul 12.30 WIB dan 17.30 WIB.

Baca juga: EKI Dance Company Tampilkan Cerita Baru Tokoh Ken Dedes di Panggung Teater

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Hypereport: Kisah Perantau dari Dua Generasi yang Menginspirasi

BERIKUTNYA

Bikin Senyum, Ini Makna 5 Lagu yang Dibawakan TREASURE di Konser Hello in Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: