Pertunjukan musikal Ken Dedes di Theater Ciputra Artpreneur, Jakarta. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Ini Kata Penonton Tentang Pertunjukan Musikal Ken Dedes

20 March 2023   |   06:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

EKI Dance Company dan Ciputra Artpreneur sukses membawa Ken Dedes ke atas panggung teater. Pertunjukan ini dikembangkan oleh praktisi teater Indonesia seperti Rusdy Rukmarata (sutradara dan koreografer), Titien Wattimena (penulis naskah), Oni Krisnerwinto (direktur musik), dan Iskandar Loedin (direktur artistik).

Pertunjukan teater musikal yang berlangsung pada 18-19 Maret 2023 di Teater Ciputra Artpreneur, Jakarta, itu mendapatkan respon positif dari penonton yang terpukau dengan musik dan tarian, serta cerita cinta Ken Dedes dan Ken Arok dari Kerajaan Singhasari yang legendaris pada masa lalu.

Baca juga: Pertunjukan Musikal Ken Dedes di Mata Aktris Ine Febriyanti

Dimas, salah seorang penonton, menilai pertunjukan Ken Dedes yang tersaji lebih dari dua jam ini mampu menghibur. Dari sisi akting, para pemain mampu menjiwai karakter setiap yang dimiliki. 

"Sangat Keren. Ekspresi pemain menjiwai," katanya kepada Hypeabis.id. 

Dia menuturkan, bisa merasakan emosi yang ingin disampaikan oleh para pemain teater di atas panggung. Salah satunya adalah peran Ken Umang yang digambarkan sebagai wanita yang kalem. Tidak hanya itu, penampilan seni pertunjukan musikal ini juga membuatnya kagum lantaran menyajikan tata panggung, lampu, dan musik-musik yang menawan. 

Penonton lainnya, yakni Brian juga mengaku pertunjukan seni musikal Ken Dedes sangat bagus. Dia mampu menangkap cerita yang disampaikan dan sangatlah menarik. Dia menilai, setiap pemain yang terlibat mampu menjiwai peran yang dimiliki dan dapat menyampaikannya langsung ke para penonton. Menurutnya, pertunjukan ini cocok jika menjadi sebuah karya film. 

Sementara itu, penonton lainnya yang bernama Pamela mengatakan, kesukaan terhadap tontonan musikal menjadi alasan bagi diri untuk menyaksikan pertunjukan Ken Dedes. Iklan dan ulasan dari sang kawan yang sudah menontonnya terlebih dahulu menjadi pendorong untuk ikut menyaksikan. 

Tidak hanya itu, dia juga ingin menyaksikan cerita yang ada di masyarakat Indonesia dikemas dalam sebuah seni pertunjukan musikal.

"Kalau cerita rakyat Indonesia agak jarang diangkat musikal. Biasanya yang diangkat lebih ke cerita internasional," katanya. 

Menurutnya, besaran tarif tiket yang dibanderol untuk menonton karya anak dalam negeri sesuai selama eksekusi dan lokasi untuk menyaksikannya bagus.

"Harga enggak masalah selama produksi dan eksekusi bagus walaupun cerita lokal," kata wanita yang beberapa kali telah menonton sejumlah seni pertunjukan musikal.

Meski mengangkat kisah sejarah Nusantara, musikal ini menyuguhkan suatu pementasan yang segar dan menghibur. Tak hanya menyajikan cerita yang baru, pertunjukan ini juga dilengkapi dengan sejumlah efek-efek spesial seperti salah satunya permainan lighting atau tata cahaya.

Adapun, musikal Ken Dedes diperankan oleh bintang-bintang muda Tanah Air, seperti Ara Ajisiwi (Ken Dedes), Taufan Purbo (Ken Arok), Nala Amrytha (Ken Umang), Uli Herdi (Tunggul Ametung), Fatih Unru (Anusapati), Geraldo Tanor (Tohjaya), Nino Prabowo (Kebo Ijo), dan sebagainya. 

Tidak hanya itu, dalang Nanang Hape juga ikut bagian dalam seni pertunjukan musikal ini sebagai Pak Larto. Adapun, Bu Laras yang menjadi istrinya diperankan oleh Takako Leen. Aktor senior Yayu Unru juga ikut serta.

Menariknya dalam musikal ini adalah dua tokoh perempuan, yakni Ken Dedes dan Ken Umang. Dalam pertunjukan ini, kisah Ken Dedes yang banyak diceritakan di buku-buku sejarah ditampilkan dengan musikal modern, gaya bahasa yang segar, dan dibalut dengan artistik yang menggabungkan seni dan teknologi.

Baca juga: Musikal Ken Dedes, Sajian Istimewa Sejarah Nusantara dari EKI Dance Company

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Bikin Senyum, Ini Makna 5 Lagu yang Dibawakan TREASURE di Konser Hello in Jakarta

BERIKUTNYA

Mantap Berkarier secara Independen, Sheryl Sheinafia Merilis Single Situationship

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: