Alasan Mahasiswa Harus Mulai Berbisnis (Sumber gambar : Unsplash/Student)

5 Alasan Kenapa Mahasiswa Harus Mulai Berbisnis Sejak Kuliah

17 March 2023   |   20:30 WIB

Pada zaman sekarang, setiap orang dituntut untuk belajar mandiri supaya bisa memenuhi kebutuhan hidup, tak terkecuali mahasiswa. Sebagai seorang murid, belajar adalah hal utama yang harus dijalankan. Namun, bukan berarti mahasiswa tidak bisa melakukan kegiatan lain seperti berbisnis. 

Genhype pasti sudah sering melihat atau mengetahui mahasiswa yang mendirikan bisnis. Mulai dari bisnis skala kecil hingga  besar.  Bisnis yang dijalankan oleh kebanyakan mahasiswa pun beragam. Seperti bisnis fashion, food and beverages, sampai bisnis jasa lain. 

Baca juga: Biar Bisa Investasi, Begini Tip Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa

Ketertarikan mahasiswa terhadap bisnis pada era sekarang sudah semakin menjamur. Hal ini karena kebutuhan mahasiswa yang cukup banyak. Seperti kebutuhan untuk kegiatan kuliah, jalan- jalan, pergi nongkrong bersama teman dan lain-lain, yang akhirnya mendorong mereka untuk mendapatkan uang saku tambahan. 

Selain itu, memiliki pengalaman untuk peluang kerja yang lebih luas juga menjadi salah satu alasan mahasiswa memulai berbisnis sejak di bangku perguruan tinggi. Menurut Amalia E. Maulana, Associate Professor of Marketing BINUS University, mendirikan bisnis secara mandiri merupakan kegiatan positif yang bisa dilakukan mahasiswa. 

“Kegiatan bisnis bisa menjadi latihan bagi mahasiswa untuk bisa menerapkan apa yang telah dipelajarinya secara teoritis dan langsung mempraktikkannya secara nyata," katanya. 

Dia juga mengatakan, kegiatan berbisnis merupakan momen yang tepat untuk mahasiswa karena dapat membangun social network dengan orang-orang yang nantinya akan menjadi modal bagi karier mahasiswa. Selain itu, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa bisnis merupakan aktivitas yang cocok bagi mahasiswa, simak yuk!
 

1. Uang Saku Tambahan

Punya uang tambahan merupakan impian semua mahasiswa. Apalagi jika ingin membeli sebuah barang, akan terasa berbeda jika menggunakan uang sendiri. Oleh sebab itu, berbisnis mulai dari kecil-kecilan merupakan salah satu cara untuk menambah uang saku. 
 

2. Memperluas Relasi

Dalam menjalankan bisnis, pasti pelaku akan terhubung dengan pihak lain untuk menjalankan operasional usaha mereka. Hal ini menjadi penting bagi mahasiswa untuk memperluas hubungan. Melalui relasi yang terbangun, mahasiswa bisa mendapatkan prospek pekerjaan lainnya. 
 

3. Menambah Pengalaman

Melakoni aktivitas berbisnis tentunya akan menambah pengalaman yang penting untuk masa depan. Misalnya terkait cara mengelola usaha, langkah agar tetap berhubungan dengan konsumen, dan lain sebagainya. 
 

4. Lapangan Kerja Terbatas

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di Indonesia mencapai angka 5,3 persen pada 2023. Lapangan kerja yang makin terbatas dan persaingan yang lebih ketat, membuat mahasiswa harus memutar otak agar bisa memenuhi kebutuhannya. Untuk itu, berwirausaha menjadi salah satu alternatifnya. 
 

5. Tabungan Hari Tua

Mendapatkan uang hasil berbisnis lalu menyimpannya untuk hari tua, bisa menjadi kebanggaan sendiri loh Genhype. Dengan memiliki sumber pendapatan, kamu bisa berinvestasi dan tidak perlu mengkhawatirkan masa depan. Melalui hal tersebut, kamu akan hidup menjadi pribadi yang mandiri.

Itulah beberapa alasan yang bisa jadi pertimbangan buat Genhype yang masih mahasiswa untuk berbisnis. Namun, jangan lupakan kewajiban utama kalian untuk belajar dengan giat ya!

Baca juga: Psikolog Bagikan 4 Tips Menjaga Kesehatan Mental Untuk Mahasiswa, Simak Yuk!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Siap Tayang Saat Idul Fitri 2023, Cek 5 Fakta Menarik Film Buya Hamka 

BERIKUTNYA

Sambut Ramadan, Cek Tontonan Eksklusif untuk Teman Ngabuburit di Platform Vidio

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: