Isabel and Alfredo Aquilizan. Here, There, and Everywhere 2018 (Sumber gambar: Museum Macan)

Museum MACAN Siapkan Pameran Eksklusif Seniman Populer Sepanjang 2023

14 March 2023   |   18:54 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

di sini, d.l.l. (3 Juni–8 Oktober 2023)

Pameran ‘di sini, d.l.l.’ adalah sebuah ajang yang disusun dari koleksi Museum MACAN. Judul ‘di sini, d.l.l.’ sebagian merujuk pada teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang menjadi gagasan awal dari pameran.

Kemudian, pameran yang terselenggara samapi 8 Oktober 2023 itu juga sebagai bentuk peninjauan kembali sejumlah tema penting sepanjang sejarah seni Indonesia termasuk bentang alam, pengalaman penjajahan, revolusi, dan perkembangan bangsa.
 

Raden Saleh - Javanese Mail Station (1876) (Sumber gambar: Museum Macan)

Raden Saleh - Javanese Mail Station (1876) (Sumber gambar: Museum Macan)



Pameran akan menampilkan karya dari Raden Saleh, S. Sudjojono, I GAK Murniasih, Handiwirman, serta sejumlah akuisisi terbaru di antaranya Ashley Bickerton dan Irfan Hendrian.


Voice Against Reason (25 November 2023–14 April 2024)

Voice Against Reason adalah sebuah proyek kuratorial dan artistik yang menjadi salah satu fokus utama Museum MACAN pada tahun ini. Pameran ini melibatkan perupa dari seluruh dunia yang menitikberatkan pada pada praktik dan perspektif yang muncul dari wilayah Asia Pasifik, khususnya Indonesia dan Asia Tenggara.

Pameran ini membangkitkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai perjalanan waktu yang rapuh dan hidup manusia yang fana, menghubungkan narasi pribadi, sejarah, politik, hingga geografi.

Ditampilkan di seluruh area Museum, daftar lengkap partisipan pameran yang melibatkan para perupa modern penting yang berpengaruh, berdampingan dengan praktik kontemporer terkemuka, akan diumumkan beberapa bulan mendatang.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Begini Cara Memilih Treatment Kecantikan yang Sesuai dengan Kondisi Kulit

BERIKUTNYA

7 Matematikawan Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Al-Khawarizmi hingga Alan Turing

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: