LaboKarya. Dok. Museum MACAN

Seni Bangkit Lagi, Museum MACAN Gelar Kolaborasi LaboKarya dengan Perupa Kontemporer

07 May 2021   |   06:34 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Baru-baru ini, Museum MACAN meluncurkan LaboKarya, menyusul sukses besar inisiatif seni bertajuk Arisan Karya yang diadakan tahun lalu. LaboKarya menjadi ajang bagi perupa dan kolektor dari seluruh Indonesia bersatu untuk mendukung komunitas seni yang terdampak pandemi.

Ajang yang mengusung semangat kolaborasi ini akan memasangkan perupa pilihan dan brand-brand  kreatif untuk berkolaborasi dalam membuat seri objek seni atau art merchandise eksklusif dalam edisi terbatas yang akan dilansir secara publik pada Mei 2021 ini.

Perupa dan brand-brand yang akan berkolaborasi adalah: Uglyism x Girls Pay the Bills, The Goods Dept x Mufti Priyanka, UNKL347 x Agam Dwi Nurcahyo (MAGAFAKA) dan Indofood x Agan Harahap.

Head of Development Museum MACAN Amalia Wirjono mengatakan, keempat pasang kolaborator ini akan bekerja sama membuat objek seni yang inovatif dengan menggabungkan keahlian pengembangan produk yang telah membangun reputasi jenama kreatif terpilih, dan gaya artistik yang khas dari setiap perupa.

Nama LaboKarya sendiri dibentuk dari permainan kata kolaborasi, laboratorium dan karya. Kolaborasi adalah inti dari inisiatif ini, yang juga akan membuka diskusi seputar seni, ekonomi kreatif, dan wujud seni dalam kehidupan kita sehari-hari.

Amalia menambahkan bahwa LaboKarya akan mempertemukan beberapa nama dari dunia seni kontemporer Indonesia dan pemain kunci di industri kreatif lokal untuk menginspirasi penggemar seni, budaya, fesyen, dan musik.

"Berangkat dari pengalaman kami mengadakan Arisan Karya, semangat kebersamaan adalah sesuatu yang kita semua butuhkan setelah setahun dalam isolasi. Kami senang melihat banyak hal mulai membaik tahun ini, dan kami berharap LaboKarya dapat memicu semangat di industri kreatif," ujarnya.

Rangkaian program LaboKarya dimulai dengan LaboKarya Talks pada 5 Mei 2021, sedangkan objek seni kolaborasi perupa dan jenama kreatif dan peluncuran video musik akan dirilis dan tersedia pada 31 Mei 2021 melalui situs www.museummacan.org.

Museum MACAN bekerja sama dengan kelompok musik indie Elephant Kind untuk memproduksi satu video musik yang menampilkan single terbaru mereka.

Video ini disutradarai oleh Art Director Gianni Fajri dan Bonita Rachel dari Maji Piktura dan menjadi bagian dari seri peluncuran produk LaboKarya, dengan menampilkan karya kolaborasi perupa dan jenama di dalamnya.

Menjelang peluncuran, Museum MACAN menghadirkan LaboKarya Talks yaitu program diskusi bersama figur-figur penting di industri seni dan fesyen, mengeksplorasi berbagai topik termasuk peran dan masa depan industri kreatif, mengoleksi objek seni, dan peran perupa dalam ekonomi.

Narasumber diskusi antara lain perupa Agan Harahap, kolektor Axton Salim, juga Nasta Sutardjo dan Dilla Ayu (Uglyism), Anton Wirjono (The Goods Dept) dan Dendy Darman (UNKL347). Seri diskusi akan disiarkan secara virtual sepanjang bulan Mei. 

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Orthopedic Bag, Ransel yang Bisa Jaga Kesehatan Tulang

BERIKUTNYA

Menelusuri Jejak Islam hingga ke Australia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: