Rayhan Noor (Sumber gambar: Sun Eater)

Kisah Paling Personal Rayhan Noor dalam Single Terbaru 'Dari Balik Jendela'

13 March 2023   |   21:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tak perlu waktu yang lama bagi Rayhan Noor untuk merilis karya terbarunya selepas meluncurkan single Mau Tak Mau pada akhir tahun lalu. Solois yang bernaung di label Sun Eater itu baru saja merilis single anyar bertajuk Dari Balik Jendela. Sama seperti karya sebelumnya, lagu ini juga merupakan karya yang personal dari sang penyanyi.

Single Dari Balik Jendela diciptakan oleh Rayhan Noor saat dia sedang berada di titik terendahnya sebagai musisi pada medio 2020. Di tengah kontemplasinya, dia  menyadari sesuatu mengenai perjalanan hidupnya sejauh ini yang kemudian mengubah perspektifnya mengenai gelap terangnya dunia. 

"Saya menyadari fakta yang cukup memilukan bahwa terlepas dari pasang surut yang telah saya hadapi, ternyata dunia tetap terus berjalan. Dari kesadaran tersebut, saya pun kesulitan menyangkal rasa putus asa - termasuk juga rasa insecure dan rasa cemburu saya terhadap dunia di sekeliling saya," ungkapnya. 

Baca juga: Voxxes Kembali Rilis Single Terbaru, Without You, dengan Kisah Percintaan yang Mengharu Biru

Dibutuhkan waktu 2 tahun bagi Rayhan Noor untuk menciptakan manifestasi atas kegelapan hatinya dalam bentuk karya musik. Berdurasi 3 menit 55 detik single Dari Balik Jendela menjadi wujud artikulasi sudut pandang Rayhan Noor terhadap gelap yang dia rasakan dalam sukmanya dan terang yang dia saksikan dari balik jendelanya.

Bagi Rayhan, lagu Dari Balik Jendela adalah wujud pergumulan dirinya dengan benak kelam yang mencoba membuatnya hampir percaya bahwa dunia telah melupakannya. Bahwa, sekeras apa pun dia berusaha, dia tidak akan bisa meniru suka cita dunia dan semua orang yang mengisi hidupnya.

"Akan tetapi, pada akhirnya, saya juga ingin berpesan bahwa di tengah kegelapan tersebut, haruslah kita yang kemudian membawa terang," kata pria yang juga dikenal sebagai vokalis dan gitaris grup band Hindia itu.
 

Artwork single Di Balik Jendela (Sumber gambar: Sun Eater)

Artwork single Di Balik Jendela (Sumber gambar: Sun Eater)


Karya Paling Personal

Sepanjang karier solo yang Rayhan Noor rintis sejak single debutnya yang bertajuk House of Cards pada tahun 2019 lalu, bisa dibilang bahwa Dari Balik Jendela merupakan salah satu karyanya yang paling personal. 

Bahkan, kejujuran dan kompleksitas emosi dalam lagunya itu juga menjadi alasan mengapa Rayhan bersikukuh untuk menggarap dan memproduseri karya tersebut secara tunggal.

"Pada akhirnya, ini adalah kisah saya. Itu artinya hanya saya yang bisa sepenuhnya memahami bagaimana cara menyuguhkan emosi yang saya rasakan ini ke telinga pendengarnya," ucapnya.

Komposisi dan produksi single Dari Balik Jendela yang terinspirasi dari subgenre diary pop mungkin akan sedikit mengejutkan bagi para penggemar musik Indonesia yang familiar dengan karya Rayhan Noor sebagai bagian dari band alternative pop Lomba Sihir.

Walaupun demikian, Rayhan justru percaya bahwa musik yang sejati adalah musik yang juga bersifat katarsis. Sebagai musisi, dia merasa bahwa dirinya tidak boleh takut untuk bertutur secara eksplisit dalam karya-karyanya. "Selama karya tersebut sepenuhnya mencerminkan jati diri sebagai seorang manusia, tidak ada yang perlu saya cemaskan," tegasnya.
 

Single Dari Balik Jendela merupakan bagian dari album perdananya, Menjelang Tiga Puluh, yang akan dirilis pada tanggal 21 Juni 2023 mendatang, bertepatan dengan hari ulang tahun sang musisi yang ke-30 tahun. Album tersebut dibuat sebagai roman autobiographical sang musisi yang hendak menyongsong babak baru dalam hidupnya.

 "Album ini adalah catatan hidup saya sepanjang satu dekade terakhir. Rentetan self-realization yang kemudian berhilir pada tujuan hidup yang ternyata sangatlah sederhana," jelas dia.

Adapun, untuk melengkapi perilisan lagunya, Rayhan Noor juga meluncurkan video klip single Dari Balik Jendela. Klip tersebut bercerita tentang Diana, seorang perempuan yang sedang menjalani kehidupan menjelang 30 tahunnya dengan penuh harapan karena mendapatkan pekerjaan yang diimpikannya.

Namun, adiknya yang notabene lebih muda, mendapat jalan yang lebih mulus. Dia bangga dengan adiknya, namun tak dipungkiri dalam hatinya ada getir yang terasa. Pergolakan emosi Diana inilah yang mewakili kegundahan dalam lirik lagu Dari Balik Jendela yang ditulis Rayhan Noor.

Baca juga: AKB48 Siap Rilis Single Baru, Honda Hitomi Kembali Jadi Center

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Hypereport: Satwa Liar dalam Jerat Konten Medsos & Dilema Konservasi

BERIKUTNYA

Babak 16 Besar Liga Champions, Mission Impossible Liverpool di Markas Real Madrid

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: