Hypevirtual, fitur terbaru Hypeabis.id (Sumber foto: Hypeabis.id)

Sejuta Karya Fotografi Hadir di Hypevirtual & Kilas Foto Hypeabis.id

15 February 2023   |   18:31 WIB
Image
Fajar Sidik Hypeabis.id

Like
Bagi seorang fotografer, karya foto adalah medium komunikasi yang efektif untuk menumpahkan ide dan gagasannya tentang berbagai hal. Di balik setiap bidikan lensanya selalu ada pesan dan makna, sebagai hasil dari perpaduan antara keahlian teknis dan kejelian dalam menangkap setiap momen menjadi karya visual yang menarik.

Apalagi bagi jurnalis foto yang secara profesional memang mengemban tugas untuk menangkap berbagai peristiwa penting sehari-hari, karya-karya foto terbaik diproduksi setiap saat berpacu dengan peristiwa dan momen yang semuanya tidak dapat diulang kembali.

Baca juga: Kepingan Peristiwa 1998

Selama 38 tahun, jurnalis foto Harian Bisnis Indonesia menjalankan tugas sekaligus panggilan profesi yang diemban tanpa lelah, sehingga setiap peristiwa penting dapat dihadirkan kepada pembaca lewat karya visual yang jujur dan apa adanya.

Dalam kurun waktu hampir 4 dekade, ada jutaan dokumentasi fotografi bersejarah yang telah dihasilkan para fotografer profesional harian ekonomi dan bisnis ini, baik berupa foto peristiwa, foto seremonial, foto human interest hingga foto tokoh penting pada setiap masanya, menjadi cerita visual yang menarik bagi khalayak. 

Misalnya tentang potret peristiwa Mei 98. Ada banyak dokumentasi foto yang mengabadikan peristiwa unjuk rasa dan kekacauan situasi selama Mei 1998. Salah satunya foto ribuan mahasiswa yang menduduki Gedung DPR/MPR RI di Senayan, Jakarta adalah objek visual paling banyak ditangkap oleh berbagai media massa pada saat itu.

Selain itu, gambaran tentang situasi mencekam berupa asap hitam mengepul di antara gedung pertokoan dan perkantoran di sejumlah titik di Ibu Kota juga menjadi bukti nyata bahwa pada Mei 98 situasinya benar-benar tidak terkendali akibat amuk massa atas ketidakpuasan terhadap pemerintahan saat itu.

Hypevirtual, fitur menarik terbaru dari Hypeabis.id. (Sumber gambar: Hypeabis.id)

Hypevirtual, fitur menarik terbaru dari Hypeabis.id. (Sumber gambar: Hypeabis.id)

Setelah 30 tahun berlalu, potret kelam tragedi 98 itu coba dihadirkan kembali ke dalam dokumentasi foto digital sebagai bahan refleksi bersama bahwa Bangsa ini telah melalui dinamika sosial politik yang berat sehingga masyarakat menjadi lebih dewasa.

Tidak hanya menampilkan potret unjuk rasa dan kerusuhan, koleksi fotografi dari rekaman peristiwa Mei 98 ini juga menangkap sisi-sisi humanisme dari peristiwa yang tertangkap kamera para jurnalis foto senior Bisnis Indonesia yang bertugas kala itu.

Salah satunya ditunjukan lewat foto para tentara yang berjoget bersama di sela-sela rehat tugasnya mengamankan aksi massa di sekitar Gedung DPR/MPR, Jakarta. Bagaimana pula instabilitas sosial-politik membawa efek rentetan ke berbagai aktivitas sehari-hari seperti kelangkaan bahan bakar minyak yang menimbulkan antrean kendaraan di SPBU, hingga terjadi aksi penarikan dana bank secara besar-besaran oleh para nasabahanya.

Beberapa cerita foto tersebut hanya sebagian kecil dari jutaan aset karya foto Bisnis Indonesia yang selama ini hanya tersimpan di dapur redaksi. Kami meyakini, semua karya fotografi ini akan memiliki nilai lebih jika dapat dinikmati kembali oleh para pembaca, yang kami hadirkan melalui ruang khusus bernama Hypevirtual dan Kilas Foto.

Hypevirtual merupakan galeri fotografi dengan konsep ruang pamer, di mana pengunjung dapat berwisata foto secara virtual. Saat ini, galeri baru tersedia untuk format PC. Sedangkan untuk Kilas Foto merupakan konsep mal karya foto yang dipamerkan di subkanal Hypephoto yang bisa dinikmati oleh seluruh pembaca Hypeabis dari berbagai platform.

Baik Kilas Foto maupun Hypevirtual, keduanya menyajikan karya fotografi Bisnis Indonesia sejak 1985-sekarang yang dapat dibeli langsung di dalam platform, baik ritel ritel perorangan maupun paket untuk kepentingan komersial perusahaan tertentu.

Misalnya, bagi pencinta seni, dokumentasi foto ini dapat menjadi bagian dari karya seni yang nilainya mungkin setara dengan benda artistik lainnya. Bagi sejarawan, bisa menjadikan dokumentasi foto ini sebagai bagian dari dokumen visual yang autentik tentang perjalanan sejarah dan peristiwa tertentu.

Pun bagi kalangan korporasi dan pengusaha, dokumentasi foto Bisnis Indonesia ini dapat menjadi memorabilia sekaligus medium untuk melakukan tapak tilas tentang tonggak perjalanan bisnisnya selama ini.

Baca juga: Tragedi Trisakti 1998

Sebagai media massa yang memberikan pelayanan informasi dalam bentuk artikel, foto, data, infografik hingga video, kehadiran Hypevirtual dan Kilas Foto ini juga menjadi bagian dari upaya kami dalam memberikan solusi menyeluruh. Di sini, pembaca dapat menelusuri kembali perjalanan penting lewat karya-karya foto terbaik yang telah dikurasi, dinarasikan, dan dihadirkan kembali secara eksklusif.

Selamat menikmati karya-karya fotografi terbaik redaksi Bisnis Indonesia, sebagai induk media Hypeabis.id. Kami hadirkan ruang foto ini secara khusus untuk pembaca setia sekaligus sebagai komitmen kami untuk terus menjadi navigasi bisnis tepercaya. 

SEBELUMNYA

Samsung Galaxy S23 Cetak Rekor Pre-Order di Korea, Intip Spesifikasinya yang Canggih!

BERIKUTNYA

Puncaki Top 10 Netflix Indonesia, Intip 5 Fakta Menarik Film Dear David

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: