pilot drone yang bertugas di area migas (sumber gambar : terra drone)

Genhype Ingin Jadi Pilot Drone Profesional? Siapkan 5 Hal Ini

16 August 2022   |   19:43 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tentu sudah tidak asing lagi dengan teknologi drone. Ya, pesawat tanpa awak ini makin dibutuhkan karena  bisa membantu berbagai kegiatan menjadi lebih efisien mulai dari melakukan kegiatan pemetaan, inspeksi peralatan, penyemprotan hingga pemantauan wilayah.

Tentu saja dengan makin tingginya kebutuhan akan pemanfaatan drone tersebut, maka pilot drone ini pun makin dicari. Berdasarkan data dari dronegastor, asosiasi untuk sistem kendaraan tak berawak internasional memperkirakan pada tahun 2025, setidaknya 100.000 pekerjaan akan diciptakan untuk pilot drone.

Meski awalnya drone banyak digunakan untuk kegiatan di industri kreatif, tetapi saat ini jumlah kebutuhan pilot drone justru banyak yang datang dari berbagai industri lainnya seperti industri perkebunan, konstruksi pertambangan, oil and gas, dan pemetaan. 

Baca juga: Sejarah Drone Lekat dengan Dunia Militer

Nah, jika kalian sudah memiliki drone dan berencana meniti karir sebagai pilot drone profesional, maka inilah waktunya. Tentunya keahlian yang mesti disiapkan yaitu berpengalaman menerbangkan drone, tetapi ada hal lain yang dibutuhkan jika kalian ingin berkarir menjadi pilot drone profesional.
 

1. Memiliki sertifikat pilot drone

Jika ingin masuk ke dunia profesional drone sebagai pilot, hal yang paling utama adalah kalian harus sudah mengikuti pelatihan dan memiliki sertifikat pilot drone. Perusahaan industri membutuhkan  seseorang yang sudah memiliki sertifikat pilot drone komersial yang diterbitkan oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).

Michael Wishnu Wardana CEO Terra Drone Indonesia mengatakan pelatihan drone akan mengajarkan kalian secara lengkap mengenai peraturan, pengetahuan dasar dan lanjutan mengenai pilot dan pesawat terbang, mitigasi risiko hingga perizinan.

“Untuk mendapatkannya, maka kalian bisa mengikuti pelatihan seperti di Terra Academy by Terra Drone Indonesia yang sudah diakui oleh DKPPU. Jika sudah mengikuti pelatihan dan dinyatakan lulus, maka kalian akan mendapatkan Remote Pilot Certificate langsung dari DKPPU,” ujarnya.
 

2. Pelajari banyak jenis drone

Banyaknya kesempatan karir menjadi pilot drone saat ini dikarenakan perkembangan teknologinya drone yang sangat cepat. Drone kini ada dalam berbagai macam jenis dan bentuk untuk menyesuaikan kebutuhannya pula. Drone perkebunan kini membawa payload pestisida lebih dari 20 liter, drone migas dilengkapi cangkang untuk menghindari benturan, drone pemantauan dapat terbang hingga tiga jam dan masih banyak lagi.

Hal tersebut menjadi kesempatan besar bagi kalian untuk mencoba dan menentukan drone jenis dan di bidang mana yang paling cocok. Dengan mempelajari dan menguasai banyak jenis drone juga membuka peluang lebih besar untuk berkarir di banyak bidang sebagai pilot drone.
 

3. Berlatih di berbagai area

Menerbangkan drone di area pegunungan dan pinggir pantai pasti  memiliki tantangan berbeda. arah angin dan medan di sekitar lokasi akan membuat kalian bakal menganalisa strategi apa yang paling tepat untuk menerbangkan drone dengan aman.

Perbedaan area pemukiman dan industri juga akan membuat Anda berpikir lebih kritis untuk dapat melakukan mitigasi.  Mempelajari manajemen resiko penerbangan drone juga sangat penting dan harus dilakukan selama penerbangan drone.


4. Perbanyak relasi dengan sesama pilot

Memiliki relasi dengan ketertarikan yang sama akan memudahkan mendapat karir pilot drone. Apalagi kalau kamu baru mendalami dunia drone, tahapan ini sama pentingnya untuk dilakukan.

Usaha mendapat relasi sesama pilot drone bisa dengan mencari komunitas drone di kotamu. Selain itu, bisa juga dengan mengikuti pelatihan drone, karena nantinya membangun relasi sesama peserta maupun instruktur.
 

5. Branding kemampuan sebagai pilot drone

Pengetahuan pengoperasian drone dan relasi sudah didapatkan, skarang tinggal tunjukkan keahlian menerbangkan drone sebanyak mungkin kepada banyak orang. Manfaatkan platform-platform untuk bisa sebarkan pengalaman kalian. Hal ini perlu untuk sebagai bagian personal branding yang ingin berkarir pilot drone, sekaligus berlatih.

Setidaknya dengan mengikuti kelima tahap tersebut, peluang kalian untuk menjadi pilot drone akan lebih besar. Apalagi di Indonesia beberapa industri sudah menyertakan drone sebagai syarat wahana yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)
 
Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

7 Hadiah Anti Mainstream untuk Lomba 17 Agustus

BERIKUTNYA

Mulai Tayang Besok, Serial Serigala Terakhir 2 Hadirkan 8 Episode

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: