Ilustrasi fesyen bergaya otomotif (Sumber gambar: Jakarta Auto Week)

8 Desainer Bakal Unjuk Koleksi Fesyen Ala Anak Otomotif di Jakarta Auto Week

11 March 2023   |   15:17 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Penyelenggaraan Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 yang berlangsung di JCC Senayan Jakarta, bakal dimeriahkan juga dengan ajang fashion show Jakarta Auto Runway (JAR) pada 17 – 18 Maret 2023. Sebanyak delapan desainer anak negeri akan menampilkan koleksi fesyen otomotif terbaiknya.

Kedelapan desainer tersebut akan membawa lebih dari 100 koleksi yang terinspirasi dari beberapa jenis mobil yang dipamerkan di Gaikindo Jakarta Auto Week 2023, baik itu kendaraan listrik, premium, dan perkotaan.

Baca juga: Desainer Temma Prasetio Siap Perkenalkan Tenun NTT di Dubai Fashion Week 2023

Selama dua hari, pertunjukan fesyen akan dibagi menjadi dua sesi setiap harinya. Sesi pertama pada 17 Maret 2023 akan menampilkan koleksi desainer Raegitazoro dan Elima dari pukul 13.00 sampai 14.00 WIB.

Sementara pada sesi kedua, giliran karya dari desainer Tanah Le Sae dan ANW yang dapat dinikmati oleh para pencinta fesyen dari pukul 16.00 sampai 17.00 WIB.

Adapun pada hari kedua, yakni 18 Maret 2023, desainer Wilsen Willim dan IKYK akan menampilkan koleksinya dari pukul 13.00 sampai 14.00 WIB. Pada sesi kedua yang berlangsung dari pukul 16.00 sampai 17.00 WIB, koleksi AMOTSYAMSURIMUDA dan Rinda Salmun akan diperagakan oleh model di atas catwalk.

Project Director Seven Event Vista Limbong mengatakan, penyelenggaraan fashion show sebagai bagian dari Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 itu merupakan bentuk kolaborasi antara industri otomotif dan gaya hidup di dalam negeri.

Dengan perpaduan ini, para pengunjung dapat menyaksikan karya busana dari desainer dalam negeri selain kendaraan baru yang dibawa oleh para agen pemegang merek (APM). Ajang pamer busana ini akan menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

“Keterkaitan industri otomotif dan fesyen menjadi alasan kehadiran Jakarta Auto Runway di GJAW, kolaborasi industri otomotif dan keunikan tema fashion show yang dihadirkan Jakarta Auto Runway tentu menambah daya tarik GJAW 2023,” katanya dalam siaran pers, Sabtu, 11 November 2023.

Sementara itu, Project Director Jakarta Auto Runway 2023 Andia Kusumawardhani mengatakan, industri otomotif dan fesyen bisa menjadi sanat dekat lantaran mobil dan motor bisa menjadi salah satu fashion statement dari seseorang.

Di luar negeri jenama-jenama besar seperti Gucci, Hermes, Givenchy, dan Armani sudah melakukan kolaborasi dengan mobil mewah seperti Mercedes Benz, BMW, dan lainnya.

“Jadi, adanya Jakarta Auto Runway di dalam rangkaian acara GJAW ini bisa menjadi awal yang baik untuk mengembangkan kolaborasi dua bidang ini di Indonesia. Ditambah lagi dengan desain panggung yang disesuaikan dengan tema otomotif yang dinamis," ujarnya.

Desainer Rinda Salmun mengatakan, koleksi yang akan ditampilkan di JAR merupakan perpaduan antara elemen muda, menyenangkan, dan kehidupan urban yang semarak dengan mewah modern yang dinamis. 

Kolaborasi itu dikemas dengan menggunakan teknik pembuatan berupa fesyen daur ulang dan pengelolaan limbah kain. Bagi Rinda, kolaborasi yang terjadi antara industri otomotif dan fesyen dapat mendukung kemajuan keduanya.

Sementara itu, desainer Wilsen Willim mengatakan, menampilkan koleksi dengan gaya urban estetik yang merepresentasikan wanita urban dan mobil selalu menjadi pendamping terbaik bagi gaya berbusana seseorang.

“Oleh karena itu, Jakarta Auto Runway merupakan salah satu cara terbaik untuk mempresentasikan sebuah koleksi pakaian, karena bisa memberikan gambaran yang realistis mengenai kehidupan sehari-hari para pria dan wanita modis,” ujarnya.

Baca juga: Indonesia Fashion Week 2023: Kreasi Menawan Sulam Karawo di Tangan Para Desainer

Untuk diketahui, Jakarta Auto Runway adalah salah satu dari bagian dari perpaduan antara Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 dengan gaya hidup. Selain itu, ajang yang akan berlangsung sampai 19 Maret 2023 ini juga menyelenggarakan Jakarta Concert Week 2023.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ciptakan Transformasi, L'Oréal Berdayakan Perempuan dalam 1 Dekade

BERIKUTNYA

Tim Esports Nasional Targetkan Indonesia Raya Bergaung 6 Kali di SEA Games Kamboja 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: