Maudy Ayunda. (Sumber gambar : Duolingo)

Cerita Maudy Ayunda Tentang Pentingnya Kuasai Banyak Bahasa

09 March 2023   |   21:01 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, menguasai banyak bahasa membuka peluang karier yang lebih cerah. Kamu juga bisa mudah berkomunikasi dan lebih terhubung dengan banyak orang di berbagai belahan dunia. Hal tersebut dirasakan langsung aktris sekaligus penyanyi Maudy Ayunda.  

Saat mengejar gelar master dengan mendapatkan beasiswa di Stanford University, Maudy menyadari betapa kemampuannya berbicara bahasa Inggris sangat mempengaruhi hidupnya. Bahasa tersebut juga membantunya memahami berbagai perspektif lokal dan meningkatkan kemampuan kognitifnya. 

“Mempelajari bahasa baru, terutama bahasa Inggris, telah mengubah hidupku karena memungkinkan aku untuk mendapatkan informasi baru dan memperluas pengetahuan,” ujarnya dikutip Hypeabis.id, Kamis (9/3/2023).
 
Maudy bercerita dia mempelajari bahasa asing sejak dini dengan bersekolah di sekolah internasional. Dia tidak pernah berhenti mengasah kemampuan bahasa asingnya. 

Dia meyakini bahwa dengan mempelajari bahasa asing adalah cara yang efektif untuk memahami budaya lain dan mendekatkannya dengan orang lain. Belajar bahasa asing menjadi sangat bermakna setelah dia bertemu dengan Jesse Choi, seorang pria asal Korea Selatan saat keduanya belajar di Stanford University. 

Untuk membantu menjembatani kesenjangan budaya di antara mereka, Maudy mulai belajar bahasa Korea sementara Jesse belajar bahasa Indonesia. Perbedaan budaya antara Maudy dan Jesse memotivasi mereka untuk saling memahami dengan lebih baik, yang pada akhirnya memperdalam hubungan dan memperkuat ikatan di antara keduanya. 

Baca juga: Begini Kiat Dari Maudy Ayunda Agar Perempuan Tidak Dipandang Sebelah Mata

“Bahasa jugalah memungkinkan aku untuk terhubung dengan orang-orang dari budaya, latar belakang dan pengalaman hidup yang berbeda, sebagaimana bahasa menghubungkan aku dengan Jesse,” tutur Maudy. 

Maudy menyebut saat ini ada beberapa aplikasi untuk belajar banyak bahasa yang bisa dimanfaatkan masyarakat, salah satunya, Duolingo. Aplikasi ini melalui fitur seperti kuis pengucapan, peringkat, badges, dan streaks. 
 
Aplikasi ini menyediakan modul ringkas dan porsi materi yang ideal agar penggunanya fokus pada satu topik, kumpulan kosa kata, atau tata bahasa pada satu waktu. Oleh karena pelajaran dapat diselesaikan dalam 15 menit, pengguna dapat melakukannya di sela-sela rapat, saat istirahat, atau sebelum tidur.              
 
“Aku senang sekarang kami memiliki platform seperti Duolingo yang membuat belajar bahasa baru menjadi lebih menyenangkan dan mudah diakses,” kata Maudy. 
 
Duolingo adalah aplikasi pembelajaran bahasa yang dapat diakses secara gratis dan menawarkan lebih dari 100 kursus. Masing-masing dengan berbagai modul ringkas, dalam lebih dari 40 bahasa. 

Aplikasi yang dibuat pada 2012 ini memiliki lebih dari 60 juta pengguna aktif bulanan per Desember 2022. Pertumbuhan penggunanya di Indonesia pun cukup baik. “Hal ini menunjukkan bahwa banyak orang Indonesia yang bersemangat untuk belajar bahasa baru,” ujar Haina Xiang, Regional Marketing Director for APAC di Duolingo. 

Baca juga: Dulu Insecure, Maudy Ayunda Kini Bangga Punya Gigi Kelinci

Pemilik nama Ayunda Faza Maudya ini diketahui sangat melek akan pendidikan. Dia sempat ditawari dua kampus yang berbeda saat ingin menempuh gelar sarjana, yaitu Columbia University dan Oxford.

Dalam keputusannya Maudy memilih Oxford sebagai tempat melanjutkan studi dengan mengambil jurusan Philosophy, Politics, and Economics (PPE). Di Oxford, Maudy juga pernah menjadi pembicara di Forum Ekonomi Global pada 2015.

Melanjutkan studi S2, Maudy lagi-lagi kebingungan untuk memilih dua kampus terbaik dunia yaitu Harvard dan Stanford. Akhirnya Maudy memilih Stanford University, California, Amerika Serikat dengan jurusan Master of Business Administration (MBA).

Selain itu, penyanyi lagu Perahu Kertas ini mengikuti Joint Degree Program (JDP) yang merupakan kombinasi dua program gelar magister yang dapat ditempuh dalam waktu yang sama oleh mahasiswa di Stanford.

Dia lulus dari studi S2 di Stanford University pada tahun lalu. Saat ini, maudy memiliki tiga gelar yang berderet di belakang namanya yaitu BA, MA, dan MBA. Gelar MA berarti Master of Arts yang didapat Maudy karena berhasil menyelesaikan pendidikan studinya di Oxford University yang mengambil jurusan politik, filsafat, dan ekonomi.

Untuk gelar MBA (Master of Business Administration) diperoleh dari jurusan double degree untuk jurusan bisnis dan pendidikan yang dia ambil di Stanford University.

Sementara itu, Maudy menjadi salah satu dari lima wanita Indonesia yang disoroti dalam Inspiring Women Forbes Indonesia edisi April 2022. Adapun keempat wanita lainnya adalah Febriany Eddy, Carina Joe, Ira Noviarty, dan H. E. Fientje Maritje Suebu.

Forbes Indonesia, dalam unggahan Instagramnya menuliskan Inspiring Women Forbes Indonesia menyoroti kelima kisah wanita tersebut dalam berbagai disiplin ilmu dan lapisan masyarakat yang berbeda, dari ilmuwan, aktris hingga pengusaha sukses.

Forbes Indonesia menjelaskan, kelima wanita, termasuk Muady dipilih berdasarkan pencapaian, konsistensi dan kontribusi mereka kepada masyarakat.

Beberapa waktu lalu, Maudy Ayunda terpilih menjadi Jubir Presidensi G20 karena riwayat pendidikannya yang terbilang bagus. Terlebih Maudy juga menguasai beberapa bahasa asing yang akan membantu sebagai Jubir Presidensi G20.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Cek Jadwal & Tata Cara Penukaran Tiket Konser Arctic Monkeys

BERIKUTNYA

Jadwal MPL ID S11 Pekan ke-4, Persaingan Makin Sengit & Seru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: