Ilustrasi belajar bahasa (Sumber gambar: Pexels/Pixabay)

5 Aplikasi Belajar Bahasa Terbaik 2024, Mudah & Interaktif

15 October 2024   |   08:30 WIB
Image
Muhammad Diva Farel Ramadhan Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Belajar bahasa baru menjadi lebih mudah berkat makin banyaknya aplikasi pembelajaran bahasa yang tersedia. Baik Genhype seorang pemula atau ingin memperdalam keterampilan bahasa, ada aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kalian. 

Berikut ini Hypeabis.id akan mengulas lima aplikasi belajar bahasa terbaik sepanjang 2024: Duolingo, Busuu, Mondly, Drops, dan Pimsleur. Setiap aplikasi ini menawarkan fitur unik yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman belajar.

Baca juga: Rekomendasi Lembaga Kursus Bahasa Inggris, Belajarnya Anti Mainstream
 

1. Duolingo

Duolingo tetap menjadi pilihan utama bagi pelajar bahasa berkat strukturnya yang menyenangkan dan menyerupai permainan. Aplikasi ini menggunakan antarmuka yang berwarna dan pelajaran singkat yang lebih mirip permainan ketimbang sesi belajar pada umumnya. 

Pada 2024, Duolingo memperkenalkan jalur pembelajaran yang dipersonalisasi dengan teknologi AI yang menyesuaikan kekuatan dan kelemahan masing-masing pengguna, sehingga memberikan pengalaman yang lebih khusus. Aplikasi ini juga memberi penghargaan kepada pelajar dengan streaks dan badge.

Selain kursus standar, Duolingo sekarang menyertakan Duolingo Max, yang memberikan akses ke latihan percakapan yang didukung AI. Ini memungkinkan pengguna berinteraksi secara real-time dengan chatbot, meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengarkan mereka. Meski versi gratis dari aplikasi ini sudah sangat lengkap, langganan premium akan menghapus iklan dan menawarkan fitur tambahan seperti akses offline.
 

2. Busuu

Busuu dikenal dengan pendekatan yang lebih terstruktur dan komprehensif, menawarkan pelajaran mendetail yang mencakup tata bahasa, kosakata, latihan berbicara, dan mendengarkan. 

Salah satu fitur unggulannya adalah kesempatan untuk menerima umpan balik dari penutur asli di komunitas Busuu, yang dapat secara signifikan meningkatkan pengucapan dan kefasihan. Interaksi ini membuat Busuu sangat menarik bagi mereka yang mencari pengalaman belajar yang lebih sosial dan interaktif.

Aplikasi ini juga menggunakan ulasan cerdas bertenaga AI, memungkinkan pengguna untuk mengulang dan berlatih kata serta frasa yang sulit pada waktu yang tepat untuk membantu retensi. Mode offline Busuu sangat ideal bagi pelajar yang sering bepergian, dan langganan premium membuka akses ke kursus bahasa lengkap, termasuk pelajaran khusus untuk perjalanan, bisnis, dan tata bahasa.
 

3. Mondly

Mondly menonjol karena penggunaan teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) untuk meningkatkan pengalaman belajar bahasa, yang telah menjadi tren besar pada 2024. Aplikasi ini menawarkan pelajaran dasar, pengenalan suara untuk meningkatkan pengucapan, dan latihan percakapan, namun inovasinya yang sesungguhnya terletak pada alat VR dan AR-nya. 

Fitur imersif ini menciptakan skenario pembelajaran bahasa dalam kehidupan nyata, seperti memesan makanan di restoran atau meminta petunjuk arah. Hal ini memberikan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif bagi pengguna.

Pelajaran Mondly secara visual juga sangat cocok untuk pemula. Aplikasi ini menawarkan tantangan harian yang kompetitif dan membuat pengguna untuk tetap termotivasi dan melacak kemajuan mereka. 
 

4. Drops

Drops menghadirkan pendekatan unik dalam pembelajaran bahasa dengan fokus pada pembelajaran berbasis visual. Aplikasi ini dirancang untuk pelajar yang suka belajar melalui asosiasi gambar, dengan setiap kata dan frasa yang diajarkan ditampilkan bersama gambar-gambar yang menarik.

Drops memiliki pelajaran singkat yang dibatasi hingga 5 menit. Hal tersebut memudahkan mereka yang sibuk namun ingin tetap konsisten belajar setiap hari. Drops juga telah memperkenalkan lebih banyak fitur permainan yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan poin dan penghargaan berdasarkan progres mereka. 
 

5. Pimsleur

Bagi pelajar yang lebih suka pendekatan berbasis audio, Pimsleur tetap menjadi salah satu pilihan terbaik pada 2024. Sebuah program pembelajaran bahasa yang dikembangkan oleh Dr. Paul Pimsleur ini, menawarkan metode pengajaran unik yang menekankan pada pengulangan terstruktur dan pengingatan pada interval waktu tertentu. 

Metode ini dirancang untuk memperkuat daya ingat melalui jeda waktu antara proses belajar dan recall. Kursus Pimsleur menawarkan konten berkualitas tinggi, terutama bagi pelajar dewasa yang sering kali kesulitan dengan pengucapan karena cenderung menggunakan pola bunyi dari bahasa asli mereka.

Keunikan Pimsleur adalah pendekatannya yang berfokus pada audio, di mana pengguna diajak mendengar dan mengucapkan kata-kata sebelum melihatnya dalam bentuk tulisan. Ini sangat membantu mereka yang ingin berlatih sambil melakukan aktivitas lain atau yang lebih menyukai pembelajaran berbasis suara. Aplikasi ini cocok untuk pelajar bahasa di berbagai tingkat, mulai dari pemula hingga menengah ke atas.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek Sinopsis Sampai Jumpa, Selamat Tinggal yang Jadi Pembuka Jakarta Film Week 2024

BERIKUTNYA

Hypereport: Geliat Industri Fashion Indonesia dan Posisinya di Kancah Global

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: