Game Cities: Skylines (Sumber: Paradox Interactive/Colossal Order)

5 Mod Esensial yang Wajib Dipakai di Game Cities: Skylines 

07 March 2023   |   19:01 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Permainan simulasi membangun dan mengelola kota merupakan salah satu genre yang populer di kalangan gamer. Kesenangan menata wilayah agar lebih indah hingga kerumitan mengurusi detail pengembangan sebuah kota menjadi keseruan dan tantangan tersendiri saat bermain gim-gim model ini.

Ada banyak judul permainan simulasi jadi ‘gubernur’ sebuah wilayah. Salah satu yang paling tenar adalah Cities: Skylines yang dikembangkan oleh Colossal Order dan diterbitkan oleh Paradox Interactive. Gim ini pertama kali dirilis pada 2015 untuk platform komputer pribadi (Windows, MacOS, dan Linux). 

Kendati sudah berusia 8 tahun, video game itu hingga sekarang masih banyak dimainkan. Bahkan, telah dibuat versi remastered dengan tampilan yang lebih ditingkatkan untuk konsol generasi mutakhir, PlayStation 5 dan Xbox Series X/S yang rilis pada Februari 2023. 

Baca juga: 10 Game Paling Dinantikan yang Rilis Maret 2023 

Terbaru, dalam gelaran daring bertajuk Paradox Announcement Show 2023 yang disiarkan Selasa (7/3/2023), penerbit gim tersebut resmi mengumumkan kehadiran proyek sekuelnya yang diberi nama Cities: Skylines II. Mereka menyatakan bahwa permainan ini bakal jadi gim simulasi kota paling realistis yang pernah dibuat. 

Paradox Interactive mengatakan sekuel gim itu akan meningkatkan dan mengembangkan mekanisme pembangunan kota yang lebih advance, termasuk sistem transportasi dan ekonomi yang lebih riil, pilihan penyesuaian mekanisme konstruksi, hingga kemampuan mod tingkat lanjut. 

Masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai Cities Skylines II selain pengumuman dan peluncuran cuplikan video (trailer) perdananya. Sayangnya, video yang ditampilkan masih berupa animasi, bukan tampilan riil gameplay. Selain itu, perusahaan juga belum mengumumkan jadwal rilis pastinya, hanya menyebut bahwa gim ini akan meluncur pada tahun ini. 
 

Layaknya permainan digital lain, Cities: Skylines memungkinkan para gamer memanfaatkan berbagai mods sesuai kebutuhan. Mod merupakan kependekan dari ‘modifikasi’ yang merujuk pada perubahan satu atau lebih aspek dalam gim video, seperti tampilan, cara berinteraksi, kecepatan permainan, dan lain sebagainya. 

Tentu saja, gim ini dapat dijalankan secara normal tanpa menggunakan mod apa pun. Hanya saja, untuk lebih memaksimalkan permainan dan melakukan personalisasi lebih lanjut, dibutuhkan tool. Di platform seperti Steam, ada banyak mod yang bisa dipakai oleh para pemain gim ini secara gratis. 

Mulai dari fitur untuk mengatur kecepatan gameplay hingga pengaturan lalu lintas, berikut ini adalah daftar mod esensial atau dasar yang harus dimiliki para pemain gim simulasi Cities: Skyline
 

1. Speed Slider V2 

Di dalam gim Cities: Skylines, pengembang telah menyediakan fitur pengaturan kecepatan gameplay secara general. Para pemain bisa menentukan kecepatan dalam tiga kategori, dengan skala satu ke tiga yang berarti normal hingga sangat cepat. Namun, banyak orang yang merasa pergerakan standar/normal gim ini masih terlalu cepat. 

Buktinya, dalam skala kecepatan 1x para pemain masih kesulitan untuk memilih mobil atau orang yang ingin ditelisik lebih jauh. Untuk itu, kreator dari komunitas membuat mod Speed Slider V2 yang memungkinkan pengaturan kecepatan lebih luas, mulai dari 1 hingga 300 persen dari yang disediakan dalam gim. 
 

2. Move It 

Bangun-membangun adalah salah satu esensi dari bermain gim simulasi kota. Untuk itu, keterampilan membangun sangat dibutuhkan, dan hal tersebut bisa lebih ditingkatkan dengan memanfaatkan tool bernama Move It. Mod ini juga masih dalam daftar teratas mod paling banyak dipakai sepanjang gim dirilis. 

Move It memungkinkan para pemain untuk memilih, memindahkan, dan menyelaraskan berbagai hal di dalam gim serta memberi kendali lebih luas atas lanskap wilayah yang akan dibangun. Ini termasuk bangunan, pohon, prop, hingga jalanan dan objek lainnya. 
 

3. Find It! 2

Mod lain yang jadi penting untuk dimiliki dalam gim ini adalah Find It! 2. Seperti namanya, alat ini memungkinkan para pemain mencari berbagai aset yang ada dengan lebih mudah. Permainan Cities: Skylines memiliki sangat banyak aset. Belum lagi, jika pemain menambahkan mod item atau aset lain dari luar permainan, sehingga fitur seperti ini akan sangat membantu. 
 

4. Extra Landscaping Tools 

Pengembangan kota dalam gim ini sangat tergantung pada peta yang dipilih. Kondisi topografi peta akan berpengaruh pada setiap pilihan zonasi hingga proses detail pengembangan wilayah. Secara default, pengembang memang telah menyediakan fitur untuk melakukan pengeditan topografi wilayah. 

Namun, mod Extra Landscaping Tools memberikan kontrol yang lebih luas lagi. Mod ini tidak hanya memungkinkan pengguna untuk menempatkan berbagai sumber daya alam, hingga pilihan brush yang dapat dikonfigurasi. Dengan begitu, pemain bisa lebih leluasa membangun kota impian dengan kondisi peta yang sesuai. 
 

5. Traffic Manager: President Edition 

Boleh dibilang, salah satu tantangan utama membangun sebuah kota yang makin besar ada di bagian sistem transportasi. Biasanya, semakin maju wilayah yang dikembangkan, semakin tinggi potensi macet terjadi di berbagai titik. Arus lalu lintas yang kian kompleks bisa bikin penat. 

Untuk mengurangi kepusingan tersebut, pemain bisa memanfaatkan mod Traffic Manager: President Edition yang menambahkan sejumlah fitur powerful. Mod ini memungkinkan kalian untuk menyesuaikan parkir hingga jalanan dan rel kereta api dengan cermat, termasuk penambahan tanda stop, prioritas jalur, dan aturan jalan melingkar. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Game Ringan Untuk PC, Anti Lag dan Seru!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

SKKNI Bidang Perfilman Perlu Direvisi untuk Tampung Profesi Baru di Industri Film Nasional

BERIKUTNYA

Trailer Serial Citadel Tampilkan Aksi Mata-Mata Mendebarkan, Segera Rilis di Prime Video

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: