Ilustrasi mobil listrik (Sumber gambar: Chuttersnap/Unsplash)

Tak Hanya Ramah Lingkungan, Cek Ragam Keuntungan Menggunakan Mobil Listrik

06 March 2023   |   21:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Kepopuleran mobil listrik kian meroket dalam beberapa waktu belakangan. Meski tak semua pengguna langsung pindah hati ke kendaraan bertenaga baterai ini, beberapa pembeli mulai menimbang untuk meminangnya seiring dengan kehadiran sejumlah model mobil listrik yang ditawarkan oleh produsen otomotif.

Kehadiran mobil listrik salah satunya memang bertujuan untuk mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan, lantaran tidak menghasilkan emisi gas buang dan tidak bising. Selain itu, beberapa agen pemegang merek kendaraan juga mengklaim bahwa konsumsi daya mobil listrik lebih irit dibandingkan dengan mobil konvensional berbahan bakar bensin.  

Baca juga: 4 Jenis Mobil Listrik yang Perlu Genhype Ketahui

Alasan lainnya yang cukup menjadi pendorong seseorang memilih mobil listrik adalah alasan kepraktisan dalam perawatan hingga dorongan gaya hidup kekinian yang dapat menjadi pembeda bagi sebagian masyarakat urban.  

Nah, berikut ragam keuntungan yang ditawarkan dari penggunaan mobil listrik yang dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber resmi. Yuk simak!
 

Ilustrasi mobil listrik (Sumber gambar: Chuttersnap/Unsplash)

Ilustrasi mobil listrik (Sumber gambar: Chuttersnap/Unsplash)

 

1. Nol Emisi & Irit

Dikutip dari Good Energy UK, mesin penggerak dalam mobil listrik beroperasi pada sirkuit tertutup sehingga tidak mengeluarkan gas yang kerap menyumbang pemanasan global, karena kendaraan listrik tak memerlukan bensin yang terkait jejak karbon.

Laporan California Air Resources Broad menyebutkan, penggunaan mobil listrik tidak memakan biaya sebesar mobil dengan penggunaan bahan bakar lainnya alias lebih irit. Biaya pengisian bahan bakar hanya menghabiskan sekitar setengah harga dari mobil dengan bahan bakar bensin untuk menempuh jarak yang sama.


2. Hemat Biaya Perawatan

Begitu pun dengan biaya perawatan yang tidak memerlukan penggantian oli, busi baru, atau filter bahan bakar. Bantalan rem juga lebih awet dengan mode pengereman regeneratif. Semua itu akan mempengaruhi penurunan biaya pemeliharaan secara keseluruhan.

Mesin yang menggunakan bensin dan diesel memerlukan biaya perawatan mesin yang mahal dalam masa pakai. Menurut Good Energy UK, mesin dengan mode pembakaran mesin menggerakan ratusan bagian yang menguras energi, sementara mobil listrik tak sebanyak itu. Mobil listrik memiliki biaya perawatan jangka panjang yang lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan bahan bakar lain.


3. Handling yang Stabil

California Air Resources Broad juga menyebut jika mobil listrik memiliki stabilitas yang lebih baik. Inilah yang membuat mobil listrik terasa menyenangkan untuk dikendarai. Performa yang berkualitas dengan akselerasi yang cepat membuat torsi puncaknya dihasilkan dalam keadaan diam. Mobilnya dibuat lebih ringan dengan kinerja tenaga yang stabil.

Handling mobil listrik jga terbilang nyaman. Kemasan baterainya di bagian tengah sehingga berpengaruh pada gravitasi kendaraan yang meminimalisir risiko terguling saat menikung. Penempatan kemasan baterai ini membuat bobot mobil listrik terdirtibusi dengan baik dan stabil.


4. Suara Mesin Lebih Senyap

Mobil berbahan bakar bensin kerap menganggu dengan suaranya yang berisik. Mobil listrik hadir dengan suara mesin yang lebih senyap. Ini cukup membantu bagi penyuka mobil yang ringan dan tidak menimbulkan suara yang kencang. Mobil listrik bisa menjadi pilihan yang menarik untuk orang yang tinggal di lingkungan yang memerlukan ketenangan dari suara.

Dilansir dari Tree Hugger, mobil listrik lebih senyap daripada mobil bensin karena tidak memiliki mesin pembakaran internal. Ini terjadi secara alami pada mobil listrik. Sementara pada mobil berbahan bakar bensin membutuhkan pembakaraan saat tekanan silinder berubah. Meski demikian, mobil listrik masih bisa mengeluarkan suara jika terjadi hambatan pada ban atau angin.


5. Menekan Polusi

Keuntungan dalam menghindari polusi memang bukan menjadi keuntungan pribadi, melainkan keuntungan bersama. Penelitian dari Energy Innovation dan University of California memperkirakaan  dunia bisa menekan biaya US$1,3 triliun untuk penanganan lingkungan dan kesehatan pada 2050. Angka ini juga terkait dengan penyakit akibat polusi dan gas emisi.

Baca juga: Wuling Air ev Jadi Opsi Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau

Penggunaan jaringan listrik dalam mobil menandakan input energi terbarukan yang seiring meningkat akan mempengaruhi manfaat kesehatan pada manusia. Hal ini juga senada dengan laporan Net-Zero America Princeton yang menyebut bahwa listrik nol karbon pada kendaraan elektronik bisa menghindari kematian dini hingga 170.000 orang.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Dapat Subsidi dari Pemerintah, Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Membeli Kendaraan Listrik

BERIKUTNYA

Tayang di Indonesia, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba to The Swordsmith Village Agendakan Special Screening

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: