Wuling Air ev (Sumber gambar: Fajar Sidik/Hypeabis.id)

Wuling Air ev Jadi Opsi Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau

14 August 2022   |   06:49 WIB
Image
Fajar Sidik Hypeabis.id

Like
Era kendaraan listrik di Tanah Air rupanya tiba lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya. Salah satu yang menjadi tonggak pasar mobil listrik tahun ini adalah kehadiran mobil listrik mungil dengan harga terjangkau, yakni Wuling Air ev yang dirilis dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show pada 11 Agustus 2022.  

Wuling meluncurkan mobil listrik pertama untuk Indonesia sekaligus menjadi perilisan global untuk model Air ev tersebut. Terdapat dua tipe Air ev yang diluncurkan, yakni Standard Range yang dibanderol Rp238 juta, dan Long Range yang dibanderol Rp295 juta (OTR Jakarta). 

Kedua model ini memiliki beberapa kesamaan mulai dari kapasitas untuk 4 penumpang, sistem pengisian baterai yang mudah bisa dilakukan di rumah, jaminan baterai tahan air, dan dua buah air bag pada bagian depan. Nah untuk melihat spefisifikasi apa saja yang tersedia pada fitur Air ev ini, yuk simak beberapa perincian informasi berikut ini.

Baca jugaBerakhir Pekan di GIIAS 2022? Jangan Lupa Test Drive Kendaraan Listrik
 

Wuling Air ev

Wuling Air ev

 

Air ev Standard Range

Sebagai model standar dengan harga paling terjangkau, tipe ini memiliki baterai Lithium Ferro-Phosphate; IP67 rating berkapasitas 17.3 kWh/115 V, yang dapat dikendarai dengan jarak tempuh 200 kilometer.

Untuk pengisian daya baterai dari nol sampai penuh diperkirakan sekitar 8 jam 30 menit dengan menggunakan charger 2.0 kW AC yang dapat dilakukan di rumah.  Adapun motor listriknya berkapasitas 30 kW dengan penggerak roda belakang, serta didukung transmisi single reduction gear dan sistem kemudi Electric Power Steering.

Untuk dimensinya, tipe standar ini memiliki panjang 2,97 m, lebar 1,5 m dan tinggi 1,6 m dengan sumbu roda 2,01 m. Adapun ukuran velg 12 inci dan ukuran ban 145/70R12 dilengkapi dengan sistem pengereman cakram pada roda depan dan rem tromol pada roda belakang.

Baca jugaTertarik Beli Mobil Listrik? Yuk Cek Harganya dari Termurah hingga Termahal

Untuk bagian interior memang dominan berbahan plastik pada area dashboard dan sarung jok kain. Terdapat beberapa tempat penyimpanan pada pintu dan konsol tengah, meskipun tidak besar sesuai dengan desainnya yang kompak.

Terdapat lima pilihan warna yang terlihat segar dan menjadi pilihan yang menarik untuk model kendaraan perkotaan yaitu Pristine White, Avocado Green, Lemon Yellow, Peach Pink dan Galaxy Blue. 

Wuling Air ev

Wuling Air ev

 

Air ev Long Range

Sesuai namanya, untuk tipe tertinggi ini memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dan daya jelajah yang lebih jauh. Dengan dukungan baterai Lithium Ferro-Phosphate; IP67 rating, tipe ini memiliki kapasitas daya mencapai 26.7 kWh/115 V yang mampu dikendarai hingga 300 kilometer.

Selain itu, durasi pengisian daya dapat dilakukan dalam 4 jam di rumah dengan menggunakan alat pengisian berkapasitas 6,6 kW AC. Adapun motor listriknya memiliki kapasitas 30 kW, dan masih berpenggerak roda belakang serta dukungan sistem tranmisi yang simpel single reduction gear.

Bagian interior tipe ini memakai lapisan kulit sintetis pada semua jok, dan yang menonjol adalah kehadiran layar lebar berukuran 10,25 inci dilengkapi dengan Smart Start System dan konsol tengah yang futuristik. Untuk dimensi kendaraan, sistem kemudi dan sistem rem, serta pilihan warnanya tetap sama dengan fitur standar.  
 

Wuling Air ev

Wuling Air ev


Wuling mengklaim Air ev ini didesain dengan mengedepankan beragam kemudahan serta teknologi pintar untuk mendukung gaya hidup eco-friendly. "Mobil listrik berdimensi compact ini sebagai bukti Wuling untuk mempertegas komitmen investasi bagi perkembangan industri otomotif di Indonesia dengan menghadirkan teknologi yang ramah lingkungan dengan tagline Drive For A Green Life,” ujar Arif Pramadana, Vice President Wuling Motors saat peluncuran di GIIAS.

Menurutnya, Wuling Air ev menonjolkan kemudahan berkendara untuk menembus tantangan lalu lintas di perkotaan. Mobil tanpa emisi ini cocok untuk semua segmen pasar, terutama buat kalian yang ingin berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menjalani gaya hidup ramah lingkungan.

Air ev dibekali dengan berbagai fitur modern yang inovatif, seperti Intelligent Tech-Dashboard, Multifunction Steering Wheel, Integrated Floating Widescreen, serta Futuristic Center Console. Meskipun modelnya mungil, namun ruang kabin tetap roomy dan nyaman dengan konfigurasi 4-seater.
 

Wuling Air ev

Wuling Air ev



"Mobil ramah lingkungan ini memiliki berbagai keunggulan, mulai dari kemudahan pengisian daya yang dapat dilakukan di rumah, keamanan baterai yang terjamin, sampai dengan rangka yang kokoh, serta airbag membuat konsumen dapat merasa tenang dalam menggunakannya." 

Tersedia juga beragam fitur cerdas yang memudahkan saat berkendara yaitu berupa Wuling Remote Control App dengan fasilitas Internet of Vehicle, dan perintah suara berbahasa Indonesia dengan WIND. Wuling mencatat ribuan pre-book Air ev dalam periode 11 Juli-10 Agustus 2022, dan masih bertambah setelah resmi dirilis di GIIAS 2022.
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Mengumpulkan Jejak Sejarah Indonesia yang Tercecer dari Negeri Paman Sam

BERIKUTNYA

Chintya Gabriella Ajak Pendengar Move On lewat Single Tak Apa Tanpamu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: