Muffest+ 2023 Digelar Mulai 7 Maret (Sumber Foto: Muffest+ 2023)

Catat, Ajang Fesyen Busana Muslim Terbesar di Indonesia Muffest+ 2023 Digelar Mulai 7 Maret

04 March 2023   |   20:11 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Ajang mode busana muslim terbesar di Indonesia, Muslim Fashion Festival atau MUFFEST+ akan digelar pada 7-10 Maret 2023. Pada tahun kedelapannya MUFFEST+ bersinergi dengan Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia.

Mengangkat tema “Unlock Global Opportunities with MUFFEST+”, MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST, gelaran ini akan berlangsung di Ballroom dan Denpasar Room, The Westin Jakarta. 

Baca juga: 34 Tahun Eksis di Dunia Fesyen Muslim, Ranti Hadirkan Koleksi Golden Sahara

Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) mengatakan bahwa kehadiran MUFFEST+ bertujuan untuk wadah pengembangan kreativitas dan inovasi industri fesyen muslim khas Indonesia, sebagai gaya hidup baru yang akan menarik perhatian dunia.

"Kami berharap MUFFEST+ dapat memperkuat posisi dan citra positif fesyen muslim Indonesia di mata dunia. Melalui MUFFEST+, Indonesia dapat menunjukkan kepada dunia bahwa gaya fesyen muslim Indonesia memiliki potensi untuk berkembang secara global,” paparnya dalam acara konferensi pers Muffest+ di Westin Jakarta, Jumat (3/3/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut, Ira Dunggio Ahli Muda Bidang Perluasan Pasar Kemenkop UKM. Menurutnya, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar ketiga di dunia dengan pemasukan di bidang fesyen muslim mencapai Rp300 triliun.

Namun, sampai saat ini belum ada produk yang mengglobal. Lebih lanjut, Kemenkop UKM akan mengupayakan pengembangan UMKM sektor tekstil dan fesyen dan menggiatkan pemasaran untuk memperluas pasar UMKM.

"Salah satu bentuk dukungannya yakni dengan memfasilitasi UMKM untuk berpameran di MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST, di samping itu juga mendirikan rumah produksi bersama untuk mendorong pengembangan UMKM," ujar Ira.

Dia berharap semoga perhelatan ini terus berkelanjutan dan berkesinambungan untuk memperkuat UMKM yang siap masuk pasar internasional. MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 akan menghadirkan rangkaian acara berupa Fashion Show karya 200 desainer, Trade Show 150 brand, International Guest Designers, MYDC (Modest Young Designer Competition), The Next Face 2023 Model Search, Talkshow, dan Seminar Fashion Trend Forecasting.

Semua koleksi yang ditampilkan dalam MUFFEST+ 2023 meliputi ragam gaya busana muslim mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i. Beragam karya akan ditampilkan dari desainer dan brand kenamaan Indonesia, seperti Barli Asmara, Dian Pelangi, Nada Puspita, Restu Anggraini, Jenahara, Buttonscarves, Jenna&Kaia, Benang Jarum, kami., ZM Zaskia Mecca, Artkea Stripes & IKYK, Èl Abrar by Mihalul Abrar, Brilianto, MUDA, Zeta Privé, HijabChic, Aleza, Nadjani, Geulis, Aleabe.

Indah, perwakilan dari Buttonscarves di gelaran Muffest+ 2023, akan membawakan tema The Dream Capsule. Melanjutkan konsep yang pernah ditampilkan di New York Fashion Week, Buttonscarves akan memamerkan koleksinya pada 10 Maret pukul 16.30 WIB di runway Muffest+ 2023.

"The Dream Capsule akan menampilkan koleksi ready to wear yg menunjukan identitas wanita muslim modern," ujarnya.

Ada juga koleksi dari brand Kami. yang akan menampilkan busana muslim untuk lebaran yang terinspirasi dari konsep kebaikan. Mengusung tema Forward kindness, koleksi Kami. akan didominasi oleh motif floral.

Selanjutnya ada brand Aleza yang akan menampilkan warna-warna tenang dan menyejukkan yang terinspirasi dari forest atau keindahan hutan. Kemudian Barli Asmara yang mengangkat tema victorian klasik dengan detail lace fabric.

MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 dipersembahkan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Bank Indonesia, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), dan didukung penyelenggaraannya oleh Ditali Cipta Kreatif.

Baca juga: Wastra Wonders, Tampilkan Desain Fesyen Kekinian Berbahan Wastra Nusantara

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Tips Berinvestasi Saham bagi Pemula Biar Enggak Boncos

BERIKUTNYA

Guns N' Roses & Arctic Monkeys Siap Guncang Glastonbury Festival 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: