Andrea Tanzil (Sumber gambar: Sony Music Entertainment Indonesia)

Penyanyi Pendatang Baru Andrea Tanzil Debut Single Uneasy

01 March 2023   |   11:44 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Nama Andrea Tanzil atau yang akrab disapa Andy mungkin terdengar baru di belantika musik Indonesia. Namun, kepiawaiannya dalam mengolah suara dan bermain gitar yang sering direkam ke dalam video singkat dan diunggah ke media sosial, berhasil memikat label Sony Music Entertainment Indonesia untuk mengajaknya bekerja sama.

Andy sempat tak percaya saat pihak dari salah satu label musik mayor itu mengontaknya untuk mengajak kerja sama. Pasalnya, menurutnya, namanya tidak terlalu dikenal di kalangan pencinta musik Tanah Air ditambah saat itu dia juga sudah jarang mengunggah karyanya di media sosial lantaran sedang fokus pada studinya.

"Tapi, setelah berbicara dengan tim label, aku jadi tertarik untuk mencoba. Sejak masuk label, gairahku terhadap musik yang sempat terpendam dua atau tiga tahun, kini muncul lagi," katanya dalam keterangan resmi.

Baca juga: Ungkapan Rasa Sayang Kaleb & Ruth Garcia dalam Single All That I Needed

Kini, Andy pun mantap untuk menapaki kariernya di industri musik dengan merilis single debut berjudul Uneasy. Andy mengatajan cerita dalam lagu ini terinspirasi dari pengalaman pribadinya yang menurutnya juga dialami oleh banyak orang.
 

Andrea Tanzil (Sumber gambar: Sony Music Entertainment Indonesia)

Andrea Tanzil (Sumber gambar: Sony Music Entertainment Indonesia)

Uneasy bercerita tentang dua orang yang berada dalam satu hubungan, tetapi sudah tidak ada percikan asmara, jarang berkomunikasi, dan tidak ada lagi perasaan cinta seperti dulu.

Namun, keduanya masih sama-sama sayang, sehingga mereka tidak tahu apakah harus menyudahi saja hubungan mereka atau tetap lanjut. "Sebagian orang tentu pernah atau malah sedang berada dalam posisi ini," ujarnya.

Proses Penggarapan Lagu
Diakui oleh Andy proses penggarapan lagu Uneasy sendiri memakan waktu cukup lama hingga 5 bulan, mulai dari menentukan ide lagunya sampai proses rekaman. Untuk single perdananya ini, penyanyi yang masih menempuh pendidikan di UGM itu memang cukup serius dan totalitas dalam menggarapnya.

Dia banyak belajar dengan mencoba membuat lagu sendiri dan ikut berbagai workshop untuk memperkaya khasanah musiknya. Meski awalnya ragu untuk menunjukkan karya musiknya, Andy akhirnya percaya diri lantaran selama prosesnya dia mendapatkan dukungan penuh dari timnya.

“Awal-awalnya aku agak gugup dan tidak yakin untuk bernyanyi di depan orang lain. Tapi, mereka membantuku memunculkan rasa percaya diri sehingga aku berani mengeluarkan suara asliku,” ungkapnya.
 

Andrea Tanzil (Sumber gambar: Sony Music Entertainment Indonesia)

Andrea Tanzil (Sumber gambar: Sony Music Entertainment Indonesia)

Andy mengatakan menggarap single perdananya ini pun memberikan pengalaman baru baginya. Mencari mood, melodi, dan lirik yang tepat agar bisa menyampaikan kisah yang dia inginkan adalah beberapa faktor yang dianggapnya cukup menantang selama proses penggarapan lagu.

Tantangan utama dalam membuat lagu ini, paparnya, yakni menciptakan musik yang memiliki karakter kuat dengan suaranya, baik itu dari segi tema, genre yang dia suka, hingga lirik, sehingga memberikan kesan karya yang segar dan tidak hanya mengikuti musik yang sedang tren.

Single Uneasy mengusung nuansa musik R&B dengan sedikit sentuhan balad. Meski memilih genre R&B untuk lagu debut, Andy tidak menutup kemungkinan untuk mencoba genre lain, seperti pop atau hip-hop. Berani mencoba adalah prinsipnya dalam mewujudkan cita-cita sebagai penyanyi dan penulis lagu yang sukses.
 

Sebagai penyanyi pendatang baru, Andy memiliki tekad yang kuat untuk bisa mengekspresikan dirinya melalui musik dengan tidak terbatas pada satu genre musik saja. "Selain itu, aku ingin bisa membuat karya yang bagus, relate, catchy, dan mudah didengar oleh orang-orang yang menikmati musikku," ujar penyanyi yang mengidolakan Ariana Grande itu.
 
Andy berharap single pertamanya ini akan disukai para pencinta musik serta membuat orang-orang terdekatnya merasa bangga. Lewat karyanya ini, dia juga ingin memberikan semangat kepada anak muda di luar sana yang sedang berjuang dengan kekuatan mereka sendiri, untuk percaya dalam mewujudkan semua impian dan cita-cita mereka.

“Semoga siapapun yang mendengar akan tersentuh karena melodinya enak dan merasa terhubung dengan kisah yang diangkat," ujarnya.

Baca juga: Widi Asmoro Rayakan Kehidupan Rumah Tangga lewat Single We Love Life

Namun, dia juga tidak memungkiri bahwa di single perdananya ini masih banyak hal yang perlu diperbaiki. Menurutnya, proses penggarapan lagu Uneasy bisa menjadi pembelajaran penting agar bisa menghasilkan karya yang lebih baik lagi dan lebih bisa menghibur untuk ke depannya.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Tiga Playlist Pilihan Spotify Hadir di Tiga Bar Jakarta, Yuk Cek Lokasinya!

BERIKUTNYA

Rocky ASTRO Hengkang dari Agensi Fantagio, Kontrak Eksklusif Tak Berlanjut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: