Ilustrasi makanan bernutrisi. (Sumber foto: Pexels/Vanessa Loring)

Kiat Memenuhi Nutrisi Tubuh Saat Jalani Program Diet

28 February 2023   |   20:06 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Banyak orang salah kaprah mengenai diet. Ada yang diet dengan hanya mengkonsumsi protein, sama sekali tidak mengkonsumsi karbohidrat, atau bahkan dengan mengurangi porsi makanan secara ekstrim. Hal-hal seperti ini harus dipahami dan dihindari ketika diet karena akan mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tubuh yang sehat datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Meskipun penurunan berat badan bukan satu-satunya cara untuk mencapai hidup yang lebih sehat, dan tidak semua orang perlu mengejar penurunan berat badan, diet mungkin sesuatu yang ingin kalian usahakan untuk merasa sehat.

Ditambah dengan olahraga teratur, pola makan dapat memengaruhi kesehatan kalian. 

Baca juga: Diet Sukses Tubuh Jadi Bergelambir? Begini Cara Mengatasinya
  
Diet adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga badan tetap ideal agar bisa lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Perlu diingat, bahwa diet ada untuk menjaga badan tetap ideal; bukan membuat badan menjadi kurus karena penurunan berat badan yang cepat dapat membuat tubuh menjadi kendur dan bergelambir. 

Maka dari itu, agar diet bisa berhasil, kita harus memperhatikan asupan nutrisi harian yang masuk ke dalam tubuh dan menjaga tubuh tetap kencang.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan ketika melaksanakan diet?


1. Perhatikan Kandungan Kalori yang Dikonsumsi

Memperhatikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh merupakan inti dari program diet. Mengapa penting? Hal ini disebabkan karena kalori yang masuk ke dalam tubuh akan pecah dan membentuk energi sehingga apabila kita mengonsumsi kalori sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan, lemak dalam tubuh jadi tidak bertumpuk karena sudah terbakar menjadi energi. 


2. Olahraga Secara Rutin

Bukan hanya saat melaksanakan program diet, olahraga secara rutin pun sebenarnya sangat penting untuk dilaksanakan oleh siapapun. Alasannya adalah karena dengan berolahraga, bukan hanya jasmani kita yang sehat melainkan juga rohani kita. Namun, di luar itu semua, dengan rutin berolahraga, seperti jalan kaki selama 15 menit setiap hari, yoga, dan senam pagi, tubuh akan lebih banyak membakar kalori yang masuk ke tubuh sehingga tidak ada lemak yang bertumpuk di dalam tubuh. Dengan begitu, bentuk tubuh akan lebih ideal. 
 

Ilustrasi olahraga. (Sumber foto: Pexels/cottonbro studio)

Ilustrasi olahraga. (Sumber foto: Pexels/cottonbro studio)

 

3. Nikmati Makanan yang Lebih Sehat

Mengadopsi gaya makan baru yang mendorong penurunan berat badan harus mencakup penurunan total asupan kalori. Tetapi mengurangi kalori tidak berarti menghilangkan rasa, kepuasan, atau bahkan kemudahan dalam menyiapkan makanan.

Salah satu cara Anda dapat menurunkan asupan kalori adalah dengan mengonsumsi lebih banyak makanan nabati — buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Upayakan variasi untuk membantu kalian mencapai tujuan tanpa mengorbankan rasa atau nutrisi.

Genhype juga bisa mengikuti tips berikut:
  • Makan setidaknya empat porsi sayuran dan tiga porsi buah setiap hari.
  • Ganti biji-bijian olahan dengan biji-bijian utuh.
  • Gunakan lemak sehat dalam jumlah sedang, seperti minyak zaitun, minyak sayur, alpukat, kacang-kacangan, selai kacang, dan minyak kacang.
  • Kurangi gula sebanyak mungkin, kecuali gula alami dalam buah.
  • Pilih produk susu rendah lemak dan daging tanpa lemak serta unggas dalam jumlah terbatas.


4. Ubah Perspektif tentang Diet

Tidak cukup makan makanan sehat dan berolahraga hanya beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan jika kalian menginginkan pengelolaan berat badan yang berhasil dalam jangka panjang. Kebiasaan ini harus menjadi gaya hidup. Perubahan gaya hidup dimulai dengan melihat secara jujur pola makan dan rutinitas harian.

Setelah menilai tantangan pribadi untuk menurunkan berat badan, cobalah menyusun strategi untuk secara bertahap mengubah kebiasaan dan sikap yang telah menyabotase usaha keras di masa lalu. Kemudian bergerak lebih dari sekedar mengenali tantangan - rencanakan bagaimana kalian akan menghadapinya jika ingin berhasil menurunkan berat badan untuk jangka panjang.

Genhype mungkin akan mengalami kemunduran sesekali. Namun, alih-alih menyerah sepenuhnya setelah mengalami kemunduran, mulailah dengan segar keesokan harinya. Ingatlah bahwa kalian berencana untuk mengubah pola hidup menjadi lebih baik dan proses ini tidak bisa dicapai sekaligus. Tetap berpegang pada gaya hidup sehat kalian dan hasilnya akan sepadan. 

Baca juga: Hypereport: Berbagi Kisah Sukses Diet yang Bukan Untuk Ditiru

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

3 Tip Belanja Pakaian yang Sesuai dengan Gaya Outfit Kalian

BERIKUTNYA

Jadwal MPL ID S11 Week 3,  ONIC Bakal Ketemu EVOS Legends

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: