Ilustrasi seseorang sedang berbelanja pakaian (Sumber gambar: Mart Production/Pexels)

3 Tip Belanja Pakaian yang Sesuai dengan Gaya Outfit Kalian

28 February 2023   |   19:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Dahulu, fesyen mungkin hanya dianggap sebagai kebutuhan dasar masyarakat akan pakaian. Namun, dengan semakin mudahnya akses informasi, fesyen juga menjadi cara sebagian besar orang untuk mengekspresikan karakter, mood, perasaan, sekaligus kesukaannya terhadap sesuatu. Tak ayal, perkembangan tren fesyen sangat dinamis dari waktu ke waktu.

Kondisi ini pun membuat preferensi fesyen orang-orang saat ini semakin beragam, sehingga mendorong brand fesyen untuk terus beradaptasi dan berinovasi agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang bervariasi. Namun, di tengah beragamnya produk fesyen, tak jarang membuat konsumen cenderung impulsif untuk membeli pakaian.

Baca juga: 4 Inspirasi Outfit yang Kece Abis ala Aktor & Aktris Film & Serial

Dengan begitu, bukan tak mungkin kalian akan menyesal di kemudian hari bahwa pakaian yang kalian beli tidak sesuai dengan karakter dan kesukaan kalian, terlebih jika kualitas pakaian yang dibeli tidak sesuai keinginan. Oleh karena itu, penting untuk benar-benar memilih pakaian terbaik yang sesuai dengan gaya atau style kalian dengan beberapa tip berikut ini.


1. Tentukan personal style

Kunci utama untuk selalu tampil chic bukanlah selalu menggunakan tren teranyar maupun rancangan desainer fesyen internasional, melainkan memahami gaya seperti apa yang paling cocok untuk kalian.

Dengan mengetahui apa personal style yang sesuai dengan preferensi, kalian dapat mengekspresikan diri melalui pakaian yang selaras dengan kepribadian dan persona yang ingin ditampilkan, sekaligus merasa lebih nyaman dan percaya diri saat beraktivitas sehari-hari. 

Jika baru mulai mencari personal style, mungkin cukup membingungkan harus memulai darimana. Agar lebih mudah, kalian bisa mencari inspirasi dari berbagai sumber seperti gaya selebriti favorit, media sosial, hingga majalah fesyen.

Namun, jangan sampai lupa bahwa gaya fesyen adalah hal yang relatif, sehingga outfit yang terlihat bagus saat dikenakan orang lain belum tentu akan terlihat sama untuk kalian. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan postur tubuh dan warna kulit saat memilih cutting, model, serta warna outfit yang akan kalian kenakan.

Selain itu, hal yang harus diutamakan saat memadupadankan outfit dan memilih personal style adalah rasa nyaman saat menggunakan fesyen tersebut. Jika kalian  menyukai style yang boyish, kalian bisa mengandalkan fashion items kasual seperti boyfriend jeans yang dipadukan dengan oversized t-shirt dan sepatu sneaker.

Namun, bila kalian lebih menyukai gaya berpakaian feminin, bisa lebih banyak mengenakan rok atau dress dengan warna soft seperti beige dan pink, blouse dengan motif floral, dan melengkapi penampilan dengan aksesoris elegan seperti kalung dan cincin berwarna rose gold
 

Penting untuk menentukan personal style sebelum berbelanja pakaian (Sumber gambar: Mart Production/Pexels)

Penting untuk menentukan personal style sebelum berbelanja pakaian (Sumber gambar: Mart Production/Pexels)

2. Cek semua detail pakaian

Saat ini, sebagian besar masyarakat lebih memilih berbelanja secara daring tak terkecuali dalam membeli produk fesyen. Berbelanja baju secara online memang memberikan kemudahan untuk mencari berbagai model pakaian berbeda dengan lebih mudah.

Hanya dengan mencari menggunakan kata kunci atau keyword, kalian sudah dapat menemukan produk yang diincar dengan cepat dan praktis. Namun, bagi sebagian orang yang menjadi kesulitan saat berbelanja baju online adalah memilih ukuran serta bahan yang pas dan sesuai.

Untuk mengantisipasi hal ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengukur tubuh kalian mulai dari lingkar pinggang, bahu, dada, paha, hingga lengan. Dengan begitu, kalian bisa lebih mudah mengetahui ukuran baju yang harus dipilih karena biasanya penjual akan mencantumkan detail ukuran dan bahan di bagian Spesifikasi dan Deskripsi Produk.

Jika masih ragu dan membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai detail produk, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan penjual melalui fitur chat. Kalian juga bisa cek ulasan pembeli lain di bagian Penilaian Produk agar mendapatkan gambaran yang semakin jelas mengenai barang yang ingin kalian beli.


3. Pilih toko yang terpercaya

Setelah mengetahui style dan detail outfit yang ingin dibeli, kalian perlu memastikan untuk memilih toko yang terpercaya. Jika kalian membeli baju secara langsung di toko fisik, hal ini tentu bukan menjadi masalah. Lain halnya jika kalian membelinya secara daring, kalian harus memilih toko terpercaya yang menjual pakaian dengan kualitas yang bagus.

Biasanya, toko-toko yang terpercaya di sejumlah e-commerce akan memiliki tanda khusus semacam official account bahwa mereka memang toko yang terkurasi. Namun, jika tidak memiliki tanda seperti itu, kalian harus betul-betul mengecek track record dari toko tersebut dari kolom review yang biasanya tersedia di akun mereka.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Ramaikan Bioskop 2023, Cek Film yang Wajib Kalian Tonton

BERIKUTNYA

Kiat Memenuhi Nutrisi Tubuh Saat Jalani Program Diet

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: