Manfaat Susu Unta (Sumber Foto: pexels)

Manfaat Susu Unta untuk Pengidap Diabetes, Simak Apa Saja Kandungan Gizinya

28 February 2023   |   20:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kanker dan diabetes adalah dua masalah kesehatan paling umum yang dihadapi banyak orang di dunia. Oleh karenanya penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengatur pola makan sehat. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi susu.

Kita tahu susu sapi mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Namun, ternyata susu unta pun tak kalah dahsyat manfaatnya. Mengutip dari Times of India, penelitian menunjukkan bahwa susu unta mentah lebih efektif khasiatnya untuk pengidap diabetes daripada susu sapi.

Susu unta memiliki rasa yang manis dan tidak terlalu asin, selain itu teksturnya pun sangat creamy. Di Indonesia sendiri, mengonsumsi susu unta memang terdengar aneh dan unik. Tidak seperti susu sapi atau susu kambing yang sudah biasa diminum.

Kandungan vitamin di dalam susu unta sangat beragam, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, kalsium, kalium, magnesium, tembaga, zat besi, dan fosfor. Jika dilihat dari nilai gizinya, kandungan protein, kalsium, lemak, dan zat besi dari susu unta dan susu sapi cukup mirip.

Baca juga: Diabetes di Depan Mata, Begini Cara Terhindar dari Faktor Risiko

Terdapat antioksidan, imunoglobulin, dan laktoferin yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi dari paparan penyakit. Susu unta memiliki jumlah karbohidrat yang lebih rendah, sehingga baik untuk pasien diabetes. Di samping itu juga mengandung lebih sedikit laktosa yang bertanggung jawab atas kenaikan kadar gula darah, sehingga baik untuk penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Endocrinology and Metabolism, ditemukan bahwa rajin mengonsumsi susu unta ternyata baik untuk pengidap diabetes. Dalam penelitian tersebut, sebanyak 20 pasien diabetes diminta mengonsumsi 500 ml susu unta selama 2 bulan. Hasilnya ditemukan bahwa susu unta membantu meningkatkan kadar insulin dan juga berkontribusi pada kontrol glikemik.

Namun, ternyata susu unta lebih cocok dikonsumsi mentah. Sebaliknya, jika direbus dulu justru dapat mengurangi kandungan gizinya. Mengonsumsi dua cangkir atau sekitar 500 ml susu unta mentah setiap hari dapat membantu meningkatkan kadar gula darah.

Selain itu, manfaat lainnya dari susu unta adalah baik untuk meningkatkan fungsi otak pada anak dengan spektrum autisme, pengidap penyakit neurodegeneratif, seperti Parkinson dan Alzheimer. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat ini.

Meskipun banyak penelitian menyebutkan bahwa susu unta dinilai aman, tetapi disarankan agar kita berkonsultasi dulu dengan praktisi kesehatan. Hal ini lantaran susu unta mengandung banyak vitamin K yang mungkin memiliki efek yang tidak baik pada tubuh.

Adapun susu unta biasanya tidak dipasteurisasi terlebih dahulu. Susu yang tidak dipasteurisasi dapat meningkatkan risiko keracunan makanan, infeksi, bahkan gagal ginjal. Juga dikhawatirkan mengandung virus penyebab MERS (Middle East respiratory syndrome).

Oleh karenanya, pastikan untuk mengonsumsi susu unta yang sudah dipasteurisasi supaya lebih terasa khasiatnya dan minumlah susu ini secukupnya saja.

Baca juga: Alasan Susu Kental Manis Tidak Boleh Jadi Konsumsi Harian, Bisa Bikin Kecanduan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Mengenal Teknik Cyrotherapy untuk Kecantikan Kulit, Bisa Dilakukan di Rumah pakai Es Batu?

BERIKUTNYA

Apa Itu Sindrom Tourette yang Diderita Penyanyi Lewis Capaldi?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: