Skema terbaru Free Fire Esports 2023 (Sumber gambar: Garena)

Cek Skema Baru Free Fire Esports Sepanjang 2023, Ada Turnamen Baru!

24 February 2023   |   17:13 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Selain sebagai developer game, Garena ikut mendorong industri esports dalam berbagai turnamen game yang mereka besut sendiri. Terkenal dengan game Free Fire, berbagai turnamen esports game di kelas regional hingga dunia pun telah diselenggarakan dalam beberapa tahun terakhir.

Sudah lama menyelenggarakan berbagai pertandingan game, Garena menjanjikan jika skema game Free Fire dalam dunia esports akan dibuat semakin menantang lagi. Hal ini ditujukan agar para gamers profesional semakin mahir beradaptasi dengan berbagai format hingga lawan-lawannya di  dunia esports.

Sama seperti tahun sebelumnya, beberapa turnamen game Free Fire akan digelar sepanjang 2023 ini. Misalnya Free Fire Master League (FFML) yang diselenggarakan untuk mencari tim terbaik dari 18 tim terkuat yang berlaga di kompetisi game ini. Tahun ini, FFML sudah memasuki season ke-7 dan siap digelar mulai 3 Maret 2023.

Baca juga: Ini Tip Masuk Weapon Glory Leaderboard Free Fire ala SES Bara, Pilah Pilih Lokasi Turun!

Berbagai tim-tim yang tak asing lagi seperti EVOS Divine, RRQ Kazu, hingga SES Alfaink yang diambil dari total 11 tim FFML Season VI Divisi 1, 3 tim FFML Season VI Divisi 2, dan 4 tim dari babak Kualifikasi FFML Season 7.

Mereka akan bertanding dalam regular season dan grand finals, di mana regular season digelar dengan format grup mencari 12 tim terbaik untuk lolos ke grand finals dengan cara mencari siapa tim yang menjadi pemuncak klasemen grand finals. Seluruhnya akan bertarung untuk mewakili Indonesia di turnamen selanjutnya dari Garena.

Bukan Free Fire World Series (FFWS), kali ini  Garena menghadirkan rangkaian pertandingan esports pada 2023 dengan turnamen baru bernama Free Fire SEA Invitational (FFSI). Juara dan tiga tim yang berhasil memuncaki klasemen sebagai top four akan mewakili Indonesia di  ajang FFSI tersebut.

FFSI pun menambah jajaran turnamen Free Fire yang sudah berlangsung reguler di tahun sebelumnya. Sebagai turnamen terbaru, FFSI mengkompetisikan pertarungan sejumlah region yang kometitif. Tahun ini, FFSI akan membuka turnamen Free Fire 2023 pada Mei 2023 yang digelar selama 3 pekan.  

Selama 3 pekan tersebut, FFSI akan mempertemukan total  18 tim esports dari wilayah Vietnam, Indonesia, Thailand, MEA, Taiwan, dan Pakistan.

Kemudian seperti biasanya, FFWS akan tetap menjadi turnamen Free Fire kelas tertinggi yang dilangsungkan Garena. FFWS akan menutup rangkaian panjang turnamen Free Fire sepanjang 2023 yang akan diselenggarakan pada November.

Kompetisinya mempertaruhkan seluruh tim terkuat esports Free Fire secara global. Peserta akan hadir dari berbagai wilayah selain Asia Pasifik, termasuk juga Brasil dan Amerika Latin.

Menariknya, Garena akan menghadirkan format baru untuk dua turneman internasional tersebut. Hal yang paling membedakan dari turnamen lainnya adalah format kompetisi dan durasi kompetisinya yang lebih panjang. Akan ada dua fase yang terbagi menjadi group stage dan grand finals. Pada fase group stage, 18 tim akan bertarung dalam 2 pekan untuk mengamankan posisi 12 besar.

Seluruh tim akan dibagi ke dalam tiga grup yang masing-masingnya diisi 6 tim. Ada 6 pertandingan yang mempertemukan dua grup di babak group stage. Sementara pada fase grand final, skema terbaru dibuat dengan format liga.

Dari 12 tim yang lolos di group stage, mereka akan bertanding dalam 18 round selama 3 hari. Siapa pun tim yang memiliki akumulasi poin tertinggi dari 12 tim maka akan dinobatkan sebagai juara untuk FFSI atau FFWS.

Baca juga: Lebih Seru dan Menantang, Game Free Fire Hadirkan Patch Baru

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

6 Ide Meal Prep yang Praktis & Hemat Waktu, Cocok untuk Pemula

BERIKUTNYA

Ini Bahaya Propofol Bagi Tubuh Ketika Digunakan Secara Ilegal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: