Ide meal prep (Sumber gambar: iStockphoto/Lithiumcloud)

6 Ide Meal Prep yang Praktis & Hemat Waktu, Cocok untuk Pemula

24 February 2023   |   22:31 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Buat Genhype yang malas masak, pasti sudah terbayang duluan bagaimana repotnya persiapan untuk memasak. Mengiris, memotong, mengupas bumbu–bumbu, belum lagi peralatan masak yang menumpuk, sedangkan kalian sudah merasa kelaparan. Apalagi di tengah-tengah kesibukan kerja, makan enak namun tetap praktis saat ini, it’s a must!

Tak ada salahnya mencoba meal prep. Singkatan dari meal preparation ini adalah kegiatan mempersiapkan makanan dalam jumlah besar untuk dimakan pada hari-hari berikutnya. Dalam beberapa tahun terakhir, meal prep telah menjadi semakin populer, terutama di kalangan yang ingin memperbaiki pola makan, menghemat waktu dan uang, serta memastikan asupan nutrisi yang sehat.

Meal prep bisa dilakukan dengan berbagai cara, dari memasak semua makanan pada akhir pekan dan menyimpannya dalam wadah atau kantong makanan, hingga memasak sehari-hari tetapi dalam jumlah besar sehingga kalian memiliki cadangan makanan untuk beberapa hari ke depan. Tergantung pada preferensi, gaya hidup, dan jadwal, kalian dapat menyesuaikan cara meal prep yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Simak 7 Manfaat Meal Prep yang Perlu Kamu Ketahui

Ada beberapa keuntungan dari meal prep. Pertama, menghemat waktu dan uang. Meal prep memungkinkan kalian untuk memasak makanan dalam jumlah besar, sehingga tidak perlu memasak setiap hari. Ini tentunya akan menghemat waktu karena kalian tidak perlu lagi memikirkan apa yang akan dimasak setiap hari. Selain itu, membeli bahan-bahan dalam jumlah besar juga dapat membantu dalam menghemat uang.

Kedua, memastikan asupan nutrisi yang sehat. Dengan memasak makanan sendiri, kalian dapat mengontrol bahan-bahan yang digunakan dan memastikan bahwa makanan yang dimakan sehat dan bergizi. Kalian juga dapat menyesuaikan porsi dan jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi.

Selanjutnya, meal prep berguna untuk membantu kesehatan. Meal prep dapat membantu kalian mencapai tujuan kesehatan seperti menurunkan berat badan, membangun otot, atau meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Kalian dapat memasak makanan yang sesuai dengan rencana diet  dan memastikan kebutuhan nutrisi.

Terakhir, membantu menghindari makanan cepat saji. Meal prep juga dapat membantu untuk menghindari makanan cepat saji dan camilan yang tidak sehat. Dengan memiliki makanan yang sudah disiapkan di rumah, Genhype tidak perlu lagi membeli makanan di luar yang mungkin mengandung banyak garam, gula, atau lemak.

Ingin mencoba? Hypeabis punya ide makanan atau item yang praktis (quick – prep) yang sebaiknya ada di kulkas atau di dapur, bahkan mungkin di pantry kantor.  Bayangkan deretan makanan ini sebagai fast food atau ngemil yang sehat! 


1. Overnight Oats

Oat menjadi salah satu biji-bijian yang paling sehat dan mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan penting. Bahan makanan ini mempunyai karbohidrat kompleks yang membuat kalian kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Rendah indeks glikemik. Dan,  oat pun bisa buat sarapan padat namun simpel untuk memulai hari, dan lebih baik daripada sereal yang kaya gula.

Resep simpel yang bisa kalian terapkan adalah merendam oat dalam susu kedelai atau susu nabati semalaman mungkin. Berikan yoghurt lalu taburkan biji chia untuk meningkatkan protein yang lebih banyak. Kalau terasa hambar , tambah sedikit madu atau potongan buah juga bisa.


2. Nuts/kacang- kacangan

Segenggam kacang setiap hari (sekitar 30 gram) punya banyak manfaat kesehatan, mulai dari menurunkan kolesterol hingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Lemak sehat yang ada pada kacang membantu merasa kenyang lebih lama dan menjadi penekan nafsu makan alami.

Kacang-kacangan tertentu seperti almond juga merupakan sumber kalsium dan protein yang baik dan bisa jadi pengganti ngemil  menjadi sehat dibanding Genhype minum teh dengan kudapan manis. Quick breakfast dengan kacang-kacangan dan susu kedelai atau susu kacang mede bantu kalian menambah energi untuk beraktivas ketika terburu-buru.


3. Paket sup siap saji

Sup (Sumber gambar: Pexels/Roman Odintsov)

Sup (Sumber gambar: Pexels/Roman Odintsov)

Sup bisa jadi comfort food yang simpel dan sehat  karena biasanya sudah mencukupi kandungan vitamin untuk tubuh. Kalian bisa pilih minestrone atau sup sayuran.  Sebelum membeli, pastikan sup siap saji memiliki bahan-bahan sehat dan dibuat tanpa bahan pengawet. Mereka biasanya dipasteurisasi dan disegel untuk bagian chiller.

Cara tahunya bagaimana? Semakin singkat kadaluwarsa berarti semakin sehat produk itu. Bahkan, sup gourmet generasi baru lebih enak dan lebih sehat, dan cukup mirip dengan apa yang kalian buat di rumah. Bedanya, preparasi kalian untuk menyiapkannya cukup sederhana, hanya perlu memanaskannya dan menyajikannya. Selalu simpan beberapa bungkus di rumah untuk persiapan di kala kalian sibuk.


4. Frozen Fruit dan Vegies

Pasti kalian pernah beli atau simpan sayuran atau buah-buah untuk persiapan yang cukup lama. Tapi perlu Genhype tahu, sayuran dan buah-buahan ada “umur”nya lho!

Jadi yang aman sayur dan buah-buahan itu bisa dibekukan dulu. Mungkin sedikit makan waktu, cuci bersih buah lalu dikeringkan hingga benar – kering lalu simpan dengan plastik ziplock atau wadah kedap udara lalu masukkan ke frezeer.

Hal yang sama bisa dilakukan dengan sayur, tapi mungkin harus potong-potong dulu, jadi ketika kalian ingin mengolahnya ready to cook! Keuntungan dari sayuran dan buah-buahan beku adalah bahwa mereka dipanen pada saat prima, kemudian dibekukan untuk mempertahankan nutrisi. Kalian juga bisa buat smoothies lho!


5. Pisang

Tahukah kalian pisang bisa jadi camilan sehat karena buah ini kaya akan potasium, vitamin, dan anti-oksidan dan praktis untuk disimpan di rumah. Rendah kalori dan hampir bebas lemak, dapat dijadikan membuat camilan sebelum dan sesudah latihan yang baik, berkat dorongan energi yang diberikannya.

Potongan pisang dapat ditambahkan oat bisa menjadi camilan cepat dan praktis saat bepergian. Tergantung pada seberapa matangnya saat dibeli,  yang pasti semakin hangat suhunya, semakin cepat matang. Masukkan ke dalam lemari es atau freezer untuk memperlambat proses pematangan. Kalian bisa juga membuat smoothies atau ice cream buah yang creamy untuk ngemil sehat.


6. Salad Jar

Salad Jar (Sumber gambar: Unsplash/Mariana Medvedeva)

Salad Jar (Sumber gambar: Unsplash/Mariana Medvedeva)

Apakah kalian menghindari membuat salad di rumah karena selalu berpikir akan lembek? Coba sedikit berinovasi. Kalian bisa menyusun sayuran salad di toples kaca untuk mencegah sayuran menjadi kotor sebelum makan siang. Lapisi produk yang lebih kuat, seperti mentimun dan paprika, di atas saus salad.

Kemudian simpan sayuran hijau atau biji-bijian, quinoa bisa menjadi alternatif pada bagian atas salad. Jika kalian ingin menyimpan salad selama beberapa hari, letakkan kotak tisu di atasnya untuk menyerap kelembapan. Atau solusi bebas kekacauan, dressing salad bisa ditempatkan terpisah.

Baca juga: Sarapan Sehat, Icip Resep Savoury Oatmeal dari Chef Reynold Poernomo Yuk!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Siap-Siap, Belanja Masyarakat pada Ramadan Bakal Meningkat Lagi

BERIKUTNYA

Cek Skema Baru Free Fire Esports Sepanjang 2023, Ada Turnamen Baru!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: