Penting untuk memilih asuransi jiwa yang sesuai kebutuhan (Sumber gambar: Lifepal)

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat

22 February 2023   |   09:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ada banyak hal tak terduga yang bisa terjadi dalam hidup, baik itu hal baik maupun buruk. Untuk menghadapi ketidakpastian ini, asuransi jiwa dibutuhkan sebagai perlindungan diri. Asuransi jiwa merupakan jaminan perlindungan finansial terhadap ahli waris apabila tertanggung meninggal dunia atau cacat tetap total.

Dengan asuransi jiwa, maka masa depan keluarga akan terjaga jika suatu saat terjadi risiko yang tidak diharapkan. Lantaran produk proteksi satu ini penting, maka perlu dipastikan dalam memilih asuransi jiwa terbaik dan terpercaya. Jangan hanya tergiur premi murah, kalian juga harus memastikan jaminan perlindungan dari produk asuransi yang hendak diambil.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Asuransi


Kriteria Asuransi Jiwa Terpercaya

Memilih produk asuransi jiwa tentu tak boleh sembarangan. Pasalnya, produk yang dipilih akan menyangkut masa depan kalian. Sebelum menentukan pilihan asuransi mana yang akan digunakan, maka sebaiknya kenali dulu apa saja kriteria atau ciri asuransi jiwa yang bagus dan terpercaya, menurut Benny Fajarai selaku Co-Founder Lifepal.
 

1. Terdaftar di OJK & memiliki reputasi baik

Memastikan perusahaan asuransi sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tergabung dalam Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menjadi salah satu indikator yang wajib diperhatikan saat hendak memilih asuransi jiwa.

Untuk diketahui, AAJI merupakan asosiasi yang berwenang untuk mengadakan dan memberikan ujian lisensi kepada para tenaga pemasar asuransi profesional di seluruh Indonesia. 

Tak hanya itu saja, mengetahui perusahaan asuransi memiliki reputasi bagus alias kredibel menjadi indikator lainnya, bahwa asuransi jiwa yang dipilih terbaik dan terpercaya. Salah satu cara termudah mengecek reputasi perusahaan asuransi adalah mencari informasi atau berita terkait perusahaan tersebut. Hindari perusahaan asuransi yang memiliki banyak catatan hitam, seperti masalah penipuan, gagal klaim, dan sebagainya. 
 

2. Memberikan manfaat yang memadai

Uang pertanggungan asuransi jiwa memberikan manfaat kepada ahli waris. Oleh karena itu, salah satu ciri asuransi jiwa terbaik dan terpercaya adalah memberikan manfaat uang pertanggungan memadai dan sesuai perhitungan premi.

Jika kalian menginginkan uang pertanggungan lebih besar, maka premi yang harus dibayarkan juga lebih tinggi. Namun, pastikan perbandingan besaran premi dan uang pertanggungan masuk akal. 


3. Memiliki premi yang terjangkau

Asuransi yang bagus umumnya menyediakan berbagai pilihan premi, dari premi terjangkau hingga tinggi. Besaran premi asuransi jiwa ini biasanya terkait jenis produk asuransi yang dipilih, baik itu asuransi jiwa term life atau whole life. 

Asuransi jiwa term life umumnya memiliki premi yang lebih terjangkau, karena masa perlindungannya lebih singkat. Sementara itu, asuransi jiwa whole life preminya lebih mahal lantaran menawarkan masa perlindungan hingga seumur hidup.


4. Menawarkan pengembalian premi 

Beberapa asuransi jiwa memang tidak dapat dicairkan jika tidak terjadi klaim. Meski begitu, ada produk asuransi jiwa term life yang menjanjikan pengembalian premi dengan persyaratan tertentu. Premi ini akan dikembalikan jika selama masa perlindungan tidak terjadi klaim. Dengan begitu, perusahaan tidak perlu melakukan pembayaran uang pertanggungan. 
1
2


SEBELUMNYA

Road Roots Awali 2023 dengan Single berjudul Pernah Bersama

BERIKUTNYA

ARMY Merapat, Jimin Siap Rilis Album Debut Solo FACE Bulan Depan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: