Dropbox kemasan bekas Blibli (Sumber gambar: Blibli)

Kemasan Bekas Jadi Reward Poin Belanja, Begini Cara Blibli Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2023

22 February 2023   |   12:47 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Indonesia memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2023 pada 21 Februari setiap tahunnya. Warga Indonesia diajak untuk peduli dengan kebersihan dan pemilahan sampah di hari peringatan ini. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kesadaran tentang pengelolaan sampah.

Pengelolaan ini termasuk pemanfaatan dan jenis sampah yang dibedakan dalam tiga klasifikasi yaitu organik, anorganik, dan sampah dengan bahan beracun. Memang dibutuhkan inisiatif yang kreatif untuk mendorong kesadaran masyarakat dengan pengelolaan sampah. Salah satunya adalah memberikan hadiah atau reward kepada masyarakat.

Platform marketplace, Blibli melakukan cara kreatif itu. Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Blibli menyebarjkan gerakan untuk mengembalikan kemasan bekas belanja online. Sebagai gantinya, pelanggan bisa mendapat 10 rewards poin yang bisa digunakan untuk belanja.

Baca juga: Kurangi Sampah Plastik di Lautan, ASDP Letakkan Mesin ini di Berbagai Pelabuhan

Poin itu 10 kali lebih tinggi dari poin belanja online biasa. Penukarannya dapat dilakukan lewat kurir Blibli Express Service (BES). Selain diberi hadiah 10 poin reward, pelanggan juga akan menyumbang satu bibit pohon dengan cara mengembalikan setiap 10 kemasan kardus belanja.

“Poin reward tersebut dapat digunakan untuk berbelanja kembali di ekosistem Blibli Tiket, baik itu belanja aneka kebutuhan di Blibli, pesan berbagai jenis tiket dan kamar hotel di tiket.com, atau belanja groceries berkualitas premium di Ranch Market lewat aplikasi Blibli, ungkap Lisa Widodo, COO & Co Founder Blibli.

Cara ini dilakukan Blibli sebagai gerakan mengajak masyarakat mengadopsi gaya hidup eco-conscious dan mendukung ekonomi sirkular, sesuai dengan visi perekonomian berkelanjutan menuju Indonesia 2045. Salah satunya dengan upaya pengelolaan sampah yang berkelanjutan termasuk daur ulang sampah operasional dan kardus belanja online.

Sebelumnya, Blibli juga sudah membuka layanan pengumpulan sampah dengan upaya pengelolaan menjadi filler packaging dan konversi jumlah sampah yang dikumpulkan pelanggan di berbagai lokasi di Indonesia. Sepanjang 2022, program ini sudah mengumpulkan 30 ribu kemasan kardus bekas, melonjak tiga kali daripada partisipasi di 2021.

Begitupun dengan program 10 kardus bekas yang setara dengan satu bibit pohon. Tertanam sekitar 3.000 bibit pohon mangrove di kawasan pesisir Tambakrejo, Semarang, Jawa Tengah sepanjang 2022 lalu.

Blibli mengajak pelanggannya untuk berpartisipasi dengan program cinta lingkungan ini. Berikut cara mengembalikan sampah kemasan belanja online melalui kurir BES untuk mendapat reward poin belanja:
  1. Kumpulkan kardus dan plastik bekas, usahakan dilipat dan diikat dengan rapi.
  2. Usahakan mengumpulkan 10 kemasan langsung untuk disetarakan dengan 1 bibit pohon yang akan ditanam di area yang membutuhkan penghijauan
  3. Serahkan ke kurir BES saat mengantar pesanan belanja online yang disesuaikan dengan kapasitas kurir atau melalui dropbox Blibli Cinta Bumi di kantor Blibli (Kantor wilayah yang menerima kardus: KS Tubun 57, Sarana Jaya, WTC, Cawang, dan BSD)
  4. Petugas akan memproses pengelolaan kardus yang terhubung ke aplikasi dan akun Blibli
  5. Reward akan otomatis masuk ke akun pelanggan dalam 7 hari kerja

Baca  juga: Kurangi Sampah Rumah Tangga, Yuk Jangan Sisakan Makanan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Jelang F1 Powerboat Danau Toba, Bandara Raja Sisingamangaraja XII Dijadikan Etalase Promosikan Kebudayaan Lokal

BERIKUTNYA

Gap Year, Tantangan atau Peluang?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: