Rumah Bolon adalah tempat tinggal masyarakat tradisional Batak Toba (Sumber gambar: PT AP II)

Jelang F1 Powerboat Danau Toba, Bandara Raja Sisingamangaraja XII Dijadikan Etalase Promosikan Kebudayaan Lokal

21 February 2023   |   20:06 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bandara Raja Sisingamangaraja XII akan dijadikan etalase oleh PT Angkasa Pura II untuk mempromosikan kebudayaan dan kesenian lokal, setelah bandara tersebut menjadi salah satu pintu masuk utama wisatawan dalam kejuaraan dunia F1 Powerboat di Danau Toba, yang berlangsung dari 24-26 Februari 2023.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, manajemen akan menjadikan bandara ini sebagai tempat pamer budaya dan pariwisata setempat.  “Bandara ini menjadi pintu utama bagi traveler untuk menuju arena F1 Powerboat. Ribuan wisnus serta wisman akan datang melalui bandara, dan ini menjadi momentum tepat dalam mempromosikan budaya lokal,” katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id.

Baca juga: Mengintip Persiapan F1 Powerboat di Danau Toba yang Tinggal Menghitung Hari

Untuk mengenalkan kebudayaan Toba, manajemen AP II bakal menghadirkan replika Rumah Bolon. Bangunan ini merupakan rumah tinggal tradisional masyarakat Batak Toba. Replika yang terpasang di Bandara Raja Sisingamaraja XII memiliki ukuran 2,8 meter x 4,8 meter dan dibangun dengan memakai material kayu.

Para wisatawan dapat menikmati Rumah Bolon yang berbentuk panggung, dengan ukiran yang disebut dengan Gorga, baik di dalam maupun luar rumah. Gorga adalah ornamen seni khas masyarakat Batak Toba.  
Tidak hanya itu, pelancong juga dapat melihat bentuk unik atap rumah tradisional yang melengkung dan runcing di setiap ujungnya.

Selain Rumah Bolon, wisatawan juga dapat menemukan patung Raja Batak dan pertunjukan musik lokal dengan iringan alat musik tradisional yang akan dimainkan oleh seniman setempat.

Director of Engineering AP II Agus Wialdi menuturkan kehadiran replika Rumah Bolon tidak akan mengganggu operasional penerbangan lantaran perusahaan telah memperhitungkan aspek keamanan dan keselamatan para pelancong di bandara. “Serta dipastikan tidak mengganggu operasional penerbangan di bandara,” katanya.

Dia menambahkan perusahaan juga telah melengkapi Bandara Raja Sisingamangaraja XII dengan berbagai fasilitas untuk pelancong, seperti mesin self check in, E-kiosk, flight information display system, serta sejumlah videotron terkait event F1 Powerboat dan informasi pariwisata Danau Toba.

Untuk diketahui, delegasi tim yang akan bertanding di ajang kejuaraan dunia F1 Powerboat sudah tiba di Indonesia sejak 16 Februari 2023. Mereka mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, dan melanjutkan penerbangan ke Bandara Sisingamangaraja XII.

Jumlah delegasi yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Raja Sisingamangaraja XII mencapai 95 orang per 20 Februari 2023. Selain itu, sejumlah delegasi juga tiba melalui Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatara Utara. Mereka yang tiba melalui Bandara Kualanamu melanjutkan perjalanan menuju tempat penyelenggaraan di Tapanuli Utara melalui jalur darat.

Berdasarkan laman f1h2o.com, kejuaraan dunia F1 Powerboat atau The UIM F1H2O World Championship adalah seri internasional balap powerboat satu tempat duduk. Seri ini menampilkan 20 pembalap terkemuka dunia.

Kejuaraan ini adalah event yang memacu adrenalin tinggi, menjadi salah satu olahraga paling spektakuler dan menarik di dunia lantaran sangat kompetitif, menantang, berisiko, dan menghibur.

Para penonton akan menyaksikan kapal katamaran yang melaju di trek dengan putaran sempit sampai dengan 90 mph dan lebih dari 140 mph saat berada di lintasan lurus. Tidak hanya itu, para penonton juga dapat menikmati 18 – 20 katamaran yang ramping, kuat, dan ringan berbaris di garis awal.

Ajang balap di air ini telah mengalami sejumlah perubahan dan evolusi yang besar sepanjang penyelenggarannya. Salah satunya adalah terkait dengan mesin yang digunakan.

Baca juga: Kejuaraan Dunia F1 Powerboat Digelar di Danau Toba, Pengunjung Enggak Perlu Khawatir Soal Penerbangan ke Lokasi

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Intip Cara Berbisnis Pisang Goreng yang Berbeda Ala Krenyes Ok

BERIKUTNYA

Kemasan Bekas Jadi Reward Poin Belanja, Begini Cara Blibli Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: