Ilustrasi Berlibur (Sumber gambar: Unsplash/Guilherme Stecanella)

5 Rekomendasi Lokasi Wisata untuk Berlibur di 'Hari Kejepit'

21 February 2023   |   17:36 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Pada awal 2023, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengusulkan agar hari kejepit menjadi tanggal merah atau hari libur nasional. ‘Hari kejepit’ sendiri merupakan istilah yang biasa kita gunakan pada hari biasa yang ada di antara hari libur dan akhir pekan. 

Usulan ini disambut dengan baik oleh masyarakat, dan juga diharapkan untuk dapat menggenjot belanja pariwisata Indonesia. Namun, saat ini hal tersebut belum dapat sepenuhnya direalisasikan karena masih dalam tahap sosialisasi kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Alam dan Kuliner di Bogor

Tahun ini, hampir seluruh hari kejepit jatuh pada hari Jumat, yaitu pada tanggal 24 Maret setelah libur Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945, 19 Mei setelah libur Kenaikan Isa Almasih, 30 Juni setelah Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, 18 Agustus setelah Hari Kemerdekaan RI, serta tanggal 29 September setelah Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Walaupun masih dalam tahap sosialisasi, Genhype tentunya masih dapat memanfaatkan cuti tahunan apabila ingin merasakan akhir pekan yang lebih panjang. Untuk kamu yang berencana bepergian di tanggal-tanggal tersebut, berikut rekomendasi beragam destinasi wisata yang kamu dapat dinikmati bersama keluarga ataupun sahabat seperti dikutip dari RedDoorz.


1. Lampung Walk dan Bukit Sakura Kemiling, Bandar Lampung

Lampung Walk adalah destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi bersama keluarga. Theme park dengan beragam wahana, mulai dari waterpark untuk mengajak si kecil refreshing, studio 3D dengan dekor ciamik yang dapat menghiasi media sosialmu, sampai wisata kulinernya, lengkap berlokasi di satu tempat. Destinasi wisata ini merupakan one stop family entertainment yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Lampung.

Selain itu, kamu tidak harus terbang ke Jepang untuk melihat bunga sakura, lho. Di Lampung juga terdapat Bukit Sakura Kemiling yang seru untuk dijadikan tempat bersantai dengan teman atau keluarga. Tempat ini memiliki spot foto a la Jepang yang dapat kamu manfaatkan, serta gazebo dengan pemandangan panorama Kota Bandar Lampung dan Teluk Lampung yang indah. 


2. Sea Forest Adventure Park dan Ocarina Batam Theme Park, Batam

Saat mengunjungi Batam, pasti tidak jarang kamu menghabiskan waktu di pantai untuk berenang. Kali ini, untuk merasakan sensasi liburan yang berbeda di kota tersebut, pastikan untuk mengunjungi Sea Forest Adventure. Tempat rekreasi seluas 10 hektar ini menawarkan berbagai aktivitas wisata air dan darat yang tentunya seru dan menantang. 

Ada delapan wahana permainan air maupun watersport mulai dari canoe, jetski, banana boat, knee boarding, mangrove cruise, snorkeling, fishing, sampai giant water slide yang dapat kamu lakukan bersama teman dan kerabat seharian.

Batam juga memiliki taman rekreasi dengan luas sekitar 40 hektar, loh. Dengan luas yang menakjubkan, taman rekreasi ini memiliki banyak wahana yang tidak kalah serunya dengan Sea Forest Adventure. Menawarkan aktivitas seperti waterpark, giant wheel, sampai kiddy land, tempat ini tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Batam. 


3. Malang Night Paradise dan Selecta Recreation Park, Malang

Ketika berbicara tentang kota Malang, yang sering terpikirkan adalah destinasi wisata Museum Angkut dan Jatim Park Zoo. Nah, selain kedua destinasi tersebut, kota Malang juga memiliki destinasi wisata lainnya yang lebih kekinian. 

Salah satunya adalah Malang Night Paradise yang merupakan tempat hiburan malam hari dengan konsep lampion warna-warni yang terlihat seperti negeri dongeng. Selain itu, tempat ini juga memiliki wahana liburan seru lainnya, seperti Magic Journey, yang akan membawamu menyusuri sungai buatan menggunakan perahu bak di Venezia, Italia.

Saat mengunjungi Malang, kamu juga bisa berwisata ke Selecta Recreation Park untuk bersenang-senang di wahana pilihan sembari menghirup udara segar di taman ini. Di sini, kamu bisa merasakan sensasi melayang di udara dengan Sky Bike dan Flying Fox. 

Kamu juga dapat berenang dan menunggang kuda untuk menjelajahi taman bunga yang ada di kawasan Selecta Recreation Park. Kombinasi wahana dan keindahan alam yang tepat untuk refreshing. Setelah lelah mengunjungi berbagai destinasi wisata tersebut, kamu dapat beristirahat di RedDoorz Plus near Balai Kota Batu 2 dan RedDoorz Plus near Politeknik Negeri Malang.


4. Bukit Jamur Ciwidey dan Green Kenyot Cikahuripan, Bandung 

Untuk kamu yang ingin merasakan udara yang segar, Bukit Jamur Ciwidey di Bandung adalah destinasi yang wajib kamu kunjungi. Walau namanya demikian, bukan berarti tempat ini dipenuhi jamur. Namun, karena dipenuhi pepohonan cemara yang pendek dan berbentuk payung seperti jamur sehingga disebut demikian. 

Dengan pemandangan yang unik, tempat ini cocok bagi kamu yang ingin hunting foto hingga melakukan foto pre-wedding. Dengan hamparan rumput hijau, kamu dapat piknik bersama teman di tempat ini juga, loh.

Kamu juga harus mengunjungi Green Canyon-nya Bandung, yaitu Green Kenyot Cikahuripan. Destinasi wisata ini disebut demikian karena tebing-tebing yang menjulang tinggi dan dibelah oleh aliran sungai jernih berwarna kebiruan. Tempat ini dipastikan akan membuatmu terpana.


5. Kampung Batik Laweyan dan Tumurun Private Museum, Solo 

Jika kamu ingin mengunjungi kota dengan perpaduan atmosfer tradisional dan modern di satu tempat, Solo adalah jawabannya. Di kota ini terdapat banyak destinasi wisata tradisional, termasuk Kampung Batik Laweyan yang konon katanya merupakan tempat tinggal pengusaha batik pada jamannya.

Di sini kalian dapat berjalan melalui gang-gang kecil, dan melihat barisan bangunan tua yang sangat menarik mata. Tentunya cocok juga untuk kamu berbelanja batik klasik dengan harga terjangkau. 

Memasuki sisi modern kota ini, bagi kamu para pecinta seni, kamu akan senang saat mengunjungi Tumurun Private Museum. Kata “Tumurun” memiliki arti “turun temurun” dalam Bahasa Indonesia. Destinasi ini dinamai demikian karena museum ini dibuat oleh Iwan Kurniawan Lukminto, seniman, yang diwarisi berbagai macam karya seni oleh sang ayah. Dengan koleksi karya yang unik, kamu dapat berfoto estetik di museum ini dengan latar belakang yang vintage, cocok untuk media sosialmu.

Baca juga: 6 Rekomendasi Wisata di Luwuk Banggai, Ada Air Terjun Piala hingga Pantai Kilo Lima

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cek Keunggulan POCO X5 5G, Isi Baterai Hingga Full Cukup 1 Jam

BERIKUTNYA

Langkah Mudah Menyulap Ruang Televisi Jadi Bioskop Mini di Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: