Ilustasi (dok. Pexels)

Intip 5 Desa Wisata yang Pas Buat Healing

11 January 2022   |   22:01 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Berlibur sambil healing tidak harus ke luar negeri! Banyak tempat wisata di Indonesia yang bisa Genhype kunjungi dan menikmati pesona khasnya. Toh, kalian bisa menghemat pengeluaran dan mencegah diri dari Covid-19 varian Omicron yang sedang merajalela di sejumlah negara yang jadi tujuan wisata, seperti Turki. 

Liburan awal tahun baru kali ini cobalah mengunjungi desa wisata. Ada rekomendasi desa wisata nih dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang bisa kalian kunjungi, berikut daftarnya.
 

1. Desa Wisata Arborek, Raja Ampat

Sudah tidak asing lagi istilah Raja Ampat sebagai surga tersembunyi. Daerah di timur Indonesia ini menjadi surga bagi penyelam atau pecinta laut. Salah lokasi wisata di Raja Ampat yang bisa kalian datangi adalah Desa Wisata Arborek yang termasuk dalam 50 besar desa terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. 

Desa wisata yang satu ini menawarkan pemandangan hamparan pasir putih sekaligus keindahan bawah laut, salah satunya Pari Mata. Buat yang ingin menyelam, kalian akan ditemani oleh para pemandu lokal yang sudah mendapat pelatihan secara resmi dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 
 

2. Desa Wisata Pujon Kidul

Terletak di Malang, Jawa Timur, kita dapat menikmati matahari terbit ayng indah di Bukit Nirwana dan merasakan suasana hangat nan otentik di Kampung Budaya, Pujon Kidul. 

Di sini ada berbagai kegiatan menarik yang bisa turis ikuti, seperti membuat aneka olahan susu di Pawon Ndeso, atau belajar membuat batik tulis, topeng, bermain gamelan, dan belajar tari tradisional. 
 

3. Desa Wisata Selasari

Terletak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Desa Wisata Selasari terkenal dengan wisata berbasis alam dan budaya.

Wisatawan bisa berpetualang mengikuti kegiatan river tubing sekaligus menikmati keindahan alam, menjelajahi sungai, berpetualang melintasi jeram juga memasuki beberapa gua, hingga melintasi air terjun. Liburan kalian jadi lebih menantang bukan?
 

4. Desa Wisata Cisadane

Berada di Kabupaten Sukabumi, Desa Wisata Cisadane menyuguhkan ragam kegiatan dengan nilai edukasi peternakan yang ramah anak seperti budidaya ikan hias dan lele. Selain itu desa ini juga memiliki potensi edukasi lainnya seperti menghias layang-layang, caping dan menanam padi.

Kalian juga bisa mengajak anak melakukan aktivitas outbond, panahan, river tubing, camping ground, taman kuliner, dan melihat langsung produksi kriya sendal jepit, permainan tradisional, hingga anyaman bambu.
 

5. Desa Panglipuran

Desa adat ini menjadi salah satu primadona di Bali yang dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di dunia. Warga di desa ini sangat menjunjung itnggi nilai-nilai leluhur nenek moyangnya. Turis bisa melihatnya dari hutan bambu yang mengelilingi desa ini, dan terus dijaga serta dilestarikan.

Ini adalah wujud nyata menjaga keseimbangan alam dan manusia yang menjadi warisan para leluhur. Dijamin foto kalian akan terlihat menarik di desa ini.

Bagaimana Genhype, masih banyak loh lokasi wisata lainnya di Indonesia yang tidak kalah dengan wisata di luar negeri. 


Editor: Gita

SEBELUMNYA

Mau Kolesterol Turun? Begini Caranya

BERIKUTNYA

6 Pilihan Investasi Syariah yang Aman untuk Pemula

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: