Ilustrasi bioskop di dalam rumah (Sumber gambar: Freepik)

Langkah Mudah Menyulap Ruang Televisi Jadi Bioskop Mini di Rumah

21 February 2023   |   18:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Menyulap ruang televisi menjadi home theater telah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Bagaimana tidak, sensasi menonton bioskop dengan layar lebar dan suara yang hidup kini bisa dengan mudah dinikmati di dalam rumah. Cara membuat ruangan televisi jadi bioskop mini pun terbilang mudah.

Co-Owner sekaligus Lead Sound Engineer Fourmix Studio Satrio Budiono mengatakan ciri yang membedakan ruang televisi biasa dengan home theater adalah adanya set speaker yang digunakan di ruangan tersebut.

Perbedaan tersebut menciptakan efek sangat kentara, terutama pada kepuasan audio bagi penghuni rumah. Pemilihan jenis set speaker dan tata letak akan menciptakan audio yang hidup, seperti berada di dalam bioskop.

Baca juga: 5 Tips Memilih Perangkat Home Theater yang Tepat

Untuk menciptakan sensasi tersebut, ruangan televisi perlu diisi dengan set speaker jenis soundbar. Pria yang akrab disapa Yoyo itu menyarankan untuk memilih jenis soundbar yang sudah memiliki teknologi Dolby Atmos.

Teknologi tersebut akan memberikan pengalaman layaknya seseorang sedang berada di tengah film. Audio yang dihasilkan membuat adegan di dalam layar terasa lebih nyata dan menegangkan.

Namun, jenis soundbar lebih cocok untuk ruangan televisi yang tidak terlalu besar. Yoyo menjelaskan soundbar pada umumnya baru bisa mencakup ruangan untuk ukuran 4x6 meter.

Selain itu, agar pengalaman lebih maksimal, sebaiknya ruangan televisi atau home theater harus dalam keadaan tertutup. Bisa saja dalam ruangan terbuka, tetapi tentu akan membutuhkan set soundbar tambahan agar semua sisi tercover.

“Salah satu kelebihan soundbar ialah bisa memanfaatkan pemantulan. Jadi, lebih baik digunakan untuk ruangan semi tertutup, seperti bentuk L atau U, sehingga audio bisa memantul ke dinding samping dan menciptakan efek mengelilingi,” ujar Yoyo kepada Hypeabis.id.

Untuk mendapatkan kualitas audio yang maksimal, sebaiknya soundbar diletakkan persis di bawah televisi. Kemudian, antara soundbar dan ruang duduk sebisa mungkin tidak ada halangan, baik itu meja, vas bunga, dan sebagainya.

Yoyo mengatakan umumnya untuk membuat home theater membutuhkan bujet sekitar Rp1,5 juta pada kelas standar dan Rp80 juta untuk kelas premium.
 

(Sumber gambar: Freepik)

(Sumber gambar: Freepik)

Product Marketing Video & Sound PT Sony Indonesia Leo Saputra pengalaman menonton di rumah akan lebih terasa dengan soundbar yang memiliki teknologi 360 Spatial Sound. Salah satu soundbar yang sudah memiliki jenis tersebut ialah seri HT-A3000.
1
2


SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Lokasi Wisata untuk Berlibur di 'Hari Kejepit'

BERIKUTNYA

Intip Suga yang Tampil Asyik Kenakan Style Bohemian di Proyek Special 8 Photo-Folio BTS

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: