Cuplikan Film Avatar. (Sumber gambar : Twitter/Avatar 2)

Avatar: The Way of Water Geser Titanic jadi Film Ketiga Terlaris Sepanjang Masa

20 February 2023   |   12:31 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Film Avatar sukses menyerok daftar film terlaris sepanjang masa. Jika versi pertama menempati posisi teratas, sekuelnya, Avatar: The Way of Water (2022) kini menggeser posisi Titanic yang sebelumnya menjadi film ketiga terlaris di box office seluruh dunia. 

Avatar 2 tercatat meraih pendapatan US$2,2433 miliar secara global, menyalip pendapatan Titanic yang berhasil meraup US$2,2428 miliar di box office seluruh dunia. Adapun pendapatan tertinggi masih dipegang film Avatar (2009) sebesar US$2,92 miliar dan Avengers: Endgame (2019) senilai US$2,7 miliar.

Walaupun Titanic disalip Avatar: The Way of Water, James Cameron tetap menjadi satu-satunya sutradara dengan tiga film berpenghasilan kotor US$2 miliar atau lebih. Sebagaimana diketahui, baik Titanic dan Avatar maupun sekuelnya merupakan film garapan Cameron. 

“James Cameron terus mengejar dirinya sendiri di tangga box office. Dia jelas tahu bagaimana melibatkan penonton modern,” ujar Shawn Robbins, kepala analis di BoxOfficePro, dikutip dari Variety, Senin (20/2/2023).

Baca juga: Review Film Avatar: The Way of Water, Cerita Klise dengan Visual Memukau 

Seperti film pertamanya, Avatar: The Way of Water sukses berkat daya tariknya yang mencakup generasi serta insentif untuk menonton film dalam format premium dan 3 dimensi di layar Imax, film ini telah melampaui US$250 juta.

Di Amerika Utara, Avatar: The Way of Water merupakan film terlaris kesembilan yang pernah ada dengan pendapatan sebesar US$657 juta hingga saat ini. Sementara di China pendapatan film ini mencapai US$242 juta, Prancis US$144 juta, Jerman US$135 juta, dan Korea US$106 juta.

Film Avatar: The Way of Water memiliki opening weekend di pasar domestik mencapai US$134,1 juta. Pencapaian ini tercatat lebih besar 74,1 persen jika dibandingkan dengan film pertamanya sebesar US$77,03 juta pada 14 tahun silam. 

Pendapatan yang diraih film sci-fi ini pun mampu menutupi biaya US$460 juta yang dikeluarkan Disney dan 20th Century untuk produksi dan promosi. Jumlah tersebut menjadi biaya film termahal yang pernah ada. 

Selain menyalip posisi Titanic, pada Minggu (19/2/2023), Avatar: The Way of Water memenangkan kategori Special Visual Effects dalam ajang penghargaan British Academy Film Awards (BAFTA) 2023.

Adapun pada 15 Februari lalu, film ini memboyong 9 penghargaan VES Awards 2023. Film itu tercatat memenangi kategori Outstanding Visual Effects in a Photoreal Feature, Outstanding Animated Character in a Photoreal Feature, Outstanding Created Environment in a Photoreal Feature.

Kemudian Virtual Cinematography in a CG Project, Outstanding Model in a Photoreal or Animated Project, Outstanding Effects Simulations in a Photoreal Feature, Outstanding Compositing & Lighting in a Feature, Outstanding Special (Practical) Effects in a Photoreal Project, dan Emerging Technology Award. 
 
 

Sinopsis Avatar 2

Rilis pada 16 Desember 2022, Avatar: The Way of Water melanjutkan kisah kehidupan bangsa Na’Vi yang kali ini cukup fokus mengambil dunia laut dan kehidupan di dalamnya. Avatar 2 menyuguhkan cerita setelah bangsa Na’Vi menaklukkan umat manusia di Pandora. Sementara itu, Jake Sully dan Neytiri diceritakan sebagai pasangan yang memimpin Omaticaya. 

Jake Sully dan Neytiri memiliki empat orang anak bernama Neteyam, Lo’ak, Tuk, dan Kiri. Kiri merupakan anak adopsi yang diambil keduanya dari ilmuwan bernama Dr Grace. Pasangan itu berhasil memimpin klan hutan yang damai. Penduduk pun terlihat bahagia. Namun ternyata, ketenangan dalam klan hutan tidak bertahan lama.

Di tengah semangat Jake Sully mengajari anaknya cara bertahan hidup dengan berburu, Pandora kembali diguncang oleh umat manusia. Mereka ingin kembali mengambil alih Pandora lewat utusan Resource Development Administration. Kedatangan umat manusia itu juga bermaksud membawa Jake Sully yang dinilai penting dalam perlawanan Na’Vi.

Sontak saja umat Omaticaya menghadapi ketakutan yang besar. Di tengah umat manusia yang ingin menangkapnya, Jake Sully harus memutar otak untuk memberi rasa aman bagi klan yang dipimpinnya. Di samping itu, dia juga memiliki rasa tanggung jawab untuk melindungi bangsa Na’Vi.

Dengan segala cara, Jake Sully memutuskan untuk memboyong istri dan anaknya beranjak dari hutan yang dihuni Omaticaya. Mereka pergi ke tempat teraman untuk bertahan hidup bersama bangsa Metkayina. Hal itu juga dilakukan Jake Sully sebagai cara untuk menghindari kejaran manusia.

Akan tetapi umat manusia tak semudah itu menyerah. Mereka tetap berhasil menemukan keberadaan Jake Sully meski sudah berusaha mengasingkan diri bersama bangsa laut. Mau tak mau, Jake Sully harus menghadapi kenyataan untuk melawan umat manusia di tengah kesulitan dan momen dramatis yang dialami keluarganya. 

Baca juga: Daftar Film Terlaris Sepanjang Masa, Ada Avatar & Avengers: Endgame

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Film Dokumenter Perang Rusia-Ukraina Karya Sean Penn Rilis di Berlin Film Festival

BERIKUTNYA

Barasuara Rilis Single Merayakan Fana, Manifestasi Kedewasaan dalam Bermusik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: