Avatar 2: The Way of Water (Sumber gambar: Disney)

Daftar Film Terlaris Sepanjang Masa, Ada Avatar & Avengers: Endgame

26 January 2023   |   11:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Film Avatar: The Way of Water terus menjadi perbincangan karena berhasil menembus pendapatan US$2,2,045 miliar atau sekitar Rp30,5 triliun. Angka tersebut menjadikan film garapan James Cameron itu sebagai salah satu film terlaris sepanjang masa untuk box office global.

Sejak perdana tayang pada 14 Desember 2022, bahkan film tersebut berhasil mengalahkan Spiderman: No Way Home (2015) dan Jurassic World (2015). Saat ini sekuel dari film Avatar itu bercokol di urutan keenam sebagai film terlaris sepanjang masa menurut laman Box Office Mojo.

Popularitas Avatar: The Way of Water diprediksi masih akan terus menanjak karena filmnya masih ditayangkan di bioskop seluruh dunia. Menariknya, hingga saat ini baru ada enam film yang berhasil meraup US$ 2 miliar, tiga di antaranya bahkan hasil karya dari sineas asal Kanada, James Cameron.

Baca juga: Tayang Enam Pekan di Bioskop, Pendapatan Film Avatar 2 Tembus 2 Miliar Dolar AS

Menyusul kesuksesan Avatar: The Way of Water dalam lanskap sinema global, berikut Hypeabis.id rangkumkan deretan film terlaris sepanjang masa yang dirangkum dari laman Box Office Mojo dalam ulasan berikut.
 

1. Avatar - US$2,9 Miliar

Setelah lebih dari satu dekade hingga saat ini belum ada yang mampu menggoyahkan tahta Avatar sebagai film terlaris sepanjang masa di dunia. Total pendapatan film yang debut pada 2009 itu bahkan mencapai sekitar 2,923 miliar dolar AS atau setara Rp43 triliun (kurs Rp14.961).

Film pertama dari franchise Avatar ini menceritakan depan dunia saat makhluk hidup di bumi mengalami krisis energi. Manusia akhirnya dituntut untuk mencari sumber energi baru bernama unobtanium di Planet Pandora yang dihuni oleh suku Na'vi.

Namun, udara di Pandora tidak cocok untuk manusia karena mengandung racun yang mematikan. Akhirnya, digunakanlah media tubuh bangsa Na'vi dan manusia yang disebut Avatar. Salah satunya dengan mengutus seorang marinir bernama Jake Sully. Syahdan, dia bertemu wanita suku Na'vi bernama Neytiri dan mengetahui keadaan mereka yang sebenarnya.


2. Avengers: Endgame - US$2,7 Miliar

Film pamungkas dari perjalanan Marvel Cinematic Universe (MCU) ini menduduki posisi kedua sebagai film terlaris sepanjang masa versi Box Office Mojo. Total pendapatan film yang rilis pada 2019 itu mencapai sekitar 2,79 miliar dolar AS atau setara Rp41 triliun (kurs Rp14.961).

Film besutan Anthony dan Joe Russo ini mengisahkan kejadian saat Thanos berhasil mendapatkan semua infinity stones dan memusnahkan hampir semua mahluk hidup di alam semesta. Para superhero, termasuk Captain Marvel dan Thor, akhirnya pergi ke luar angkasa untuk menyelamatkan Iron Man, dan Nebula.

Klimaks dari Infinity Saga yang membentang dari 2008-2019 itu memang dinanti-nantikan penggemar. Pasalnya, pertarungan antara pasukan Thanos melawan hampir semua jagoan di MCU juga berhasil divisualkan dengan ciamik dan spektakuler.


3. Titanic - US$2,1 Miliar 

Film klasik garapan James Cameron ini juga masih bercokol sebagai salah satu film terlaris sepanjang sejarah usai dirilis pada 1997. Selama penayangannya di bioskop, Titanic berhasil mendulang pendapatan sebesar  2,194 miliar dolar AS atau setara Rp32 triliun (kurs Rp14.961).

Film Titanic sendiri menceritakan tentang kisah cinta yang tragis antara Rose DeWitt Bukater (diperankan Kate Winslet) dan Jack Dawson (diperankan Leonardo DiCaprio). Berasal dari kelas sosial yang berbeda, mereka bertemu dalam perjalanan keliling dunia di atas kapal yang kelak mengalami kecelakaan.

Di ajang Academy Awards pada 1998, Titanic bahkan mampu memboyong 11 Piala Oscar. Termasuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Sinematografi Terbaik, penyuntingan Film Terbaik, dan masih banyak lagi. Pada Februari 2023, film ini juga akan ditayangkan kembali di bioskop dengan versi remastered.
1
2


SEBELUMNYA

Konser Dewa 19 Siap Digelar di Jakarta International Stadium, Simak Info Lengkapnya

BERIKUTNYA

Cek Daftar Harga & Cara Beli Tiket NCT Dream di Jakarta, Dijual Mulai 4 Februari 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: