Game Octopath Traveler II (Sumber: Square Enix)

5 Fakta Menarik Game Octopath Traveler II 

20 February 2023   |   15:34 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Gamer pencinta japan role playing game (JRPG) masuk! Kalian tentu sudah tahu bahwa permainan gim video Octopath Traveler II bakal segera dirilis, dan akan bisa dimainkan oleh para penggemar secara utuh. Judul tersebut dipastikan meluncur pada 24 Februari 2023 di berbagai platform. 

Octopath Traveler II dikembangkan oleh Square Enix dan Acquire. Judul ini merupakan sekuel dari gim Octopath Traveler yang pertama kali rilis pada 2018, dan merupakan entri ketiga dari gim ini setelah prekuel sekuel Octopath Traveler: Championship of the Continent yang terbit di Jepang 2020. 

Meskipun dibilang sebagai sekuel, tapi Octopath Traveler II merupakan gim yang sepenuhnya berdiri sendiri (standalone). Selain itu, tentunya judul tersebut memiliki sejumlah fitur yang berbeda ketimbang pendahulunya, meskipun secara garis besar pola permainan dan desain yang disuguhkan tetap punya kesamaan. 

Sembari menantikan perilisan resminya pada akhir bulan ini, yuk simak beberapa fakta menarik gim Octopath Traveler II dalam ulasan berikut ini. 

Baca juga: Spesifikasi Game Returnal di PC yang Sudah Rilis, Cek Sinopsisnya Yuk!
 

1. Karakter Baru

 

(Sumber: Square Enix)

(Sumber: Square Enix) 

Pada gim pertamanya, player bisa memainkan delapan karakter berbeda di dalam gim dan menjalankan ceritanya masing-masing. Sepanjang cerita berjalan, kalian juga akan bertemu dengan karakter lain. Konsep ini masih dipakai dalam gim sekuelnya tapi dengan karakter yang sepenuhnya baru. 

Square Enix telah mengumumkan delapan nama playable character anyar yang bisa dimainkan di Octopath Traveler II. Mereka adalah Hikari, seorang prajurit; Agnea yang merupakan penari; Partitio pedagang, Osvald, seorang sarjana; Throne, pencuri; Temenos sebagai cleric; Ochette yang merupakan pemburu; dan Castti seorang apoteker. 
 

2. Standalone Game

 

(Sumber: Square Enix)

(Sumber: Square Enix)

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, bahwa Octopath Traveler II merupakan gim yang berdiri sendiri meskipun menyandang gelar sebagai sebuah sekuel. Square Enix memastikan bahwa gim ini punya dunia, karakter, dan kisahnya sendiri yang tidak berkaitan dengan permainan sebelumnya. 

Jadi, bagi kalian yang tidak memainkan judul pertamanya tidak perlu khawatir akan ketinggalan cerita, karena gim ini sepenuhnya unik. Tentunya bagi mereka yang sudah pernah memainkan gim sebelumnya akan lebih familiar dengan mekanisme permainan yang disuguhkan. 
 

3. Sistem Siang & Malam

 

(Sumber: Square Enix)

(Sumber: Square Enix)

Berbeda dengan seri perdananya yang hanya memiliki satu latar waktu, gim kedua ini punya fitur baru yakni sistem siang dan malam. Hal ini juga akan berdampak pada kehidupan di dalam dunia gim, misalnya akan ada lebih sedikit orang pada malam hari tetapi ada sejumlah toko yang hanya buka pada waktu tersebut. 

Selain itu, sistem ini juga berpengaruh pada kemampuan masing-masing karakter, yang disebut sebagai Path Actions. Mereka tidak hanya punya satu skill, tapi dua berdasarkan waktu siang atau malam hari. 

Misalnya karakter prajurit Hikari, yang pada siang hari bisa melakukan tantangan duel dengan orang-orang yang di kota. Saat memenangkan tantangan itu, pemain juga bisa mempelajari keterampilan yang baru. Namun, pada malam hari, Hikari dapat ‘menyuap’ para penduduk untuk informasi tersembunyi. 
 

4. Break, Boost & Latent Power

 

(Sumber: Square Enix)

(Sumber: Square Enix)

Gameplay judul baru ini juga masih mengadopsi kerangka dasar dari gim pertama. Misalnya sistem pertempuran bergiliran (turn-based) dengan fitur Break dan Boost. Pemain bisa mendapatkan Break ketika menyerang dengan jenis senjata yang tepat dan sesuai jumlah perisai musuh. Break menjadikan serangan pemain lebih kuat. 

Sementara itu, Boost dapat meningkatkan jumlah dan impak serangan yang dilakukan atau meningkatkan durasi efek pendukung karakter. Dalam setiap giliran, pemain akan mengumpulkan Boost Points, yang bisa dikumpulkan dan dipakai dalam jumlah tertentu. 

Hal berbeda dari Octopath Traveler II adalah munculnya elemen tambahan yang disebut Latent Power. Selama pertempuran, akan ada pengukur berbentuk bar baru yang terisi setiap pemain menerima serangan dan mengalahkan musuh. Setelah penuh, karakter bisa melepaskan kemampuan baru yang kuat. 
 

5. Desain HD-2D Baru

 

(Sumber: Square Enix)

(Sumber: Square Enix)

Permainan Octopath Traveler disebut mempelopori desain tampilan bergaya seni HD-2D yang banyak mendapatkan apresiasi. Visual gim tersebut memang sangat ciamik dengan ukuran fail permainan yang terbilang kecil. 

Octopath Traveler II menyuguhkan tampilan HD-2D dengan tingkatan yang baru. Desainnya masih sama tapi punya detail lingkungan yang lebih baik dan sudut kamera yang lebih bervariasi. Gim juga menyuguhkan sprite karakter yang lebih bervariasi, dengan lebih banyak animasi untuk menyampaikan emosi karakter-karakternya. 

Hypeabis.id telah menjajal demo Octopath Traveler II selama 3 jam permainan untuk karakter Hikari Ku. Memang, sekuel ini punya tampilan visual yang sangat apik, lebih indah ketimbang judul pertamanya. Selain itu, musik yang jadi latar gim juga sangat menarik, menambah seru keseluruhan pengalaman bermain. 

Baca juga: Cerita & Fitur Game Luna Fantasia Mobile yang Segera Rilis di Indonesia 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jadi Camilan Terenak di Dunia, Begini Cara Membuat Pisang Goreng yang Renyah

BERIKUTNYA

Film Dokumenter Perang Rusia-Ukraina Karya Sean Penn Rilis di Berlin Film Festival

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: