Shipper sedang lakukan sesi live selling (sumber gambar : Ninja Xpress)

Hal-Hal yang Harus Dihindari saat Live Selling di TikTok

17 February 2023   |   11:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

3. Pengemasan Konten yang Monoton

Kalian perlu mengemas konten dalam bentuk yang variatif sehingga tidak monoton. Konten yang begitu-begitu saja justru akan membuat pembeli menjadi bosan. Berikut beberapa format live di TikTok yang bisa kamu lakukan: 
 

- Q&A atau Sesi Tanya Jawab

Kamu dapat menjawab seluruh pertanyaan terkait perusahaan dan produk yang ditawarkan secara langsung dari penonton dengan menekankan kelebihan dari produk. Jelaskan solusi yang diberikan produk terhadap permasalahan yang dihadapi penonton.

Sesi tanya jawab dapat meningkatkan hubungan antara kamu dan audiens yang pada akhirnya akan memunculkan kepercayaan serta emotional bonds
 

- Live Event

Promosi secara langsung dengan memberikan diskon maupun promo juga dapat memberikan dampak besar pada omzet penjualan. Selain jumlah penggunanya yang banyak, kamu tidak perlu harus mengeluarkan biaya promosi serta iklan.
Berikan beberapa penawaran menarik seperti flash sale yang hanya ada saat live berlangsung agar pembeli segera menyelesaikan pembayarannya sebelum sesi berakhir. 
 

- Open House & Review Products

Live TikTok juga memberikan kesempatan untuk pelaku bisnis menampilkan secara langsung seluruh produk yang ditawarkan. Hal ini terbukti sangat efektif untuk mengkonversi traffic audiens kepada penjualan. Dengan menampilkan review secara langsung, maka audiens akan mendapat gambaran terhadap produk yang kamu tawarkan. 
 

- Direct Selling

Kamu perlu memancing perhatian penonton dengan judul live yang menarik serta CTA (call to actions) yang sesuai untuk melakukan penjualan langsung. Kamu dapat membagikan kode promo, situs penjualan, serta waktu live selling berikutnya.

Kamu dapat melakukan live direct selling pada prime time TikTok yaitu pada jam 9 sampai 11 pagi pada hari Senin hingga Jumat. Kalau tidak sempat mengadakan live pada jam tersebut, kamu bisa meluncurkannya setelah jam 7 malam saat pekerja selesai beraktivitas.

--- 

TikTok Live kini menjadi wadah diskusi antar brand dengan konsumen dan calon konsumen, serta mampu meningkatkan awareness terhadap brand-mu. Selain itu, TikTok juga memudahkanmu untuk berkolaborasi dengan content creator atau influencer secara terbuka.

Live di TikTok perlu dilakukan secara berkala agar penonton tidak lupa dengan produk dan brand yang kamu jual. Namun, kamu tetap perlu mengukur keberhasilan konten dan live yang dilakukan selama ini karena produk yang berbeda membutuhkan strategi yang berbeda pula.

Baca juga: Belanja Online Interaktif Makin Diminati, Ada Peluang Besar untuk Para Kreator Loh!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Generasi Muda Makin Doyan Belanja Online, COD jadi Pilihan Pembayaran

BERIKUTNYA

Mengenal Balai Lelang Terbaik di Dunia, dari Christie's hingga Heritage Auctions

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: