ilustrasi live selling (sumber gambar : Ninja Xpress)

Startup Ini Sediakan Layanan Live Selling Bagi Usaha Kecil

24 July 2023   |   22:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kalian pelaku usaha online tentu sudah tidak asing lagi dengan pemasaran live streaming atau live selling yang saat ini sedang naik daun. Ya, model pemasaran ini memang cukup diminati masyarakat sebab selain lebih interaktif, konsumen pun bisa melihat langsung produk yang ditawarkan.

Apalagi, para penjual biasanya akan memberikan beragam penawaran khusus yang menarik bagi para konsumen. Tak heran bila berdasarkan data dari Jakpat, 83,7 persen masyarakat Indonesia pernah menonton live shopping.

Baca juga: Enam Tips Maksimalkan Cuan dari Penjualan Online

Namun sayangnya, tidak semua pemilik usaha memiliki kemampuan dan fasilitas yang mumpuni untuk memasarkan produknya melalui program live streaming.

Kalian para pelaku usaha enggak perlu lagi khawatir, sebab saat ini sudah ada sejumlah startup yang menyediakan studio dan layanan live commerce untuk mendukung pemilik merek mengaktivasi pemasarannya di platform social commerce, salah satunya adalah Sirclo.

Danang Cahyono, CEO Enterprise Solutions Sirclo mengatakan bahwa di antara sejumlah marketplace yang menyediakan fitur live commerce, TikTok telah berhasil mencapai posisi yang unggul dalam kategori ini. Platform ini juga sangat diminati masyarakat yang ingin menikmati pengalaman berbelanja interaktif sekaligus hiburan.

Melalui layanan live commerce dari Sirclo, pemilik merek dapat memanfaatkan TikTok Shop sebagai saluran yang efektif untuk menjalankan kampanye penjualan yang interaktif, memperluas jangkauan pasar produk dan membangun presensi yang kuat di dalam platform tersebut.

“Kami tidak ingin melewatkan kesempatan untuk memudahkan pemilik merek dalam memanfaatkan peluang besar dari tren live commerce ini sehingga dapat memperluas jangkauan pasar mereka dan mencapai kesuksesan yang lebih besar,” ujarnya.

Selain menyediakan layanan produksi live commerce streaming yang memungkinkan pemilik merek untuk menjual secara langsung, pihaknya juga menawarkan layanan pembuatan video singkat yang dikhususkan untuk kebutuhan pemasaran pemilik merek di platform media sosial.

Dengan memanfaatkan video singkat yang menarik, pemilik merek dapat menciptakan konten yang menarik perhatian konsumen sehingga meningkatkan minat mereka terhadap merek tersebut.

Tak hanya mengakomodasi permintaan layanan live commerce, Sirclo juga menghadirkan fasilitas Sirclo Studio yang membantu pemilik merek dalam produksi live commerce streaming dan video singkat. Saat ini, terdapat 8 mini studio yang dikhususkan untuk streaming dan 1 studio kolaboratif.

Selain Sirclo, startup lainnya yang juga membantu para pelaku usaha dalam memperluas layanan penjualan melalui live streaming adalah Ninja Xpress dengan menyediakan fasilitas live selling bagi para pelaku UMKM yang menjadi shippernya.

Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress mengatakan bahwa berkomitmen membantu UMKM untuk bertumbuh dan naik kelas, salah satunya melalui solusi layanan live selling. Apalagi metode tersebut saat ini menjadi teknik penjualan yang dapat mempercepat proses pembelian dari tahap pengenalan produk langsung ke tahap konversi pembelian.

Untuk membantu pelaku UKM menggunakan layanan live selling, pihaknya menyediakan berbagai fasilitas berupa fasilitas iklan untuk memastikan lebih dari 700 penonton menyaksikan live selling yang dilakukan shipper.

Selain itu, disediakan juga kreatif konten sepanjang live selling, menyediakan talenta atau host profesional yang sudah dilatih oleh trainer host, studio live selling milik Ninja Xpress di Jakarta, hingga menyediakan layanan foto dan video produk melalui creative hub.

“Kami memberikan dukungan penuh kepada para pelaku UKM tanpa dipungut biaya. Kami berharap, fasilitas live selling dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para shipper,” tuturnya.

Selain itu, agar sesi live selling dapat lebih efektif, pihaknya juga dapat membantu shipper melakukan live selling melalui Ninja Xpress seller booster. Pelaku usaha tinggal mengirimkan produknya menggunakan Ninja Xpress dan mendapatkan layanan live selling berupa studio, host, hingga back end.

Dengan program live selling ini, diharapkan penjualan dari para shipper juga dapat meningkat yang pada akhirnya dapat mendongkrak pengiriman paket dari Ninja Xpress.

Baca juga: Begini Cara Maksimalkan TikTok Shop untuk Dongkrak Penjualan

Sebab, salah satu syarat untuk bisa memanfaatkan layanan live selling adalah bergabung menjadi shipper dengan komitmen volume pengiriman. Bagaimana Genhype, tertarik menggunakan layanan live selling dari para startup?

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Twitter Siapkan Fitur Baru Untuk Lowongan Kerja Mirip Linkedin dan Jobstreet

BERIKUTNYA

Dibintangi Shenina Cinnamon, Serial Nurut Apa Kata Mama Angkat Cerita Ringan Penuh Komedi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: