Belanja daring interaktif makin diminati (Sumber gambar: Liza Summer/Pexels)

Belanja Online Interaktif Makin Diminati, Ada Peluang Besar untuk Para Kreator Loh!

13 February 2023   |   11:09 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Selama beberapa tahun terakhir, transformasi digital terus mengalami perkembangan dan bergerak lebih cepat. Kini sebagian besar masyarakat telah beralih ke ranah online dan mengintegrasikan layanan digital menjadi bagian dari gaya hidup mereka, salah satunya e-commerce. Tak sedikit orang kini lebih mengandalkan belanja secara daring untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Konsumen di Indonesia telah terbiasa dengan perangkat digital dan menghabiskan lebih banyak waktu pada platform online. Beragam kemudahan serta kemajuan teknologi yang ditawarkan membawa pengaruh khususnya dalam kecenderungan perilaku belanja online masyarakat.

Baca juga: Konten Kreator Terus Bermunculan, Startup Ini Sediakan House of Tiktokers

Kondisi ini pun membuat banyak platform mulai membuat fitur belanja yang lebih interaktif seperti video dan live streaming dan mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para konsumen. Menurut data yang dirilis Shopee, 3 dari 8 pengguna Shopee menggunakan Shopee Video.

Fitur interaktif terbaru ini banyak menarik perhatian serta antusiasme pengguna, khususnya untuk mencari berbagai konten kreatif mulai dari video review hingga haul. Video-video dengan konten menarik ini membawa pengaruh signifikan dan inspirasi bagi pengguna khususnya saat berbelanja.

Sejak diluncurkan, tercatat lebih dari 8 kali lipat peningkatan transaksi yang dilakukan melalui Shopee Video. Tak hanya video, kini juga banyak penjual yang memanfaatkan fitur live streaming untuk menciptakan pengalaman yang lebih interaktif dengan konsumen.

Masih dari data Shopee, tercatat lebih dari 180 juta produk telah dipromosikan melalui keranjang orange Shopee Live pada tahun 2022. Melalui interaksi proaktif yang ditawarkan ShopeeLive, penjual mendapatkan kesempatan untuk membangun kepercayaan dan ruang bagi calon pembeli untuk mengetahui lebih dalam sebuah produk, sehingga dapat dengan mudah melakukan transaksi saat siaran langsung tersebut. 

Penjual juga dapat meningkatkan interaksi dengan pembeli, eksposur toko hingga perluasan jangkauan produknya. Dengan meningkatnya animo masyarakat yang mulai memanfaatkan fitur interaktif saat berbelanja sepanjang tahun 2022, potensi fitur-fitur yang memberikan cara baru dan kemudahan dalam perjalanan belanja online pengguna akan mulai mengubah kecenderungan pengguna saat berbelanja online di tahun ini. 
 

Miriam Alonso

Fitur live streaming bisa meningkatkan penjualan (Sumber gambar: Miriam Alonso/Pexels)

Kreator Jadi Pendorong
Disadari atau tidak, transformasi digital khususnya platform e-commerce saat ini juga telah melahirkan sebuah peluang baru bagi pembeli maupun pelaku bisnis yang turut mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Bahkan, perkembangan teknologi juga telah melahirkan para konten kreator baru yang kini menjadi salah satu kunci bisnis untuk membantu penjual memperkenalkan dan memasarkan produknya lebih luas lagi.

Terlebih selama tahun 2022, sejumlah ecommerce juga turut mengambil inisiatif dengan menghadirkan sejumlah program menarik sebagai komitmen untuk membantu para mitra mengembangkan kehadiran digital dalam strategi bisnis kedepannya. 

Seperti misalnya program afiliasi yang dibuat oleh Shopee. Program ini telah melahirkan lebih banyak lagi kreator atau KOL baru dengan total peningkatan hingga 2,5 kali lipat pada 2022 dibandingkan 2021.

Handhika Jahja, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia mengatakan program afiliasi tidak hanya menawarkan wadah bagi para konten kreator untuk mendapatkan peluang penghasilan tambahan lewat kreasi konten, tetapi peluang lebih besar bagi para pelaku usaha dalam menjual produk mereka.

Dengan adanya program afiliasi ini, paparnya, turut membantu para pemilik bisnis dapat memperluas jangkauan, dimana tercatat peningkatan pembelian produk melalui tautan link yang dibagikan melalui sosial media hingga 3 kali lipat pada tahun 2022 dibandingkan dengan 2021.

Baca juga: Trik HELO Ala Beruang Rakus Ini Penting Buat Kreator Konten

Melihat perkembangan data tersebut, Handhika mengatakan pihaknya memprediksi bahka pada tahun 2023, pertumbuhan konten kreator akan terus berkembang dan mengambil peran penting dalam meningkatkan penjualan produk.

"Sehingga menjadi langkah baru bagi pemilik bisnis untuk menyusun strategi dalam memperluas jangkauan melalui dukungan program afiliasi," katanya.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

YG Entertainment Kenalkan Pharita, Member BABYMONSTER Asal Thailand

BERIKUTNYA

Hypereport: Jalan Terjal Menjadi Pro Player Esports

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: