Belanja online telah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat (Sumber: Cottonbro Studio/Pexels)

Generasi Muda Makin Doyan Belanja Online, COD jadi Pilihan Pembayaran

17 February 2023   |   09:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Selama beberapa tahun terakhir, transformasi digital terus berkembang dan bergerak cepat. Kini sebagian besar masyarakat telah beralih ke ranah online dan mengintegrasikan layanan digital menjadi bagian dari gaya hidup mereka, salah satunya e-commerce. Tak sedikit orang kini lebih mengandalkan belanja secara daring untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Selama beberapa tahun terakhir, tren belanja online juga terus menarik perhatian kalangan muda khususnya generasi milenial dan generasi z yang kerap memanfaatkan berbagai fitur serta teknologi untuk memudahkan perjalanan berbelanja daring mereka.

Kecenderungan yang terlihat dalam perilaku tren belanja pengguna usia muda adalah pertimbangan akan faktor yang ditawarkan oleh sebuah platform, di mana salah satunya adalah pemilihan metode pembayaran. Kini, banyak dari mereka yang lebih gemar menggunakan metode cash on delivery (COD) atau bayar di tempat. 

Baca juga: Belanja Online Interaktif Makin Diminati, Ada Peluang Besar untuk Para Kreator Loh!

Berdasarkan data dari Shopee, terjadi peningkatan pesanan lebih dari 5 kali lipat dengan menggunakan metode pembayaran COD dalam 2 tahun terakhir. Alasan para responden yang merupakan pengguna usia muda memilih metode tersebut lantaran dinilai memberikan kemudahan, praktis, dan aman. 

Terdapat beberapa alasan serta preferensi yang dimiliki oleh pengguna usia muda, khususnya dalam memilih produk serta kategori. Kategori kecantikan, fesyen, dan elektronik masih menjadi daya tarik pengguna usia muda untuk berbelanja online sepanjang 2022, dan diprediksi masih terus menjadi kategori produk pilihan pada tahun ini.

Bukan hanya didasari oleh kebutuhan, hal ini juga dipengaruhi oleh ragam pilihan produk yang bervariasi untuk memenuhi setiap preferensi masing-masing. Menariknya lagi di Indonesia, tren juga memiliki pengaruh yang signifikan.

Tren makanan pedas kian digemari oleh kalangan generasi milenial dan z. mie pedas kekinian dan ayam geprek adalah dua makanan yang paling laris dipesan di ShopeeFood oleh mereka sepanjang tahun 2022.

Handhika Jahja, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia mengatakan beberapa fakta di atas menggambarkan pola perilaku pengguna usia muda yang cenderung mengikuti tren terbaru. Ketiga kategori yang menjadi preferensi utama, katanya, merupakan jenis kategori dengan perkembangan yang cepat serta terus mengalami perubahan setiap tahunnya.

"Hal ini mempengaruhi keinginan dan pertimbangan mereka untuk mengkonsumsi produk kekinian," ujarnya.
 

Metode pembayaran digital makin jadi pilihan saat belanja online (Sumber gambar: Andrea Poacquadio/Pexels)

Metode pembayaran digital makin jadi pilihan saat belanja online (Sumber gambar: Andrea Poacquadio/Pexels)


Jangkauan Konsumen Makin Luas

Pesatnya pertumbuhan digitalisasi pada 2022 tidak hanya diadopsi oleh masyarakat yang tinggal di pusat kota, melainkan juga menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di luar kota besar.

Kemudahan akses mulai dari sistem pengiriman yang cepat, penawaran ragam pilihan produk, hingga kenyamanan dalam metode bertransaksi menjadi sebuah strategi yang perlu diperhatikan guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat baik di kota maupun di luar kota besar melalui ranah digital.

Shopee mencatat bahwa pengguna ShopeePay tersebar di 99,5 persen kabupaten di Indonesia. Menariknya, para pengguna yang tinggal di daerah luar kota non-metropolitan seperti Sidoarjo, Sleman, dan Karawang juga termasuk ke dalam wilayah yang paling banyak memanfaatkan voucher ShopeePay Sekitarmu

Kehadiran fitur online-to-offline berbasis lokasi ini memungkinkan pengguna untuk menemukan berbagai voucer menarik dan hemat dari beragam merchant yang ada di sekitar mereka. 

Handhika menuturkan, melihat perkembangan teknologi yang terus melahirkan tren perilaku belanja online, turut memotivasi pihaknya dalam memahami kebutuhan konsumen yang beragam. Dia menambahkan perusahaan akan menghadirkan pengalaman berbelanja maupun berjualan dengan cara yang berbeda dan relevan serta berbagai program dan inovasi yang menarik untuk para pengguna.

"Ke depannya, kami berharap dapat selalu bergandengan tangan bersama seluruh ekosistem untuk mendorong perkembangan ekonomi digital yang lebih maju di Indonesia," ujarnya.

Baca juga: 4 Tip Belanja Online Biar Kantong Enggak Boncos

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Tak Hanya ChatGPT, Yuk Coba 5 Platform Chatbot Canggih Berbasis AI Ini

BERIKUTNYA

Hal-Hal yang Harus Dihindari saat Live Selling di TikTok

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: