Ilustrasi koleksi buku. (Sumber foto: Unsplash/Christin Hume)

Bisa Jadi Ide Jualan, Intip 8 Produk Terlaris di TikTok Shop, Ada Fesyen hingga Buku

05 July 2023   |   17:55 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Sejak diluncurkan pada 2016, TikTok telah menjadi salah media yang populer kalangan generasi muda. Bahkan selama beberapa tahun terakhir ada banyak perusahaan dan individu yang memanfaatkannya sebagai ladang mencari cuan lewat platformnya, TikTok Shop.

Memanfaatkan berbagai fitur seperti live selling, TikTok memang tak lagi hanya untuk membuat konten atau berinteraksi antar sesama. Namun, platform ini pun mulai dimanfaatkan oleh pengguna untuk menjual berbagai produk fisik dan mendulang laba.

Baca juga: Tren Belanja Berubah, TikTok Akan Fokus ke Konten & Transaksi Jual Beli

Shant Oknayan, Vice President of Global Business Solutions–Asia-Pacific, Middle East & Africa, TikTok mengatakan, hingga saat ini ada banyak produk yang dijual di TikTok. Kreativitas pengguna dalam memasarkan produk pun disebut berpengaruh dalam penjualan dan menarik minat konsumen. 
  
"Konsumen biasanya mencari konten yang autentik, video yang menginspirasi, dan pengalaman berbelanja yang baik selama musim Mega Sales yang berlangsung dari September hingga akhir tahun di Asia Tenggara," papar Oknayan Rabu, (5/7/23).

Lantas, apa saja produk yang terjual laris di TIkTok dalam beberapa tahun terakhir? Dihimpun dari acara pembukaan Shoppertainment Summit 2023 dan sumber resmi lain, berikut beberapa di antaranya.


1. Fesyen 

Tak hanya di penjualan offline, tren belanja fesyen kini juga sudah menjadi buruan masyarakat yang ingin tampil modis dan trendi dengan membelinya secara online. Di TikTok Shop, berbagai produk terkait dengan industri fesyen seperti sepatu, pakaian, tas, hingga aksesori rambut juga menjadi salah satu yang terlaris dan dicari konsumen.


2. Produk Kecantikan

Berbagai produk kecantikan dan skincare juga menjadi salah satu barang yang dicari dan laris manis di TikTok Shop. Pasalnya media sosial ini juga sering dijadikan tempat untuk mengulas serta berbagi tip dalam menggunakan berbagai produk perawatan kulit hingga wajah. 

Adapun beberapa barang yang biasanya diulas seperti parfum, serum wajah, foundation, hingga lipstik. Alhasil, produk kosmetik dan skincare pun menjadi salah satu produk yang paling banyak diminati dan dicari oleh konsumen di TikTok.


3. Aksesoris & Cenderamata

Aksesoris seperti kalung, giwang, anting-anting, dan jam tangan sangat populer di kalangan pengguna TikTok. Media sosial asal China ini bahkan sering menjadi platform yang kerap digunakan untuk merekomendasikan aksesoris terbaik serta bagaimana cara memakainya dengan tepat.

Selain itu cenderamata dan pernak-pernik juga tak kalah menjadi barang buruan para pengguna TikTok. Mereka biasanya mencari barang-barang unik dan lucu seperti bantal peluk, gantungan kunci, oleh-oleh khas, dan masih banyak lagi.


4. Alat Elektronik

Alat elektronik seperti powerbank, bluetooth speaker, dan earphone juga menjadi produk populer dan paling banyak dicari di TikTok Shop. Pasalnya TikTok seringkali juga menjadi platform untuk mereview dan merekomendasikan produk-produk elektronik dari para konten kreator yang ingin mencari cuan baik lewat pemberian gift hingga berjualan secara langsung.


5. Peralatan Olahraga

Peralatan olahraga juga menjadi salah satu produk yang dicari konsumen di TikTok Shop. Berbagai produk seperti sepatu lari, aksesoris gym, suplemen kesehatan hingga peralatan olahraga menjadi barang yang populer dalam pencarian selama beberapa tahun terakhir. Tak hanya itu, TikTok bahkan kerap menjadi platform untuk memperlihatkan trik-trik dan keterampilan olahraga dari para konten kreator.


6. FnB

Makanan dan minuman (food and beverage) pun kerap menjadi barang yang paling banyak dicari pengguna di TikTok, terutama bagi kalangan pencinta kuliner. Video pendek mengenai review tentang makanan dan minuman yang sedang viral juga sering diunggah oleh pembuat konten yang bekerja sama untuk memasarkan produk tersebut pada konsumen. 
 

7. Perkakas Rumah Tangga

Perkakas rumah tangga mulai dari blender, penggiling kopi, hingga penyedot debu pun populer di kalangan pengguna TikTok. Banyak konten kreator TikTok yang memperlihatkan bagaimana cara menggunakan peralatan hingga tips menggunakan alat tersebut dengan lebih efektif pada konsumen. Alhasil, mereka pun akhirnya tertarik untuk membelinya.


8. Buku dan Majalah

Tren pembelian di loka pasar sepertinya juga mulai merambah dalam dunia literasi khususnya buku dan majalah di TikTok. Pasalnya, tak sedikit para konten kreator yang membahas alur cerita buku yang mereka baca hingga mengundang rasa penasaran pengguna lain. TikTok bahkan seringkali menjadi platform untuk merekomendasikan bacaan yang menarik bagi para bibliophile.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Jadwal ESL Snapdragon Pro Series MLBB Season 3 Finals, Harga Tiket, & Daftar Tim Peserta

BERIKUTNYA

Melihat Naik Turun Tren Pyjama Look, Masih Diburu Pencinta Comfort Wear

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: