Ilustrasi kencan online. (Sumber: Unsplash/Austin Distel)

Gairah Valentine, Waspada 5 Bahaya Kencan Online

13 February 2023   |   16:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki orang yang spesial saat hari Valentine mungkin diidamkan banyak orang. Menghabiskan waktu bersama dengan berkencan, menonton film di bioskop, pergi ke taman hiburan, atau berbincang di kafe hingga larut malam seakan menjadi kebiasaan yang harus dilakukan pada hari kasih sayang itu. 

Guna mendapatkan momentum Valentine tersebut, tidak sedikit mereka yang mencari orang spesial melalui aplikasi kencan online. Namun sayangnya, hasrat ini kerap kali tidak dibarengi kecermatan hingga akhirnya menjadi korban kejahatan. 

Kaspersky, perusahaan global keamanan siber mencatat setidaknya ada lima ancaman kencan daring teratas yang harus diwaspadai pada saat perayaan Valentine. Simak yuk ulasannya dalam ulasan berikut ini. 

Baca juga: Waspada Tinder Swindler, Simak 7 Kiat Cari Pasangan di Aplikasi Kencan 


1. Phishing

Phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi dari seseorang dengan cara mengelabui. Peneliti Kaspersky melaporkan aktivitas scamming yang intensif di tengah musim Valentine. Penipu online secara ekstensif membuat halaman web palsu yang identik dengan aplikasi kencan populer untuk mengelabui individu agar memberikan informasi sensitif atau data pribadi. 

Hasil akhirnya, bisa berupa pencurian identitas, penipuan keuangan, dan bahkan pemerasan, yang semuanya dapat merusak hubungan dan menyebabkan hilangnya kepercayaan seseorang. Selain itu, data yang dicuri bahkan dapat dijual di pasar gelap atau dark web


2. Doxing

Doxing mengacu pada tindakan mengungkap dan membagikan informasi pribadi seseorang secara publik. Hal ini dapat menjadi perhatian khusus dalam konteks kencan online, di mana informasi sensitif dapat digunakan untuk menyakiti atau memeras individu tersebut. 

Tentu, tindakan tersebut dapat mengakibatkan bahaya fisik, serta tekanan psikologis, seperti kecemasan dan rasa malu, juga berdampak terhadap kesehatan mental dan hubungan. Dalam skenario terburuk, bahaya itu juga dapat beralih ke kehidupan nyata, menempatkan kamu dan pasangan dalam risiko cedera fisik. Tekanan emosional karena informasi pribadi terungkap juga dapat membuat ketegangan dalam hubungan.
1
2


SEBELUMNYA

Investor Pemula Catat, Begini Cara Membangun Mental yang Kuat Menghadapi Fluktuasi Harga Saham

BERIKUTNYA

ARTBOX, Ajang Pameran Lifestyle dan Industri Kreatif Digelar di Singapura

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: